Connect with us

VIRAL ! 4 Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Kesehatan

VIRAL ! 4 Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan Yang Belum Diketahui Banyak Orang

VIRAL ! 4 Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Di masa pandemi covid 19 ini, pastinya kesehatan adalah hal yang terpenting untuk dijaga. Nah disini ada buah zaitun yang memiliki kandungan berjuta manfaat.

Buah zaitun memiliki dua warna yang utama yakni warna hijau dan hitam. Pembeda dari keduanya adalah tingkat kematangannya, untuk buah yang berwarna hijau adalah buah yang masih mentah sedangkan hitam adalah yang sudah matang.

Namun apabila sobat pernah melihat buah zaitun yang berwarna merah atau keunguan seperti buah anggur, itu tandanya buah zaitun tersebut menuju dalam proses pematangan yang sempurna.

Minyak zaitun tersendiri sering digunakan untuk alternatif memasak yang lebih menyehatkan. Tetapi karena kepopuleran minyak zaitun untuk perawatan kecantikan yang bisa mudah digunakan dirumah dan harganya pun murah meriah.

Salah satunya manfaat minyak zaitun tersebut bisa sebagai pelembab alami  untuk wajah dan kulit agar tubuh anda lebih sehat. Dan setelah banyak penelitian khasiat yang ada di minyak zaitun bukan hanya itu saja.

Nah untuk itu jadi manfaat minyak zaitun tidak perlu diragukan lagi bukan? Disini ada beberapa manfaat minyak zaitun yang belum diketahui banyak orang yaitu :

  1. Mencegah resiko alzheimer

Disebuah negara wilayah Mediterania yang tingkat penggunaan minyak zaitunnya sangat tinggi, contohnya Yunani, total kasus penyakit Alzheimer diketahui lebih sedikit daripada di negara lain di dunia.

Karenanya minyak buah zaitun memiliki kandungan senyawa fenolik unik oleocanthal dan MCR ,”keluarga” asam lemak esensial, yang di ketahui berpotensi mengurangi resiko dari penyakit Alzheimer atau demensia yang  mempunyai kaitannya dengan kondisi neurodegeneratif.

  1. Dapat menjaga kesehatan hati

Dari sejumlah studi terkait manfaat dari minyak zaitun ditemukan bahwa minyak zaitun bisa melindungi kesehatan kita dari stres oksidatif, dan mempunyai faktor resiko penting dari penyakit jantung, kanker, lalu gangguan sistem kekebalan tubuh kita.

Stres oksidatif bisa mengacu pada kerusakan sel sel yang berhubungan dengan reaksi kimia diantara radikal bebas dan molekul lain yang terdapat didalam tubuh.

  1. Dapat Menurunkan resiko dari kanker payudara

Salah satu tim peneliti dari Universitat Autonoma de Barcelona di Spanyol mengatakan bahwa manfaat minyak zaitun memiliki potensi untuk dapat melindungi tubuh terkena kanker payudara. Khasita dari minyak zaitun tersendiri menurut para peneliti tidak ditemukan jenis minyak nabati lain didalamnya. Salah satu contohnya Minyak jagung, dan malah ditemukan mempunyai efek meningkatkan keganasan dari sel tumor.

Dari hasil penemuan itu terdapat setelah mereka selesai melakukan uji coba terhadap sel kultur dari sel kanker payudara yang dikasih tetesan minyak zaitun. Minyak zaitun juga dapat mengurangi aktivitas dari sel kanker tipe p21Ras, mencegah terjadinya kerusakan DNA, dan dapat mempercepat kematian dari sel tumor.

  1. Mengobati Penyakit Rematik

Rematik termasuk penyakit autoimun yang memunculkan gejala nyeri sendi berulang. Khasiat minyak zaitun juga bisa menolong mengurangi nyeri dan pembengkakan sendi yang diakibatkan rematik. Manfaat minyak zaitun tersebut dapat berlipat ganda jika di campur dengan mengkonsumsi minyak ikan. Sumber asam lemak omega 3 yang dapat mencegah peradangan dalam tubuh.

Disebuah penelitian, kombinasi dari minyak zaitun dan minyak ikan bisa sangat cepat mengurangi nyeri sendi,kekakuan pada kepalan tangan, dan sendi ngilu di pagi hari untuk orang orang yang sedang mengidap rematik.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top