Halo bayures, beberapa hari yang lalu kami mendapatkan unit terbaru Macbook Pro 2020 1.4Ghz 512GB resmi dari iBox. Ada yang baru nih dari Macbook Pro 13 inch, apakah itu? let's go.

Impresi

Tipis dan Mungil, ya itu kesan pertama kami saat melihat Macbook Pro 2020, walaupun mungil hadir dengan mesin yang tidak bisa diangap remeh.

Yang menjadi sorotan kami pertama adalah hadirnya Magic Keyboard dan penyimpanan yang besar, ya macbook pro 2020 sudah tidak lagi menggunakan keyboard butterfly yang sering bermasalah walaupun sudah beberapakali diperbarui, akhirnya apple menyerah dan mengantinya dengan Magic Keyboard yang lebih responsive dan nyaman.

Magic Keyboard

Spesifikasi

Apple Macbook Pro masih menggunakan mesin yang sama seperti pendahulunya yakni prosessor i5 generasi ke-8 Quad Core yang dapat berlari dari 1.4Ghz - 3.9Ghz dengan 8GB RAM, lebih detailnya kami sajikan dalam bentuk table berikut :

Processor 8th gen i5 1.4Ghz
Penyimpanan 512GB SSD Ultra Fast
Graphics Intel Iris Plus 645
Display 13.3 Inch
RAM 8GB

Fitur Touchbar & Touch ID

Touchbar adalah fitur unggulan yang terdapat di Macbook Pro terbaru, kesan pertama mungkin sebagian besar orang mengira hanya sebagai gimmick aja, eiiitss... tunggu dulu, ada banyak loh kegunaan Touchbar yakni bisa menampilkan pintasan sebuah aplikasi yang dibuka dan juga bisa dicustom sesuai keinginan.

Touch ID adalah fitur keamanan yang sudah disematkan pada semua perangkat Macbook terbaru, baik itu Macbook Air atau Macbook Pro yang dapat digunakan sebagai sidik jari dari macbook.

Penyimpan SSD

Penyimpanan SSD yang super cepat, macbook pro 2020 tersedia dalam beberapa pilihan ukuran penyimpanan mulai dari 256GB hingga 4TB. 

Macbook Pro yang kami uji menggunakan SSD 512GB, untuk mengetahui indikator kecepatan kami menggunakan aplikasi Disk Speed Test sehingga didapati score berikut :

Kecepatan SSD Macbook Pro 2020

Kinerja & Daya Tahan Baterai

Soal kinerja Macbook Pro 2020 dapat diandalkan untuk kebutuhan tugas harian atau pekerjaan ringan sampai level sedang, saat kami test untuk membuka aplikasi editing video, browsing dan android studio beserta emulatornya secara bersamaan.

Mesin macbook pro ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada lag sedikitpun dan memiliki daya tahan baterai yang bagus (rata-rata 5 - 10 jam penggunaan) tergantung pemakaian, karena Apple telah menyempurnakan sistem operasi MacOS dengan mesin Macbook Pro berbeda bila kita menggunakan sistem operasi windows dengan spesifikasi yang sama atau lebih tinggi.

Harga

Harga Macbook Pro 2020 di Indonesia resmi dijual mulai harga Rp20.899.00 di iBox dan Digimap.


Wahyu Prasetyo
Wahyu Prasetyo Hanya manusia biasa yang berilmu dan ingin bermanfaat untuk orang lain.