Connect with us

Kandungan Manfaat dari Buah Alpukat Paling Manjur, Wajib Kamu Tahu !

Tips

Kandungan Manfaat dari Buah Alpukat Paling Manjur, Wajib Kamu Tahu !

Alpukat termasuk ke dalam jenis buah yang memiliki banyak lemak, secara ilmiah alpukat biasa dikenal dengan nama Persea americana. Buah alpukat mempunyai tekstur daging buah yang halus dan lembut. Buah alpukat ini muncul atau berasal dari Meksiko dan America.

Alpukat sangat kaya akan lemaknya dan tak heran kandungan lemaknya jauh lebih tinggi daripada buah-buah yang lainnya, banyak yang sudah membuktikan jika mengkonsumsinya akan membuat kita kenyang, sehingga kebanyakan orang mengkonsumsinya digunakan untuk program diet, atau untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Alpukat memiliki banyak jenis, memiliki variasi dalam warna, ukurannya pun bermacam-macam, dan bahkan karena bentuknya berbeda-beda sehingga terkadang ada alpukat yang bentuknya sangat unik.

Untuk mengkonsumsi buah alpukat kalian bisa memakannya secara langsung, atau kalian juga bisa menambahkannya dengan gula dan susu kental manis, bisa juga membuat smoothie alpukat dengan diblender bersamaan buah pisang.

Menurut studi penelitian banyak mengkonsumsi alpukat mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, contohnya dapat menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular. Lalu apa saja kandungan buah alpukat dan manfaat nutrisi bagi tubuh kita jika mengkonsumsinya?

Buah alpukat mempunyai nutrisi yang sangat unik. Buah alpukat menganduk banyak serat dan sangat kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin K, vitamin B, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C.

Kandungan alpukat terdiri dari sekitar 73% air, 15% lemak, 8,5% karbohidrat yang sebagian besar adalah serat, dan 2% protein. Setengah buah alpukat, sekitar 100 gram (g) mengandung 160 kalori yang dikutip dari medicalnewstoday.com.

Sedangkan manfaat dari mengkonsumsi buah alpukat bagi kesehatan tubuh adalah :

  • Menjaga kesehatan mata

Tidak hanya wortel, ternyata buah alpukat juga memiliki khasiat yang banyak untuk mata kita, buah alpukat tidak hanya mampu meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain, tetapi juga termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang fungsinya sangat baik untuk kesehatan mata. Buah alpukat juga mampu mencegah agar mata kita terkena penyakit katarak mata.

  • Baik untuk menjaga kesehatan pada jantung

Didunia ini penyebab utama kematian yang paling tinggi adalah penyakit jantung. Para peneliti sudah mengkonfirmasi bahwa trigliserida, penanda inflamasi, kolestrol darah, dan tekanan darah sangat beresiko meningkatnya penyakit jantung.

Menurut studi juga telah mengkonfirmasi bahwa mengkonsumsi alpukat mampu mengurangi kolestrol darah dan trigliserida secara efektif, serta mampu mengurangi kolestrol low-density lipoprotein (LDL) yang memiliki potensi berbahaya dan meningkatkan kolestrol baik high-density lipoprotein (HDL).

  • Cepat membuat kenyang dan membantu menurunkan berat badan

Beberapa orang pastinya selalu ingin menurunkan berat badan dan menjaga berat badannya agar tetap ideal, oleh karena itu kebanyakan orang takut mengkonsumsi alpukat karena kandungan lemaknya yang sangat tinggi. Padahal makan alpukat tidak mencegah berat badan kalian naik, karena kandungan lemaknya yang tinggi baik mengkonsumsinya untuk makanan sehari-hari karena akan membuat kalian cukup kenyang dari diet sehat terbatas kalori.

Artinya jika menambahkan buah alpukat ke dalam list makanan sehari-hari mampu membuat anda cepat merasa kenyang dan menghilangkan nafsu makan selama beberapa jam mendatang.

Karena itu alpukat sangat baik untuk diet, tetapi tidak hanya mengandalkan apukat saja untuk menghasilkan diet yang sehat harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan teratur, serta olahraga yang cukup setiap hari.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top