Connect with us

5+ Trik Jitu Psikologi Marketing dalam Berbisnis

Bisnis

5+ Trik Jitu Psikologi Marketing dalam Berbisnis

Psikologi Marketing? Apakah Itu Penting?

Psikologi marketing merupakan ilmu dalam dunia marketing yang mempelajari psikologi pelanggan ketika akan membeli suatu produk tertentu. Ilmu psikkologi marketing mempelajari motif emosi sampai kecenderungan psikologis yang jadi dasar pengambilan keputusan.

Banyak manfaat yang didapatkan dalam dunia marketing apabila kamu memahami psikologi marketing, kamu dapat membuat strategi untuk  memasarkan produk dengan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Pengaruh tersebut dapat dari harga, kemudahan, value dan hal lain yang berkaitan dengan emosi konsumen.

Nantinya, calon konsumen akan menerima tawaran bahkan tidak akan menolak tawaran produk kamu jika sesuai dengan kecenderungan psikologi dimiliki. Nah inilah yang menjadi sebuah dasar kenapa pemilik bisnis harus mulai menjalankan psikologi marketing sebagai strategi utama dalam meningkatkan penjualan secara efektif dan efisien

Lantas, bagaimana dan di mana sih kamu dapat  menerapkan trik psikologi marketing dalam berbisnis? Tenang saja sobat, kamu dapat melakukan pada berbagai media promosi baik secara langsung maupun bisnis online antara lain dari media sosial, marketplace, blog maupun website.

Berikut beberapa trik jitu psikologi marketing yang wajib kamu coba sebagai pembinis milenial :

  1. Gunakanlah Angka 9 Pada Harga Jual Produk

Kamu tentu pernah memperhatikan sebuah produk dengan label harga Rp99.999, kan?

Kamu akan beranggapan bahwa produk itu cukup murah karena harganya tidak sampai Rp100.000.

Nah, kemudian kamu memutuskan untuk membeli produk tersebut. Nah, perhatikan ini merupakan salah satu trik psikologi marketing yang sering kita jumpai di mall. Hal ini disebut dengan charm price. Charm price merupakan salah satu strategi marketing yang membandingkan dua harga yang sama namun terlihat tampak sangat berbeda tujuaannya untuk menarik minat konsumen. Padahal, nyatanya selisih dari harga sangatlah sedikit.

  1. Bandingkanlah Harga Awal dengan Harga Diskon

Bagi pembeli, mendapatkan diskon atau potongan harga adalah salah satu hal yang menarik. Namun, ketika kamu menawaran diskon dengan menunjukkan perbandingan dengan harga aslinya, tentu akan dapat meningkatkan minat konsumen agar semakin kepincut. Hal ini dikarenakan, pelanggan hanya akan melihat besarnya manfaat yang didapatkan jika adanya penurunan harga.

  1. Sediakan Tiga Opsi Harga

Pada ilmu psikologi marketing ada pula trik yang bernama Decoy Price, yakni trik untuk menyediakan tiga opsi harga agar pelanggan membeli produk yang lebih mahal harganya. Nah, trik ini memang sering kita temui pada produk minuman. Dan awalnya trik ini ternyata banyak dilakukan oleh pemilik bisnis bioskop ketika menjual snack popcorn.

  1. Tawarkan Diskon Untuk Pelanggan Tertentu

Diskon menjadi salah satu trik untuk meningkatkan penjualan produk. Tetapi, apakah kamu harus memberikan diskon untuk semua pelanggan? Tentu tidak.

Dalam dunia psikologi marketing online, kamu dapat memberikan diskon hanya pada konsumen yang lebih potensial. Nah, untuk itu berarti  kamu memerlukan riset untuk mengetahui pelanggan seperti apa yang paling efektif menggunaakn strategi diskon seperti ini.

Semisalnya saja, pada pengguna Aplikasi Spotify walaupun penggunanya dari berbagai kalangan dan usia, namun mayoritas pengguna Spotify seorang pelajar.  Hal iniliah yang membuat Spotify memberikan diskon penggunaan paket premium terkhusus untuk pelajar.

  1. Memberi Pelanggan Layanan Produk Gratis

Ketika kamu diberi seseorang hadiah, tentu kamu akan senang dan ingin membalas pemberiannya, bukan? Nah, psikologi marketing inilah yang dapat dijalankan kepada pelanggan ketika mereka mendapatkan produk gratis. Dalam ilmu psikologi marketing, hal ini disebut dengan reciprocity. Jenis produk atau pelayanan gratis yang diberikan dapat disesuaikan dengan jenis bisnis dan minat konsumen kamu. Sehingga nantinya pelanggan akan memberi timbal balik kepada produk atau layanan yang kamu lakuan.

Nah sobat, itu 5+ Trik Jitu Psikologi Marketing yang dapat kamu lakukan. Menjadi seseorang yang sukses tentu diperlukan konsistensi dalam berjuang. Oleh karena itu, tetap asah kemampuan menulis dengan latihan dan usaha. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top