Connect with us

Jurusan di SMKN 2 Mojokerto, Akreditasi dan Alamatnya

Lokasi smk 2 mojokerto

SMK di Jawa Timur

Jurusan di SMKN 2 Mojokerto, Akreditasi dan Alamatnya

Informasi SMKN 2 Mojokerto

Logo SMK 2 Mojokerto

Logo SMKN 2 Mojokerto

SMK Negeri 2 Mojokerto merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan negeri yang ada di kota mojokerto, sekolah ini juga termasuk sekolah yang baru didirikan lho dan diresmikan beberapa waktu yang lalu.

Alamat SMKN 2 Mojokerto

Alamat SMK Negeri 2 Mojokerto berada di Jalan Raya Pulo Rejo, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto – Kode Pos 61325.

Akreditasi SMKN 2 Mojokerto

Menurut data dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANSM) kemdikbud, melalui https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi

SMKN 2 Mojokerto mendapat Akreditasi  : A

Jurusan di SMKN 2 Mojokerto

Terdapat 5 kejuruan di SMK Negeri 2 Mojokerto, berikut daftar kejuruan yang ditawarkan di SMK Negeri 2 Mojokerto.

Rekayasa Perangkat Lunak

Apasih Rekayasa perangkat lunak itu? Rekayasa perangkat lunak atau sering di singkat RPL atau dalam bahasa Inggrisnya (Software Engineering atau SE) adalah suatu bidang profesi yang mendalami cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Di jurusan ini kalian akan mempelajari bahasa pemrogaraman komputer logika dan algoritma yakni seperti C++, Java, PHP dan sebagainya. Kamu dituntut untuk memprogram dan membuat sebuah aplikasi, baik berbasis desktop maupun berbasis web dan mobile. Untuk peluang kerjanya terbilang sangat menjajikan, mengapa? karena perkembangan teknologi saat ini sangat berkembang pesat, dimana setiap perusahaan pasti membutuhkan pakar atau ahli IT dalam menunjang manajamen perusahaan.

Perbankkan Syariah

Lalu Perbankkan Syariah? dari namanya bisa kita asumsikan bahwa perbankkan syariah identik dengan bank-bank syariah? lalu apa bank syariah itu?

Gini penjelasannya, Bank Syariah adalah bank yang sistem perbankannya menganut prinsip-prinsip dalam islam, maksudnya adalah bank yang dalam operasinya mengikuti ketentuan-ketentuan syariat islam, khususnya yang menyangkut tata cara bermuamalah secara islam. Tau nggak kalian bahwa Bank Syariah merupakan bank yang diimpikan oleh para umat islam sejak dulu. Nah sekarang sudah taukan apa itu syariah.

Bagi kalian yang suka hitung menghitung, ini jurusan yang tepat buat kalian, disini kalian akan mendalami materi hitung menghitung, catat-mencatat dan sampai mengaplikasikan laporan-laporan dengan menggunakan Ofiice dan aplikasi penunjang perbankkan lainnya.

Jurusan ini merupakan jurusan yang paling banyak diminati di SMK Negeri 2 Kota Mojokerto, terus untuk prospek kerjanya gimana? kalau untuk prospek kerja jurusan ini bisa diakatakan meyakinkan karena kalian nanti bisa masuk di salah satu bank syariah ataupun diperkantoran.

Desain Komunikasi Visual

Nah selanjutnya Desain Komunikasi Visual biasanya disingkat DKV atau Deskomvis. Di jurusan DKV ini merupakan seni berkomunikasi dengan menggunakan bahasa rupa untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi, hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan.

Oh ya, DKV ini bisa dibilang bagian dari seni rupa tapi yang modern, bukan seni rupa murni lho. Jadi selama proses belajar yang dipelajari adalah seni rupa modern baik itu modelling, fotografi, iklan, ilustrasi, dan masih banyak lagi. Hmmm.. gampangnya gini, DKV itu terdiri dari tiga kata yaitu Desain, Komunikasi, dan Visual dan berikut penjelasannya :
1. Desain: perancangan estetika, berdasarkan cita rasa dan kreativitas.
2. Komunikasi: ilmu menyampaikan pesan.
3. Visual berarti dapat dilihat.
Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa DKV itu merupakan ilmu yg mempelajari konsep komunikasi untuk menyampaikan pesan/gagasan secara visual melalui media dengan berlandaskan kreatifitas.

Apa beda DKV dengan desain grafis?
Desain Grafis itu Yang dikerjakan adalah di sisi desain artwork suatu karya dan hanya memenuhi permintaan klien soal desain serta hanya bergelut di komputer grafisnya saja.

