Connect with us

Mobil tidak bisa distarter? Berikut penyebab dan solusinya

mobil mogok from freepik.com

Otomotif

Mobil tidak bisa distarter? Berikut penyebab dan solusinya

Ketika biasa hendak berpergian di pagi hari tiba-tiba mobil tidak bisa distarter memang membuat sebagian dari kita merasa panik, apalagi belum mengerti tentang dunia otomotif. Hal ini sering dialami oleh sebagian orang yg mungkin kurang memperhatikan kondisi mobil yang setiap harinya hanya digunakan, atau setidaknya mencoba memanaskan mobil kemudian ditinggal mandi misalnya lalu setelahnya tinggal tancap gas.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Umumnya ada komponen yang bermasalah, misalnya penurunan fungsi ataupun kerusakan komponen.

Aki Tekor

Adapun penyebab dari mesin yang sulit dan tidak bisa distarter antara lain yang pertama ada masalah pada Aki.

Aki merupakan sumber tenaga utama bagi mobil, bila terdapat masalah sedikit saja pada bagian ini bisa saja membuat mobil mati dan sulit dinyalakan, cek kondisi aki apakah masih dalam kondisi yang bagus (bersih) atau kotor dan apakah ada kabel yang terputus atau rusak.

Aki bagian yang sering mengalami gangguan sehingga mobil tidak bisa distarter. Adapun mobil bisa dinyalakan tetapi di tengah jalan mendadak mogok hal itu bisa menyebabkan kemacetan dijalan. Selalu rutin untuk melalukan perawatan pada aki, terutama pada aki basah dengan mengecek kondisi air aki jangan sampai kurang atau bahkan habis.

Dinamo Starter Rusak

Dinamo starter mengalami kerusakan, mobil yang tidak bisa dinyalakan sama sekali juga sering disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada dinamo starter, kerusakan seperti ini bisa disebabkan karena pemakaian yang sering tidak biasa.

Injektor Bahan Bakar bermasalah

Pada sistem injektor bahan bakar bisa membuat mesin tidak bisa distarter, kabel injektor bahan bakar perlu pengecekan apakah terlepas, putus atau mengalami masalah. Sebab masalah pada injektor bisa membuat suplai bahan bakar bermasalah sehingga mobil tidak bisa distarter.

Busi Kotor

Penyebab lain mobil tidak bisa distarter yaitu komponen busi kotor atau sudah usang, busi memang kerap bermasalah sehingga perlu dicek sesering mungkin dan ganti bila sudah tidak layak. Lakukan rutin pengecekan pada busi dan pastikan selalu dalam kondisi baik, bila kondisi sudah usang bisa lakukan pergantian agar kondisi mobil bisa normal kembali.

Kompresi Bahan Bakar bermasalah

Kompresi bahan bakar yang bermasalah, jika diketahui saat kunci mobil diputar dan menemukan seperti adanya percikkan bahan bakar segera lakukan pengcekan pada kompresi bahan bakar mobil tersebut, bila kompresi terlalu rendah bisa saja menghambat aliran bahan bakar sehingga mobil tidak bisa distarter.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Hanya Manusia biasa yang ingin bermanfaat

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top