Connect with us

Yuk, Simak apa saja +5 Indikator penting SEO untuk Blog dan Website?

seo

Digital Marketing

Yuk, Simak apa saja +5 Indikator penting SEO untuk Blog dan Website?

Yuk, Simak apa saja +5 Indikator penting SEO untuk Blog dan Website?

Sebenarnya SEO itu apasih? Kok seing muncul dalam trik pembuatan blog ya?

Nah sobat, pertanyaan semacam itu mungkin sering kamu pikirkan bukan? Ketika kamu baru memulai dalam pembuatan website atau blog. Hal ini dikarenakan dengan adanya penerapan dari beberapa langkah untuk optimasi SEO, maka penggunaan website atau blog milikmu akan lebih mudah dapat ranking tertinggi darri hasil mesin pencarian Mbah Google.

Apakah hal itu sudah terbukti kebenaranya?

Nah, secara sederhana ungkapan di atas memang salah satu manfaat dari penggunaan SEO di website atau blog. Tapi, ini baru sebagian kecil dari konsep SEO. Untuk itu pada pembahasan di artikel kita kali ini. Kita akan membahas secara menyeluruh tentang  SEO hingga indikator pendukung SEO. Yuk, simak ulasan berikut!

Pengertian SEO?

Search Engine Optimization kependekan dari  SEO merupakan sala satu cara untuk mengoptimasi website dengan tujuan  mendapatkan peringkat teratas dari mesin pencarian. Ketika dapat  ranking tertinggi di mesin pencarian, maka potensi trafik website ataupun blogmu akan meningkat dengan pesat.

Selain itu, SEO juga dapat membantu kamu mendapatkan trafik yang tepat disesuaikan dengan tujuan pembuatan website atau blog milikmu.

Beberapa hal perlu dilakukan agar dapat memanfaatkan SEO secara baik dan maksimal, yang pertama yakni

  • Mengikuti aturan atau arahan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari Google.
  • Kamu wajib memiliki pemahaman mengenai tata cara kerja SEO dan indikator utama SEO.

Nah, untuk itu kamu dapat mempelajari ulasan berikut!

Tata cara kerja SEO

Mesin pencari google biasanya memaka algoritma tertentu dalam memilih konten yang layak ditempati oleh ranking tertinggi dari hasil mesin pencarian. Dan hal ini berlaku pada semua mesin pencari diantaranya Google, Yahoo!, dan lain-lain.

Google setiap waktu akan memperbarui algoritma untuk mendapatkan hasil pencarian paling relevan dan solutif untuk pengguna.

Jadi sobat kamu wajib untuk selalu mempelajari dengan terbaru tentang algoritma milik Google. Hal dikarenakan penggunaan langkah optimasi jika memanfaatkan algoritma lama dari Google maka tidak dapat memberi manfaat apapun. Semisal jika kamu memakai satu taktik lama yang digunakan yakni keyword stuffing.

Keyword stuffing merupaka praktik menyisipkan  focus kata kunci (keyword) sebanyak mungkin dari sebuah artikel. Umunya, taktik ini dulu memang dapat efektif. Tapi, dari adanya pembaruan algoritma Google, saat ini taktik tersebut tidak dapat efektif. Bahkan kamu juga dapat terkena pelanggaran apabila masih ketahuan melakukannya. Konten kamu dapat dikira spam karena terlalu banyak mengulang focus pada kata kunci (keyword).

5 Indikator Utama dalam SEO

Indikator utama dalam SEO selalu mengalami perubahan secara berkala. Perubahan indikator ini mengikuti perubahan  algoritma milik Google. Nah, apabila Google memperbarui algoritma tersebut, maka secara otomatis indikator SEO pun ikut berubah.

1.      Penggunaan Struktur URL

Struktur URL yang dapat memudahkan mesin pencari untuk mengenali website ialah menggunakan struktur yang sederhana dan mudah dipahami

2.      Penggunaan SSL/TLS untuk website

Salah satu penentunya adalah website dengan menggunakan SSL/TLS. Website yang tepat adalah website yang sudah mengaktifkan SSL/TLS, dan biasanya alamat websitenya diawali dengan HTTPS.

3.      Topik Konten Utama

Kamu diwajibkan mempunyai beberapa topik utama yang menjadi unggulan dan berhubungan untuk membangun struktur website. Ketika sudah menentukan topik utama, kamu juga harus membuat konten tentang topik-topik itu.

4.      Kata Kunci “Search Intent”

Kata kunci “Search intent atau maksud pencarian”  merupakan segala sesuatu atau hal apapun yang dicari dan dibutuhkan oleh kebanyakan pengguna terhadap satu keyword tertentu.

5.      Mudahkan Struktur Konten

Indikator terakhir yakni dengan mempermudah pembaca untuk menemukan jawabannya di konten milikmu melalui struktur yang jelas dan rapi.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top