Connect with us

Daun Kumis Kucing, Obat Alami Untuk Kesehatan Tubuh! Simak Manfaatnya!

Kesehatan

Daun Kumis Kucing, Obat Alami Untuk Kesehatan Tubuh! Simak Manfaatnya!

Tanaman kumis kucing memiliki segudang manfaat untuk meringankan beberapa macam penyakit. Tanaman ini biasanya dapat dijadikan untuk obat saluran kemih hingga meringankan batuk.

Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus ini dapat diidentifikasi sebagai tanaman bagian dari famili Lamiaceae. Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai ramuan alami yang dijadikan obat-obatan tradisional dengan segudang khasiat dari segi kesehatan dan kecantikan.

Senyawa dalam tanaman kumis kucing memiliki kandungan diantaranya tinggi akan kalium, glikosida, orthosiponon yang berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dalam tubuh.

Cara pengolahan kumis kucing :

  1. Cara pertama dapat melakukan dengan merebus 4-5 lembar dengan segelas air dan dimasak sampai mendidih. Kemudian air rebusan daun kumis kucing dapat diminum 3 kali sehari.
  2. Cara kedua yakni haluskan 50 gram kumis kucing dengan 150 ml air kemudian saring air rebusan. Sajikan di gelas dan minum dengan campuran madu.

Kedua proses pengolahan ini bisa digunakan untuk mengobati asam urat dengan kumis kucing. Nah, sobat selain untuk pengobatan asam urat berikut beberapa khasiat kumis kucing bagi kesehatan :

1. Dapat Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Kumis kucing berguna untuk membersihkan traktat pada saluran kemih. Sehingga tanaman kumis kucing begitu efektif dalam melawan infeksi. Secara alami, seseorang yang terkena penyakit ISK atau Infeksi Saluran Kemih sering disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing.

2. Dapat Mengobati Gangguan Ginjal

Kumis kucing dapat berkhasiat sebagai tanaman yang dapat mengobati gangguan ginjal. Manfaat kumis kucing dikenal luas di Pulau Jawa jadi salah satu obat dari gangguan ginjal. Pengolahan kumis kucing, diketahui dapat menghilangkan batu ginjal yang berukuran 5 cm.

3. Dapat Mengatasi Rematik

Rematik adalah salah satu penyakit yang timbul dari rasa sakit saat otot atau persendian mengalami peradangan atau pembengkakan.

4. Mengatasi Gusi Bengkak

Saat sobat menderita penyakit gusi berdarah, hal ini dapat diatasi dengan cara berkumur larutan tanaman kumis kucing.

6. Pengontrol Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa kandungan kumis kucing bisa berguna sebagai alat pengontrol kadar gula daran dan mengurangi tekanan darah tinggi. Zat kimia ini dikenal dengan nama methylripariochromene.

7. Dapat Mengurangi Rasa Gatal Karena Alergi

Saat tubuh mengalami alergi menyebabkan adanya rasa gatal, maka cara mengatasinya yakni dengan konsumsi kumis kucing.

8. Membantu Proses Detoksifikasi

Manfaat kumis kucing lainnya adalah dapat membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Kumis kucing bisa digunakan untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Herbal kumis kucing dapat dipadukan dengan bahan rempah lain, seperti jahe, kencur ataupun perasa gula dan madu.

9. Ramuan Herbal untuk Anti Jamur

Kandungan dari kumis kucing bukan hanya antioksidan, tetapi juga menghasilkan zat anti jamur untuk mencegah perkembangan parasit dan zat asin lainnya dari dalam tubuh.

Nah, sobat ulasan di atas merupakan beberapa khasiat tanaman kumis kucing yang dapat berguna bagi kesehatan tubuh. Namun perlu dicatat, supaya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, ya. Mengonsumsi kumis kucing dalam jangka waktu lama bisa mengurangi kadar natrium dari dalam tubuh. Dan teruntuk wanita hamil baiknya menghindari konsumsi ramuan kumis kucing ini. Hal ini karena bagaimana pun segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberikan dampak yang baik. Terima kasih. Semoga bermanfaat

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top