Connect with us

Fakta Menarik Buah Ciplukan ‘Golden Berries’, Khasiat dan Kandungan untuk Kesehatan Tubuh!

Kesehatan

Fakta Menarik Buah Ciplukan ‘Golden Berries’, Khasiat dan Kandungan untuk Kesehatan Tubuh!

Tanaman yang tumbuh di area beriklim hangat, ciplukan dikenal sebagai tanaman liar di persawahan dengan warna yang begitu terang dan mencolok. Tanaman Ciplukan menghasilkan buah berwarna kuning keemasan yang berbentuk unik karena terbungkus daun serupa kertas yang disebut calyx. Selain itu, buah ciplukan juga dibungkus oleh kulit tipis. 

Bagi kesehatan tubuh buah ini dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari kaya antioksidan sampai berfungsi bagi kesehatan mata. Dilansir dari hasil riset yang dilakukan oleh Cancer Chemoprevention Research Center UGM, menunjukkan hasil bahwa buah ini sering dipakai masyarakat untuk mengobati epilepsi, penyakit kuning, hingga gangguan saluran kencing.

Kandungan buah ciplukan

Berikut beberapa kandungan buah ciplukan yang perlu Sobat ketahui. Yuk, simak ulasan berikut :

Biasa dikenal dengan nama buah ciplukan, ternyata tanaman ini memiliki istilah lain yaitu  golden berries atau morel berry, buah dari tanaman ini mengandung beberapa nutrisi dalam tiap cangkirnya yakni :

  • Kalori: 74
  • Karbohidrat: 15,7 gram
  • Serat: 6 gram
  • Protein: 2,7 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Vitamin C: 21% AKG
  • Thiamine: 14% AKG
  • Riboflavin: 5% AKG
  • Niacin: 28% AKG
  • Vitamin A: 7% AKG
  • Zat besi: 8% AKG
  • Fosfor: 8% AKG

Selain itu, terdapat kandungan nutrisi lain dari buah ciplukan atau golden berries ini yakni mengandung betakaroten dan vitamin K.

Untuk mendapatkan manfaat ciplukan bagi kesehatan dengan optimal, sebelum dikonsumsi, pastikan sudah membuang bagian daun pembungkusnya terlebih dahulu. 

Sobat beberapa kandungan itu, tentunya memiliki manfaat yang tinggi bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat tanaman ini. Berikut beberapa manfaat tanaman Ciplukan :

1. Kaya antioksidan

Buah Ciplukan merupakan  salah satu buah yang kaya akan antioksidan sehingga mampu menangkal paparan zat radikal bebas. Faktanya terdapat 34 komponen unik dalam buah ini yang bermanfaat untuk kesehatan.

Dari hasil sebuah penelitian pada buah ini telah ditemukan komponen phenolic yang fungsinya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker.

2. Anti-peradangan

Dari salah satu komponen pada buah dan daun ciplukan yang disebut withanolides dapat manghasilkan dan membantu buah ciplukan untuk melindungi tubuh dari kanker usus. Ini diperoleh dari hasil percobaan di laboratorium terhadap tikus yang menderita penyakit radang usus. Walaupun belum ditemukan tes serupa, namun manfaat buah ciplukan ini digadang-gadang sangat efektif untuk mengatasi penyakit yang sama pada manusia. Selain itu, karena memiliki kandungan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan, maka ada potensi khasiat lain buah ciplukan untuk mencegah asam urat.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan polyphenols di dalam tanaman ini memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sobat dapat mengonsumsi  buah dan daun ciplukan.  Selain iu, kandungan vitamin C pada tanaman ciplukan mampu melindungi tubuh dari risiko terjadina infeksi. Pada perhitungan 140 gram sajiannya, dapat memenuhi 21% angka kecukupan gizi untuk perempuan dan 17% untuk laki-laki.

4. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan lutein dan beta-karoten pada buah dan daun ciplukan  dapat berguna untukmenurunkan risiko timbulnya degenerasi makula terutama pada lansia. Nah, manfaat tanaman ini dapat mencegah adanya kebutaan mata pada lansia. Degenerasi makula adalah penyebab kebutaan tertinggi pada orang tua. Selain itu, kandungan lutein juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya masalah pada mata akibat diabetes.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Kandungan vitamin K pada buah ciplukan ini berguna penting untuk metabolisme tulang. Vitamin ini merupakan komponen penting untuk tulang, termasuk bagian tulang rawan. Umumnya, disarankan mengonsumsi vitamin K untuk kesehatan tulang optimal.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top