Connect with us

Pengertian Blog? Jenis dan Cara membuat blog

digital marketing email

Bisnis

Pengertian Blog? Jenis dan Cara membuat blog

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menerima informasi secara cepat tanpa harus datang ke perpustakaan atau media cetak guna mengakses berita teraktual. Salah satu cara yang lebih efisien adalah dengan mencari konten berita melalui akses internet di dalamnya dapat memuat berbagai konten web dan artikel. Dalam hal ini blog menjadi salah satu cara paling praktis dan efisien untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber.

Pada pembahasan kali ini, kita akan menyampaikan informasi terbaru mengenai dunia blogging. Yakni seputar pengertian, jenis dan cara membuat bog dengan mudah. Hal ini agar dapat membuat halaman blog milik pribadi dengan acuan kaidah dan penyusunan secara tepat.

Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan dari “Weblog”. Yakni merupakan salah satu jenis website (jurnal online) berisi tampilan informasi dari banyak sumber yang memuat berbagai konten seperti artikel, teks, foto, video, dan link (tautan).

Jenis-jenis Blog?

Berikut beberapa jenis blog tersebut, diantaranya :

  1. Blog Pribadi (milik sendiri)

Blog ini biasa dimanfaatkan oleh sesorang sekadar menyampaikan informasi hasil dari pengalaman atau menambahkan kutipan dari sumber terpercaya. Selain itu, blog pribadi biasanya tidak terikat aturan dan bersifat bebas sebagai ajang mengekspresikan atau menuangkan buah pikiran.

  1. Blog Bisnis

Blog ini cenderung mengarah pada fungsi pembuatan konten artikel yang mencakup pemasaran digital dengan jangkauan luas. Jadi, kamu dapat memanfaatkan berbagai teknik baik SEO dengan tepat yang nantinya dapat menunjang kualitas konten pada blog dan dapat meningkatkan posisi ranking halaman pada situs mesin pencarian.

  1. Blog Profesional

Blog ini biasa untuk meningkatkan personal branding kamu, disesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman profesi kamu. Melalui blog profesional dapat dikatakan terbukti cukup efektif, tetapi mempunyai syarat tertentu sebelum kamu mempublikasi konten untuk pembaca. Contohnya, kamu mengungkapkan konten dengan keahlian personal. Kamu memiliki hobi atau pekerjaan di bidang pendidikan, maka kamu bisa mencoba dengan membuat artikel seputar dunia pendidikan, metode pembelajara, dan media pembelajaran.

Apa fungsi Blog?

Nah disini kita akan membahasa tentang manfaat dan fungsi dari adanya blog !

  1. Meningkatkan Brand

Langkah awal, dengan meningkatkan pengembangan berbagai artikel dari proses SEO writing yang sesuai dan tepat, maka kamu bisa meningkatkan brand dari produk di situs milikmu. Dan, nantinya kamu mampu menerima dukungan dengan trafik tinggi dan sesuai kampanye bisnis atau personal branding yang kamu lakukan.

  1. Untuk Sarana Media Publikasi dan informasi

Langkah kedua, dapat menjadi media publikasi yang efektif tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Pada publikasi ini lebih mementingkan  peningkatan pengunjung dari metode organic search tanpa menggunakan iklan ataupun teknik SEM (Search Engine Marketing).

  1. Dapat Menampilkan Informasi Teraktual dan Terupdate

Langkah terakhir, dapat digunakan untuk  menampilkan informasi dan update news  yang dapat berkorelasi dengan peningkatan kesadaran dari merek produk ataupun personal identity milikmu.

Kemudahan dalam mengakses dan membuat halaman artikel dapat dilakukan oleh banyak orang, kamu bisa memakai platform seperti WordPress ataupun Blogger (Blogspot) tanpa harus melalui penggunaan bahasa pemrograman secara mendalam. Ada banyak layanan di internet yang diberikan untuk membuat blog, salah satunya melalui Blogspot dari Google.

Berikut tata cara mudah dalam pembuatan blog di Blogspot. Dilansir melalui laman resmi Google :

  1. Pertama, klik atau akses https://www.blogger.com/
  2. Kemudian masuk ke laman Blogger dengan menggunakan akun Google milik pengguna
  3. Lihat di sebelah kiri situs, kemudian klik tanda panah sampai bawah
  4. Kemudian klik New blog (Blog baru)
  5. Masukkan nama yang nantinya dapat digunakan untuk nama penggunaan laman blog
  6. Kemudian klik Next (Selanjutnya)
  7. Lalu, pilih alamat atau URL blog sesuai yang kamu inginkan
  8. Langkah terakhir, klik Save (Simpan)

Blog milikmu secara otomatis telah dibuat. Kamu dapat menentukan sistem pengelolaan dari blog milikmu, dapat juga menentukan siapa saja yang dapat mengedit dan membaca blogmu. Untuk menyisipkan menulis blog di Blogspot, kamu juga dapat melakukan pengeditan, penghapusan, dan pengelolaan tulisan. Dalam konten unggahan blog, kamu juga dapat menyisipkan gambar dan video. Bukan hanya itu, kamu juga dapat mengelola komentar di bagian bawah blog.

Blogspot bisa diakses dari peramban, antara lain dari Google Chrome, Firefox, Safari, dan MS Edge.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top