Connect with us

PENTINGNYA SERTIFIKAT SSL/TLS PADA WEBSITE!

Digital Marketing

PENTINGNYA SERTIFIKAT SSL/TLS PADA WEBSITE!

PENTINGNYA SERTIFIKAT SSL/TLS PADA WEBSITE!

Pengertian SSL dan TLS?

SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer, SSL bagian dari  komponen penting  dalam website dan harus dimiliki. Mandaat memiliki SSL, yakni agar transfer data pada website jadi lebih aman dan terenkripsi. Sehingga karena dianggap penting, Google Chrome telah meresmikan website yang tidak memiliki sertifikat SSL sebagai Not Secure.

Jika penggunaan sistem keamanan ini berikan untuk website kamu, maka URL website milikmu dapat diperbarui  menjadi HTTPS. Tujuan penting dari pemasangan SSL yakni digunsksn sebagai pengaman pertukaran data dari jaringan internet.

Lalu, apa sih perbedaan dari SSL dengan TLS?

Nah, sobat sebenarnya saat ini SSL tidak lagi digunakan dan sudah tergantikan oleh TLS.

Meskipun demikian, mungkin karena banyak orang yang sudah terlalu dekat dengan istilah SSL, maka pencipta tetap memakai istilah tersebut. Yang nyatanya saat ini fitur enkripsi yang tersedia bernama TLS.

Keduanya memiliki fungsi yang sama yakni sebagai bentuk pengaman transfer data pada website. Yang membedakan adalah teknologi yang digunakan. Teknologi TLS lebih unggul karena lebih baru dan merupakan upgrade dari SSL.

Penting gak sih SSL/TLS?

Secara umum, SSL penting untuk mengamankan website kamu dari ancaman keamanan data. Tetapi,  berikut beberapa alasan-alasan spesifik mengapa kamu wajib memakai SSL/TLS.

Perhatikan ulasan berikut:

  1. Melindungi Data dari Pencurian Data

SSL/TLS dapat melindungi datamu dari berbagai ancaman pencurian data. Hal ini berlaku dengan cara melakukan enkripsi atau pengacakan data secara sensitif . Dengan begitu, tidak mudah sembarangan orang dapat membaca data yang kamu kirimkan.

  1. Mencegah adanya Salah Kirim Data

Sebagai upaya pencegahan SSL/TLS dapat berfungsi untuk authentication. Maksudnya, SSL/TLS telah memastikan data milikmu dikirim sesuai  informasi atau ke server tepat yang sesuai tujuan.

  1. Mengunggulkan Reputasi Website Milikmu
  2. Menambah Ranking Website di Mesin Pencari

Algoritma Google terbukti banyak menyukai website yang mempunyai sertifikat SSL/TLS. Bahkan terkadang secara otomatis Google telah “melarang” penggunanya untuk mengunjungi situs website yang tidak memiliki sertifikat SSL/TLS.

Bagaimana Cara Kerja SSL/TLS?

Cara kerja SSL ini dapat membantu kamu agar meningkatkan mengamankan komunikasi dua komputer yang terhubung pada jaringan internet.

Biasanya pertukaran data ketika kunjungan website, pengiriman dan penerimaan email, jual beli barang online, dan banyaknya data penting perusahaan akan dienkripsi secara otomati tujuannya untuk mencegah oknum tak bertanggung jawab yang berniat buruk dalam menggunakan data-data secara ilegal.

Sertifikat SSL sendiri terbagi menjadi dua kombinasi, yaitu public key dan private key. Public key dimanfaatkan untuk mengenkripsi data yang telah dikirim, sedangkan private key dimanfaatkan untuk mendekripsikan beberapa data dalam format yang recycle kembali oleh si pemilik data.

Manfaat SSL/TLS

Beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan apabila menggunakan sertifikat SSL di website milikmu. Perhatikan ulasan berikut :

  • Mempermudah Pengamanan Transfer Data Pada Website

Salah satu keunggulan memasang sertifikat SSL/ TLS yakni data jadi lebih aman. Label gembok dan HTTPS pada data akan memberi bantuan pada pengunjung baru  untuk lebih tenang ketika mengakses website milikmu

  • Meningkatkan dan Menambah Kualitas SEO

Adanya penggunaan sertifikat SSL di website dapat memberi dampak positif  pada  kualitas SEO milikmu. Meskipun SSL hanya bagian dari banyak faktor SEO yang dibuat Google, maka baiknya kamu mengaktifkan SSL. Mudah, terpercaya dan gratis pula.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top