Connect with us

Tips dan Strategi Jitu Memulai Bisnis Digital Menguntungkan

simulasi gojek

Digital Marketing

Tips dan Strategi Jitu Memulai Bisnis Digital Menguntungkan

Nah Sobat, setelah kita sama-sama memahami konsep, prinsip, dan manfaat bisnis digital! Sobat pasti bertanya-tanya : Lantas, bagaimana saya bisa memulai dan mengembangkan bisnis digital yang menguntungkan? Langkah-langkah apa yang perlu saya lakukan?

Pada praktiknya, peningkatan keuntungan perusahaan tidak akan dapat berjalan secara instan dan cepat. Tentu saja diperlukan Strategi yang tepat dan akurat. Oleh sebab itu, Sobat perlu mengetahui sejumlah tips dan strategi jitu yang dapat membuat bisnis digital Sobat menjadi berkembang dan  memperoleh keuntungan sesuai yang ditargetkan.

Berikut Tips dan Strategi Jitu Memulai Bisnis Digital Menguntungkan :

1.       Tingkatkan Mindset Bisnis Digital

Poin penting dan paling awal yang dibutuhkan saat akan merintis bisnis digital adalah mindset atau pola pikir sebagai pelaku usaha. Sobat perlu menanamkan pemahaman jika digital business bukan sekadar jenis usaha yang menggunakan teknologi. Namun lebih dari itu, pemilik atau pelaku usaha bidang ini harus memiliki pola pikir mengenai teknologi dan perkembangannya yang mungkin akan terus berubah seiring zaman.

2.       Buat Tim Solid, dengan Visi dan Misi yang Sama

Pencapai hasil yang optimal pada bisnis ini perlu dijalankan bersama tim solid yang memiliki pola pikir serta visi dan misi yang sama. Sehingga semua dapat sejalan dan searah untuk kemajuan perusahaan.

3.       Memilih Model Bisnis yang Tepat Sasaran

Berbagai ide dan inovasi usaha berbasis digital yang bertebaran di luar sana. Tugas kita adalah mengevaluasi bermacam pilihan tersebut agar dapat menentukan satu gagasan tertentu yang menjadi fokus utama untuk pengembangan secara lebih luas.

Denagan tim solid dan pemimpin handal, pemilihan model bisnis berbasis digital sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Agar memastikan model bisnis yang dipilih sesuai dan tepat sasaran, Sobat dapat menerapkan empat dimensi pemilihan model bisnis berikut :

  • WHO: Siapa target konsumen hal ini termasuk karakteristik dan kebutuhannya?
  • WHAT: Apa produk atau layanan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen?
  • HOW: Bagaimana cara produk dan layanan dapat diberikan kepada sasaran pasar?
  • WHY: Mengapa model bisnis tersebut dianggap penting dan menguntungkan untuk diterapkan?

4.       Menerapkan Pendekatan Bisnis yang Sesuai

Ketika model bisnis telah menjadi pilihan Sobat, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menerapkan pendekatan bisnis yang sesuai. Dalam hal ini, kesesuaian pendekatan bisnis dapat mengacu pada prinsip-prinsip usaha digital.

5.       Menjalankan Strategi Bisnis Berbasis Digital

Beberapa strategi digital yang dapat Sobat terapkan meliputi:

· Peningkatan brand or company awareness di dunia maya

· Optimalisasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization atau SEO)  

· Penerapan pemasaran digital dengan penghitungan Return on Investment (ROI) 

6.       Manfaatkan Teknologi Digital di Setiap Proses Pemasaran Produk

Saat ini, pemanfaatan tersebut dapat direalisasikan melalui penerapan Internet of Things (IoT) yakni seluruh prosesmulai dari pengembangan, promosi, pemasaran, distribusi, hingga penghitungan revenue dan evaluasi semua dilakukan melibatkan internet sebagai elemen utamanya.

7.       Siapkan Ruang untuk Terus Berkembang

Umpan balik, pembaharuan dan perbaikan secara berkelanjutan menjadi kunci penting dalam bisnis digital. Pada sektor bisnis digital menjadi sesuatu yang bersifat fleksibel dan diprediksi akan terus berubah seiring perkembangan zaman. Oleh sebab itu, sobat sebagai pelaku usaha juga harus menyiapkan ruang untuk mengikuti setiap perkembangannya. Dengan demikian, bisnis yang Sobat jalankan dapat bertahan dan berkembang terus-menerus melalui pemanfaatan teknologi yang terus diperbarui.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top