Connect with us

Manfaat si Tomat Merah Bagi Kesehatan Tubuh Wajib Kalian Tahu!

Tips

Manfaat si Tomat Merah Bagi Kesehatan Tubuh Wajib Kalian Tahu!

Sebagian banyak orang-orang menganggap tomat sebagai sayuran yang digunakan untuk hiasan makanan atau lalapan untuk beberapa jenis makanan pada umumnya,contohnya sandwich,pizza, dan tomat menjadi bahan penting membuat sambal,tetapi saat tomat dijadikan hiasan sebagian orang membuangnya dan tidak memakan tomat tersebut. Padahal tomat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena tomat sangat luar biasa berkat kandungan vitamin dan nutrisi yang melimpah di dalamnya.

Tetapi banyak kesalahpahaman terhadap tomat sebenarnya tomat berasal dari bunga dan mengandung biji, tetapi banyak orang mengira bahwa tomat termasuk sebagai sayuran.

Oleh karna itu tomat termasuk kedalam buah-buahan,bukan sayuran. Hal ini hanya informasi kecil yang tak perlu dibikin pusing. Karena manfaat yang ada didalamnya jauh lebih penting diketahui dan diperhatikan.

Dengan banyaknya kadungan mineral, vitamin C hingga likopen pada tomat, sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh kita, jika rajin di konsumsi sehari hari. Kalian bisa memakan tomat secara langsung, atau disandingkan dengan makanan seperti salad,pizza,burger atau bisa kalian jadikan minuman yaitu jus tomat.
Kandungan yang ada terbukti mampu mengobati dan mencegah berbagai masalah kesehatan, silahkan baca dan pahami beberapa manfaat tomat bagi kesehatan tubuh kita :

  1. Mampu menjaga kesehatan pada jantung
    Di dalam tomat yang memiliki kandungan kalium,vitamin C, dan serat itu termasuk komponen penting untuk menjaga kesehatan pada jantung.
    Meningkatnya asupan kalium,bersamaan dengan turunnya asupan natrium,yaitu perubahan yang terjadi pada pola makan. Sangat penting yang dapat di lakukan sebagian orang banyak untuk mengurangi terkena penyakit kardiovaskular.
    Didalam tomat juga mempunyai kandungan folat. Dengan kandungan tersebut dapat membantu menyeimbangkan level homocysteine, asam amino dari terpecahnya protein yang dapat meningkatkan resiko terkena struk dan serangan jantung.
  2. Membantu memperlancar proses pencernaan
    Untuk membantu memperlancar proses pencernaan. Mengkonsumsi makanan yang mempunyai banyak air dan serat, seperti tomat. Tomat mampu melembapkan dan memperlancar pergerakan usus sehingga kembali normal.
    Lalu serat yang terdapat didalam tomat mampu menambah kotoran pada tinja dan dapat membantu mengatasi sembelit, sehingga pencernaan dan buang air besar menjadi lebih lancar.
  3. Dapat menangkal kanker
    Didalam tomat sangat banyak mengandung vitamin C dan antioksidan. Dengan kandungan tersebut tomat mampu untuk melindungi tubuh kita, dari radikal bebas penyebab penyakit kanker.
    Beberapa studi penelitian mengatakan bahwa kandungan beta karoten yang memiliki antioksidan secara signifikan dapat menangkal pertumbuhan tumor pada kanker prostat.
    Nah untuk itu warna merah yang ada pada tomat tersendiri mengartikan bahwa tomat memiliki kandungan likopen yang fungsinya mampu mencegah penyakit kanker secara efektif.
  4. Menjaga kesehatan mata
    Seperti yang saya jelaskan sebelumnya warna merah yang terdapat di tomat mengartikan bahwa tomat memiliki kandungan likopen yang sangat banyak, tetapi ada juga kandungan lutein, dan beta karoten. Kandungan tersebut adalah antioksidan yang kuat dan terbukti mampu melindungi mata agar tidak terjadi kerusakan perkembangan katarak, dan degenerasi makula terkait usia manusia.
    Berdasarkan penelitian penyakit mata di sebabkan karena usia, bahwa orang orang dengan asupan makanan tinggi. Adapun yang namanya karotenoid lutein dan zeaxanthin, keduanya terdapat didalam tomat, yang mampu mengurangi 35% dalam resiko penyakit mata.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top