BayurNews.com - Pada kesempatan ini bayur akan berbagi opini tentang pembuatan sebuah website atau blog. Dalam pembuatan web atau blog banyak banget hal-hal yang harus disiapkan, mulai dari menentukan tema, template apalagi perangkat lunak yg digunakan.

Lalu apa itu WordPress, Joomla dan Blogger? WordPress dan Joomla itu adalah sebuah CMS atau Content Manajemen System yang gunanya sebagai pondasi sebuah web atau blog dalam mempublikasikan sebuah artikel atau berita, lalu apa itu blogger? Blogger adalah sebuah blog resmi dari google.

Nah, sebelum kalian bikin web atau blog, tentukan dulu pilihan kalian, mau pilih wordpress, joomla atau blogger?

Manakah pilihan yang tepat? Coba deh simak penjelasan berikut ini.

WordPress

Merupakan salah satu CMS (Content Manajemen System) yang paling populer didunia, sebagian besar perusahaan mulai dari level pemula sampai profesional biasanya menggunakan CMS ini, alasanya karena banyak fitur yang memudahkannya dan berbagai plugin yang bisa di download gratis serta memiliki dukungan komunitas aktif yang jumlahnya besar dan terdapat banyak template gratis maupun berbayar.

Joomla

Sama halnya dengan WordPress, Joomla juga merupakan sebuah CMS yang memiliki banyak fitur dalam pembuatan website atau blog, dan memiliki banyak plugin yang bisa didownload, namun bedanya adalah banyaknya plugin yang ada merupakan plugin berbayar.

Berbeda dengan wordpress yang memiliki plugin gratis dalam jumlah besar. Joomla memang diperuntukkan bagi mereka yang sudah punya basic pemrograman dibidang web. Karena plugin yang disediakan banyak yang berbayar dan dukungan template gratis yang keren pun juga terbatas karena semuanya berbayar.

Blogger  Blogspot

Lain halnya dengan yang satu ini, Blogger merupakan sebuah blog yang disediakan oleh google secara resmi, biasanya banyak digunakan oleh blogger pemula untuk membuat sebuah blog. Dalam pengaplikasianya sangat mudah, hanya tinggal daftar akun google, kemudian masuk ke blogger.com tinggal masukkan informasi tentang web atau blog yang akan dibuat, selanjutnya tinggal pilih template yang sudah tersedia, selesai.

Kesimpulannya bahwa jika kalian ingin membuat website atau blog silahkan pilih sesuai yang kalian inginkan, semoga referensi diatas bisa bermanfaat.


Wahyu Prasetyo
Wahyu Prasetyo Hanya manusia biasa yang berilmu dan ingin bermanfaat untuk orang lain.