BayurNews.com - Bisa paham bahasa pemrograman dan bisa buat program sesuai dengan harapan merupakan impian bagi seseorang yang baru dibidang pemrograman.

Dalam membuat program, dibutuhkan kemampuan untuk mengoding (menulis script) dengan cepat dan terstruktur guna mendapatkan hasil program yang baik.

Dalam mengoding, tentu bayures harus tau dan paham seperti apa program yang akan kalian buat. Ada banyak contoh bahasa pemrograman yaitu C++, Java, PhP dll. Dalam contoh kasus untuk membuat aplikasi berbasis web adalah harus paham dengan bahasa pemrograman PhP dan saudaranya Jquery, css dll.

Dan masih banyak contoh kasus yang lainnya. Lalu bagaimana cara untuk cepat paham bahasa pemrograman agar bisa buat program sesuai dengan harapan? Oke kali ini Bayur akan bagikan tips belajar bahasa pemrograman agar cepat paham buat program.

Siapkan Niat dan Waktu

Bayures dalam melakukan sesuatu kita memang harus dituntun untuk niat sebelum melakukan sesuatu agar mendapat hasil yang sesuai harapan. Dalam kasus ini kita harus memulai untuk niat belajar pemrograman dan menghabiskan banyak waktu untuk belajar pemrograman.

Cintai dan Pelajari

Dalam membuat program, kalian harus tau program apa yang harus dibuat dan menggunakan bahasa pemrograman seperti apa? Setelah itu kalian harus mencintai bahasa pemrograman tersebut layaknya kalian mencintai pasangan kalian ? dan pelajari sintak dan struktur nya. Jangan hanya copas di internet lalu selesai, usahakan untuk mempelajari setiap baris sintak atau source code yang sudah didapatkan di internet.

Coba, Coba dan Coba

Setelah kalian paham sintaknya, kalian harus mencoba menulis lagi dan lagi, hindari copy paste walaupun kodenya sintaknya sama, kecuali jika kalian sudah hafal dan paham betul sintaknya. Jika sudah ada sedikit peningkatan silahkan lakukan sesering mungkin untuk mencoba membuat project yang lain lagi dengan melihat referensi project dari internet atau sumber yang lain dan usahakan untuk lebih cepat dalam melakukan proses ngoding.

Gunakan Logika

Sebenarnya dalam pembuatan sebuah program atau aplikasi kunci utamanya adalah harus menggunakan logika, kemudian di aplikasikan dengan kode script dan algoritma dalam proses pembuatan supaya bisa menciptakan program dengan cepat. Jadi silahkan asah logika kalian dengan memecahkan sebuah masalah dari sebuah aplikasi dan gunakanlah logika dalam menyelesaikan nya.

Kunjungi Mbah Google

Jika kalian mendapatkan suatu masalah atau ingin mendapatkan suatu sintak yang berfungsi untuk menjalankan suatu proses yang ingin di lakukan silahkan kalian mencoba untuk melakukan pencarian di Mbah Google. Disana terdapat banyak forum diskusi yang membahas masalah tersebut, dan jangan sungkan untuk berkomentar dan tanya-tanya sesuai topik yang dibahas.

Ngoding sambil bermain

Tentu dalam membuat program kita akan mendapatkan banyak momen, salah satunya moment hiburan saat kita telah sukses dalam memecahkan masalah ? bisa loncat-loncat dan berkata oh good ?. Dan tidak hanya itu loh, jika kalian bisa berhasil membuat aplikasi game kalian bisa menggunakannya untuk bermain dan jika aplikasi tersebut bisa menarik minat orang kalian bisa menyebarluaskan itu.

Jadikan Hobby

Jika kalian hobby sesuatu maka kalian akan melakukan hobby tersebut dikala ada waktu luang, nah gunakanlah ngoding itu sebagai hobby agar kalian menjadi programmer yang profesional, namun yang perlu diingat jaga kesehatan ya, minum air putih yang banyak dan sempatkan untuk olah raga atau aktivitas yang lain untuk menghilangkan kejenuhan saat mengoding.

Nah demikianlah bayures. Tips belajar bahasa pemrograman agar cepat paham buat program yang telah Bayur jabarkan semoga bermanfaat. ☺

Akhir kata.

Caption Programmer


Wahyu Prasetyo
Wahyu Prasetyo Hanya manusia biasa yang berilmu dan ingin bermanfaat untuk orang lain.