Dalam pembuatan sebuah program aplikasi baik berbasis website, dekstop atau mobile pasti menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu.

Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang open source (bahasa pemrograman yang bisa dikembangkan dan digunakan secara gratis).

Sebagai contoh pembuatan aplikasi website kita bisa memilih bahasa pemrograman  PHP dalam membuat website.

PHP adalah bahasa pemrograman yang dikhususkan untuk digunakan di dalam pembuatan website, dalam bahasa pemrograman PHP ada banyak juga Framework selain laravel, CodeIgniter,  Symfony dan Yii 2 misalnya.

Lalu mengapa banyak programmer memilih menggunakan laravel?

Laravel adalah satu dari sekian banyak PHP Framework dan laravel yang paling banyak dipilih oleh programmer karena banyak kemudaan yang diberikan. Berikut adalah alasan kenapa laravel menjadi php framework populer dan pilihan banyak programmer.

Dukungan Komunitas

Github

Komunitas yang besar menunjukan ada banyak paket pustaka laravel di github yang bisa digunakan, jika menemui masalah atau error bisa kita bisa mudah temukan di beberapa komunitas forum yang bertebaran di internet, di indonesia sendiri khususnya banyak sekali komunitas laravel yang dapat ditemukan.

Saat tulisan ini dibuat, Laravel memiliki 48.607 bintang di Github. Berikut adalah gambar untuk menunjukkan berapa banyak situs web yang dibuat menggunakan Laravel saat ini.

Laravel Usage Stats

Karena itu, Kita sekarang tahu mengapa Laravel digunakan oleh banyak industri di seluruh dunia. Sekarang, mari kita lihat apa saja keunggulan teknis utama yang menjadikan Laravel yang terbaik dari semua PHP Framework khususnya.

Teknik Otorisasi

Laravel membuat implementasi teknik otentikasi sangat sederhana. Hampir semuanya dikonfigurasi secara luar biasa. Laravel juga menyediakan cara sederhana untuk mengatur logika otorisasi dan mengontrol akses ke sumber daya.

Pustaka Berorientasi Objek

Salah satu alasan utama yang menjadikan Laravel PHP Framework terbaik adalah paket Pustaka Berorientasi Objek luar biasa dan banyak pustaka pra-instal lainnya, yang tidak ditemukan dalam PHP Framework populer lainnya. Salah satu pustaka pra-instal adalah Otentikasi.

Meskipun mudah diimplementasikan, ia memiliki banyak fitur canggih, seperti memeriksa pengguna aktif, hashing Bcrypt, pengaturan ulang kata sandi, perlindungan CSRF (Pemalsuan Permintaan Situs), dan enkripsi.

Artisan

Laravel menawarkan alat build in yang dinamakan Artisan. Pengembang biasanya berinteraksi dengan Laravel menggunakan baris perintah yang menciptakan dan menangani lingkungan proyek Laravel. Laravel menyediakan alat bawaan untuk command-line yang disebut Artisan.

Alat ini memungkinkan kita untuk melakukan sebagian besar tugas pemrograman yang berulang dan menjemukan yang sebagian besar pengembang hindari melakukan secara manual.

Dukungan MVC

Alasan lain yang menjadikan Laravel PHP Framework terbaik adalah ia mendukung Arsitektur MVC seperti Symfony, memastikan kejelasan antara logika dan presentasi.

MVC membantu meningkatkan kinerja, memungkinkan dokumentasi yang lebih baik, dan memiliki banyak fungsi bawaan. Beginilah cara kerja MVC untuk Laravel.

Jika anda baru memulai belajar PHP Laravel ini, sangat di rekomendasikan untuk belajar OOP, jika dirasa sudah paham OOP bisa langsung belajar PHP Laravel ini.

Keamanan

Saat mengembangkan aplikasi setiap orang harus menggunakan beberapa atau cara lain juga membuat aplikasi aman. Laravel menjaga keamanan dalam kerangka kerjanya. Itu menggunakan kata sandi hash, yang berarti bahwa kata sandi tidak akan pernah menyimpan sebagai teks biasa dalam database. Ia menggunakan algoritma hashing Bcrypt untuk menghasilkan representasi terenkripsi kata sandi.

Laravel menggunakan pernyataan SQL yang disiapkan yang membuat serangan injeksi tidak terbayangkan. Bersamaan dengan ini, Laravel menyediakan cara sederhana untuk keluar dari input pengguna untuk menghindari injeksi tag <script> pengguna. 

Migrasi Database

Satu hal yang menyakitkan bagi para pengembang adalah menjaga agar database tetap sinkron di antara mesin-mesin pengembangan. Dengan migrasi basis data Laravel, ini sangat mudah. Setelah jam kerja yang panjang, Kita mungkin telah membuat banyak perubahan pada database dan, dalam pilihan kami, MySQL Workbench bukan cara yang bagus untuk menyinkronkan database antara mesin pengembangan saya. Masukkan Migrasi. Selama Anda menyimpan semua pekerjaan database dalam migrasi dan benih, Anda dapat dengan mudah memigrasi perubahan ke mesin pengembangan lain yang dimiliki. Ini adalah alasan lain yang menjadikan Laravel kerangka PHP terbaik.

Blade Template

Mesin templating Blade dari Laravel sangat intuitif dan membantu untuk bekerja dengan PHP / HTML yang jauh lebih baik, itu salah satu fitur terbaik dari framework. Jika kita pernah harus memotong pernyataan if dengan HTML di dalamnya.

Manajemen Antarmuka

Manajemen Antarmuka adalah fitur baru yang ditambahkan di Laravel dengan merilis Laravel 5.5 pada Agustus 2017. Ini adalah kelas yang digunakan untuk mengimplementasikan antarmuka yang dapat dikembalikan dengan menggunakan metode pengontrol.

Pengguna dapat merespons dengan JSON secara otomatis jika permintaan memiliki telah dibuat melalui AJAX secara default, itu akan mengarahkan ulang ke rute yang telah didefinisikan.

Fitur luar biasa seperti yang disebutkan di atas cukup untuk memahami bahwa Laravel adalah PHP Framework terbaik pilihan banyak programmer. 


Wahyu Prasetyo
Wahyu Prasetyo Hanya manusia biasa yang berilmu dan ingin bermanfaat untuk orang lain.