Langkah pertama yang perlu sobat lakukan adalah mengidentifikasi faktor yang jadi penyebab masalah kulit kepala dan rambut. Hal ini bisa dilihat dari segi cuaca, pola makan, stres, dan faktor lingkungan semua hal ini dapat menjadi penyebab permasalahan kulit kepala dari iritasi hingga rasa tak nyaman. Apabila sobat amati, ketika di musim panas kulit kepala akan menjadi cepat berminyak. Kemudian akan terasa kering gatal ketika berada di negara musim dingin. Oleh karena itu, mempunyai shampo khusus untuk identifikasi masalah jadi hal yang penting.

Selain memperhatikan shampo, sobat juga memerlukan pertimbangan khusus untuk pola makan dan potensi intoleransi makanan. Misalkan saja, saat sobat banyak mengonsumsi makanan dengan banyak gula, karbohidrat olahan dapat menyebabkan kulit kepala jadu iritasi.

Lakukan keramas secara teratur

Menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut dapat dilakukan dengan cara keramas secara teratur. Kulit kepala wajib dibersihkan secara teratur hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit dari kotoran rambu yang makin banyak seiring berjalannya waktu.  Penumpukan produk, kotoran, dan minyak berlebih di kulit kepala dapat menyumbat folikel rambut, sehingga dapat menimbulkan peradangan. Sobat baiknya keramas secara rutin minimal 4 kali sehari.

Lebih memahami komposisi produk shampo yang digunakan

Pemilihan shampo dari berbagai bahan yang tepat jadi hal penting untuk kesehatan kulit kepala. PH kulit kepala umumnya berada di angka 4,5 dan 5,5. Banyak shampo di pasaran ternyata mengandung sulfat, alkohol, dan paraben. Sehingga dapat mengupas kulit kepala dari minyak alami, menyebabkan jadi kering dan bersisik.

Point pentingnya hindari berbagai formula itu kemudian temukan produk yang berisi garansi bebas sulfat atau paraben pada kemasannya.

Menggunakan perawatan pra-sampo

Seperti halnya dengan muka yang perlu dilakukan perawatan berupa eksfoliasi, masker, atau serum. Sobat ternyata juga wajib melakukan hal yang sama lho, bagi kulit kepala. Dengan memberikan treat ment ekstra pada kesehatan kulit kepala di luar sampo dan kondisioner dapat membantu menghilangkan penumpukan produk, serpihan, dan kotoran lain yang melekat dan sulit untuk dibersihkan.

Sering ganti shampo dan kondisioner

Ketika makeup dan skincare sudah expired maka yang perlu sobat lakukan adalah menganti produk yang baru, begitupun untuk shampo dan kondisioner. Sobat bisa mengganti produk setelah enam bulan pemakaian. Tidak perlu diliat dari masa kadaluarsanya, tetapi dari kapan produk tersebut telah sobat buka. Produk yang sudah tidak berkualitas bisa menjadikan iritasi atau ruam pada kulit kepala.