Connect with us

10+ Ide Berbisnis Digital, Memanfaatkan Waktu Luang untuk Penghasilan Tambahan

Digital Marketing

10+ Ide Berbisnis Digital, Memanfaatkan Waktu Luang untuk Penghasilan Tambahan

Hai Sobat, apakah sobat sedang mencari penghasilan tambahan ataukah sedang bingung memanfaatkan waktu luang di tengah pandemi ? Jika iya, sobat berada di tempat yang tepat nih! Karena, pembahasan pada artikel ini sobat akan menemukan solusinya. Pada pembahasan ini akan menyampaikan berbagai ide bisnis digital yang menarik untuk dicoba.

Berikut terdapat beberapa ide bisnis digital yang dapat sobat pilih. Terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari bisnis yang membutuhkan modal sampai bisnis yang tidak butuh modal sama sekali. Selamat mencoba

  1. Mulai Bisnis Dropship

Ide bisnis digital ini  mulai banyak diminati dan mudah dilakukan. Sobat hanya perlu mencari pemasok (supplier) produk kemudian mempromosikan produk tersebut. Pada bisnis ini sobat dapat memesan produknya ke supplier ketika ada yang membeli. Dan supplier yang  kemudian mengirimkan barangnya langsung ke konsumen. Dengan kata lain, sobat hanya berjualan produk orang lain dengan branding toko sendiri. Melalui cara ini memungkinkan sobat untuk berbisnis tanpa perlu memikirkan modal atau biaya stok.

  1. Jadi Influencer di Media Sosial

Menjadi seorang influencer di media sosial memiliki tugas atau pekerjaan yakni untuk mempromosikan iklan atau endorse dari sebuah produk atu brand.

  1. Membuat Blog sesuai hobi

Ide ini sangat cocok untuk sobat apabila senang menulis. Sobat dapat menulis sesuai dengan hobi atau keahlian. Jika memasang iklan di blog milik sobat, Anda bisa mendapat penghasilan pasif per bulannya. Tentu ini tergantung dari seberapa banyak jumlah pengunjung yang mengklik iklan tersebut. Nah, untuk memasang iklan di blog milik sobat, Anda dapat menggunakan Google AdSense.

  1. Membuka Kursus/Belajar Online sesuai kemampuan

Minat belajar online ketika pandemi semakin pesat. Alasannya sederhana, karena kursus atau belajar online dapat diakses di mana saja, kapan saja. Nah, sobat dapat memanfaatkan peluang ini, tentunya dengan kemampuan yang sobat miliki. Kursus yang sobat tawarkan juga dapat beragam bukan hanya terbatas pada materi sekolah saja. Namun juga dapat mengajarkan skill apapun yang sobat kuasai.

  1. Membuat Toko Online

Toko Online merupakan salah satu bisnis digital yang semakin berkembang di era ini. Seperti yang diketahui banyak manfaat yang didapat dari adanya toko online yakni hemat waktu, tenaga dan biaya. Lebih efektif dan efisien sehingga jadi pilihan utama ketika ingin berbelanja.

  1. Menjadi Penulis Lepas/Konten

Menjadi penulis lepas/konten merupakan salah satu ide bisnis yang dapat sobat kembangkan. Sobat dapat mencari platform-platform yang membutuhkan asupan konten tulisan. Contohnya seperti Geotimes atau Mojok. Apabila tulisanmu diterima dan kemudian dipublish, sobat dapat meraih keuntungan dari tulisan tersebut. Berupa fee/honor ditiap tulisan.

  1. Jasa Desain

Desain dalam bentuk apapun mulai dari poster hingga logo–punya nilai jual yang cukup baik. Jadi kalau sobat punya skill desain, dapat dimanfaatkan menjadi ide bisnis yang tinggi.

  1. Membuat dan Menciptakan Aplikasi

Aplikasi adalah program siap pakai atau program yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi penggunanya, sesuai dengan kebutuhan diciptakannya. Nah sobat, ide bisnis ini dapat meraup keuntungan yang tinggi jika dilakukan dengan baik.

  1. Jadi Youtuber

Menjadi seorang youtuber selain dikenal memiliki popularitas yang tinggi, juga dikenal memiliki penghasilan yang besar pula.

  1. Menjual Produk Digital

Dalam berjualan, jangan hanya terpaku pada produk fisik. Sobat juga bisa berjualan produk digital. Diantaranya ebook, video, foto, audio, desain.

  1. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Untuk UMKM, beralih ke digital merupakan suatu keharusan. Khususnya ketika menghadapi krisis pandemi saat ini. Karena, dengan adanya bisnis digital, produk dan pemasaran dapat bertahan lebih lama. Dan salah satu cara untuk beralih ke platform digital adalah dengan cara membuat website.

 

Nah, itu tadi pilihan ide berbisnis digital yang dapat sobat pilih dan lakukan. Semoga bermanfaat ya.. Terima kasih.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top