Kalau DKV justru memikirkan juga bagaimana strategi pendekatan suatu desain atau seni kepada targetnya serta konsep psikologi dan komunikasi suatu desainnya. Jadiyang dipelajari di DKV selain desain itu sendiri juga psikologi, komunikasi, pemasaran, inovasi dan kreasi, manajemen dan lain-lain jadi lebih luas lagi dari pada Desain Grafis.

Karena DKV itu lebih mengomunikasikan dan mewujudkan sesuatu lewat grafis sedangkan untuk urusan desain grafis hanya mendesain saja.

Nah kalo udah lulus, bagaimana? Kalau udah lulus lapangan kerjanya banyak kok, berikut kami sampaikan juga jika kalian udah lulus bisa menempati peran seperti menjadi Biro Desain, Biro iklan, Percetakan & penerbitan, Animasi, Pertelevisian dan sejenisnya.

Untuk mencari kerja bagi seorang desainer itu yang terpenting adalah portofolionya (desain yang pernah dikerjakan) yang biasanya dilampirkan ketika ngelamar pekerjaan sebagai bukti kalian punya kreatifitas tersendiri yang udah kalian buat sebelumnya.

Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

Selanjutnya APHP, jurusan ini memfokuskan pada bidang teknologi pangan dan hasil pertanian yang meliputi hasil ternak, hasil nabati, perikanan, dan hasil mikrobia. Dengan begitu bisa menjadikan mahasiswanya terdidik secara professional yang menjadi ahli di bidang teknologi pangan dan gizi.

Selain itu disini juga diajarkan berbagai macam teknologi perkebunan, pengolahannya, bioteknologi pangan dan ahli dalam rekayasa pengolahan berbagai pangan dan hasil pertanian.

Jurusan lain juga berperan penting lho dan ikut andil dalam pembangunan segala sektor di Indonesia tentunya. Untuk prospek kedepannya gimana? perhatikan penjelasan ini :

“Pertumbuhan industri pangan Indonesia mencapai double digit, jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi yang hanya satu digit.  Ini menandakan, industri pangan Indonesia berkembang dengan pesat,” ~Direktur SEAFAST Center IPB, Prof. Purwiyatno Hariyadi.

Industri pangan yang tumbuh pesat tentunya membutuhkan lulusan-lulusan teknologi pangan dalam menjalankan industrinya. Menurut kami, selama manusia masih membutuhkan pangan, teknologi-teknologi pangan masih sangat dibutuhkan untuk terus berkreasi dan menemukan-menemukan terobosan baru dalam dunia pangan yang dapat membantu dunia menyediakan pangan yang sehat, bergizi, dan enak. Konkretnya, teknologi pangan dapat terjun diberbagai sektor kehidupan.

Tata Boga 

Dan yang terakhir adalah jurusan Tata Boga, jurusan ini mendalami tentang masak memasak.

Tata Boga adalah Kompetensi Keahlian yang berada di bawah Program Studi Keahlian Tata Boga,  Bidang Studi Keahlian Seni, Kerajinan dan Pariwisata. Kompetensi Keahlian Jasa Boga memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik di bidang pengolahan, penyajian dan pelayanan makanan dan minuman.

Kompetensi keahlian jasa boga menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan atau instansi pariwisata, hotel, restoran, catering serta rumah sakit, serta menyiapkan peserta didik untuk menjadi entrepreneur di bidang usaha penyediaan makanan.

Itulah 5 jurusan yang ada di SMK Negeri 2 Mojokerto, semoga bisa menjadikan pilihan referensi bagi kalian yang ingin meminang salah satu jurusan di sekolah ini, ataupun disekolah yang lain dengan jurusan yang sama.

Diantara jurusan yang ada, manakah jurusan yang kalian pilih? kembali lagi pada diri kalian sendiri yang ditentukan dengan bakat, minat dan kemampuan kalian ya, jangan sampai ikut-ikutan teman sampai akhirnya salah pilih, dan menyesal dikemudian.

Yakinlah bahwa pilihan kalian sendiri merupakan pilihan yang paling tepat. Kita boleh saja ikut kata teman dan orang tua, namun pilihan utama ada pada kalian sendiri, karena kalian yang menjalaninya, orang tua dan teman hanya bisa memberi masukan dan doa supaya kalian bisa sukses dan bermanfaat bagi orang tua, saudara, masyarakat luas sampai bangsa dan negara indonesia tentunya. Itulah pesan dari admin, semoga bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan bisa komentar dibawah ini ya :D.

Kamu suka? jangan lupa bagikan ya!.

Baca Juga : Jurusan dan Alamat Smk Negeri dan Smk Swasta Kota Mojokerto

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Hanya Manusia biasa yang ingin bermanfaat

4 Comments
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga : Jurusan di SMK Negeri 2 Mojokerto […]

trackback

[…] Baca Juga : Jurusan di SMK Negeri 2 Mojokerto […]

To Top