Connect with us

5+ PELUANG BISNIS USAHA DI DESA, MODAL SEDIKIT PELUANG BESAR.

simulasi panen

Bisnis

5+ PELUANG BISNIS USAHA DI DESA, MODAL SEDIKIT PELUANG BESAR.

Hidup di desa yang tenang dan damai merupakan impian dari banyak orang. Namun ketika di desa tidak semua kebutuhan kita dapat terpenuhi dengan mudah, diperlukan akses yang jauh untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Nah untuk itu, sekarang ini ada banyak peluang usaha sampingan orang desa yang dapat dilakukan dengan memanfaatka modal kecil namun peluang besar. Masyarakat desa banyak yang kurang berani untuk memulai bisnis/usaha dengan alasan modal dan peluang, namun dari kekurangan tersebut terjadi dapat menjadi peluang yang cukup besar.  Peluang besar tersebut dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil.

Dilansir dari laman kumparan.com dengan buku Menjadi Pengusaha Setelah di-PHK oleh Nurnitasari, dkk,(2009: 17) menjelaskan beberapa tips memulai usaha dan meyakinkan diri untuk berusaha yakni sebagai berikut :

  • Sebagi awal temukan dan miliki alasan yang jelas mengapa kamu ingin memulai bisnis/usaha?
  • Ciptakan dan kembangkan model bisnis/usaha yang disesuai dengan karakter dan minat kamu
  • Tentukan dan letakkan produk/jasa secara jelas dan pasti
  • Tahap memulai bisnis/usaha disesuaikan dengan modal atau anggaran usaha
  • Cari mitra atau rekan kerja yang sefrekuensi dengan kamu, bertujuan untuk menambah relasi atau peluang usaha.

Berikut beberapa peluang usaha khusus Masyarakat Desa dengan memanfaatkan modal kecil dan peluang :

  1. Ternak Sapi

Di lingkungan pedesaan tentu masih asri untuk digunakan menernak Sapi. Banyak sebagai masyarakat desa yang bekerja sebagai pegembala sapi. Ini dapat menjadi peluang yang menjanjikan, apabila sapi ternak tersebut dapat beranak.

  1. Ternak Ayam

Di lingkungan pedesaan yang luas dan lapang tanahnya dapat digunakan untuk menernak ayam kampung. Modal untuk beternak ayam tidak begitu tinggi kembali lagi bergantung dengan kebutuhan dan kapasitas pemilik. Nantinya, ayam yang telah diternak dapat diperjual belikan di lingkungan desa bahkan dapat juga disalurkan ke kota.

  1. Menjual Ayam Potong

Menjual Ayam Potong dari hasil ternak menjadi salah satu usaha yang saling berkaitan. Seperti adanya pepatah, sekali dayung dua pulai terlampaui. Dari usaha ayam ini kamu dapat menghasilkan keuntungan yang begitu menjanjikan. Dari modal yang berkaitan tentunya dapat mempermudah proses usaha.

  1. Ternak Lele

Ternak lele memang sangat menjanjikan, kamu hanya membutuhkan kolam untuk menampung beberapa lele. Modal dibutuhkan untuk usaha ini tidak terlalu besar hal ini dikarenakan harga satu ekor bibit ikan lele hanya berkisar antara Rp. 100 – Rp. 300, bergantung sesuai ukuran bibit ikan lele tersebut. Ketika panen, kamu dapat menjual sendiri di lingkungan desa atau mendistribusikannya di pasar. Untuk bentuk perawatannya pun cukup mudah, kamu dapat memberi makan sayur-sayuran.

  1. Berkebun Buah Pisang

Usah atau bisnis di desa dengan modal kecil salah satunya adalah dengan berkebun buah pisang. Dengan memanfaatkan tanah yang luas, tumbuhan pisang dapat tumbuh dengan mudah dan beranak denga cepat.

  1. Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan pokok yang digemari oleh masyarakat desa. Nah, untuk itu kamu dapat memanfaatkan peluang bisnis/usaha untuk mencari keuntungan dengan modal sedikit. Beberapa sayuran yang dapat ditanam sawi, kol, kacang, dll.

  1. Buah-buahan

Buah merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat desa khususnya di area dataran tinggu. Nah, untuk itu kamu dapat memanfaatkan peluang bisnis/usaha untuk mencari keuntungan dengan modal sedikit. Beberapa buah yang dapat ditanam apel, jeruk peras, jeruk biasa, durian.

  1. Cabai, bawang merah, bawang putih

Cabai, bawang merah, bawang putih merupakan beberapa kebutuhan pangan yang begitu menjanjikan. Harga rempah-rempah ketiga ini begitu signifikan pelonjakannya yakni dapat menyentuh angka Rp. 100.000 bahkan lebih mahal. Sehingga memiliki keuntungan yang begitu besar. Selain itu, perawatan ketiga rempah ini bisa dikatakan  tidak begitu sulit, sehingga cocok dapabila dijadikan ide bisnis/ usaha di pedesaan.

Nah, itu tadi beberapa peluang usaha/ bisnis dengan memanfaatkan modal sedikit dan peluang di lingkungan pedesaaan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top