Connect with us

Daun Binahong ‘Madeira Vine’, Simak Khasiat Tersembunyi sebagai Bahan Terapi!

Kesehatan

Daun Binahong ‘Madeira Vine’, Simak Khasiat Tersembunyi sebagai Bahan Terapi!

Daun Binahong ‘Madeira Vine’, Simak Khasiat Tersembunyi sebagai Bahan Terapi!

Di China, Korea, dan Taiwan secara turun-temurun dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya biasa digunakan sebagai obat tradisional. Manfaat dari daun binahong bagi kesehatan telah dikenal sejak ribuan tahun silam.

Khasiat daun binahong tidak perlu diragukan lagi. Tanaman ini memiliki nama latin Anredera cordifolia dan menjadi salah satu tanaman berkhasiat tinggi telah dipercaya dapat  mengobati berbagai macam penyakit kronis. Tanaman binahong dapat digunakan untuk terapi herbal. Khasiatnya didapat dari seluruh bagian tumbuhan.

Daun binahong atau dikenal dengan nama lain daun madeira vine mempunyai manfaat sebagai antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antinyeri yang penting untuk kesehatan tubuh. Khasiat ini didapat dari berbagai kandungan senyawa alami di dalamnya, yakni berupa flavoid, saponin, dan tanin.

Berkat beberapa kandungan dan zat alami tersebut, manfaat daun binahong bagi kesehatan begitu melimpah.

Di lansir dari Alodokter.com berikut berbagai Manfaat Daun Binahong, di antaranya :

1. Mempercepat penyembuhan luka bakar pada kulit

Dari kandungan flavonoid, saponin dan taninnya, daun binahong dalam mempercepat penyembuhan luka bakar pada kulit. Saponin memiliki peran sebagai antiseptik, berdampak pada pencegah infeksi bakteri yang dapat memperlambat penyembuhan luka. Selain itu, senyawa ini ternyata bisa membantu mempercepat pembentukan kolagen.

Untuk kandungan flavonoid pada daun binahong terbukti efektif dapat mengurangi peradangan pada luka yang disebabkan oleh luka bakar.

Sementara itu, untuk kandungan tanin bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit luka, menghentikan produksi nanah, dan menghentikan pendarahan ringan, sehingga luka jadi lebih cepat menutup.

2. Mencegah penyakit diabetes

Pada sebuah penelitian telah mendapatkan hasil bahwa manfaat daun binahong dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Pengolaan daun ini dapat dilakukan dengan cara merebus daun tersebut kemudian dikonsumsi beberapa menit setelah makan. Ramuan daun binahong ternyata sudah turun-menurun digunakan sebagai obat diabetes di tengah masyarakat.

Dalam pencegahan penyakit diabetes, senyawa aktif flavonoid, steroid, dan kumarin dalam daun binahong menjadi pemeran penting. Cara kerja beberapa senyawa aktif yakni dengan menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus serta meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

3. Dapat mengobati hipertensi dan mencegah penyakit jantung

Manfaat lain untuk mencegah adanya penyakit kronis, daun binahong ternyata dapat membantu menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urine. Oleh sebab itu, ekstrak daun binahong diduga dapat bermanfaat untuk penderita hipertensi.

Fakta lain yang ditemukan, ternyata ekstrak daun binahong mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak yang ada dalam darah. Gabungan dari efek antihipertensi dan penurun kolesterol ini baik untuk mencegah penyakit jantung.

4. Meningkatkan dan mengobati fungsi ginjal

Sobat, ternyata ekstrak daun binahong sangat berkhasiat untuk meningkatkan fungsi ginjal loh! Terkhusus lagi pada kondisi penyakit gagal ginjal kronis. Apa saja sih manfaat daun ini? Ternyata dari hasil beberapa penelitian, manfaat daun binahong ini telah dibuktikan dapat menunjukkan perbaikan sel ginjal pada penderita gagal ginjal setelah pemberian ekstrak daun binahong.

5. Dapat Mencegah dan mengobati asam urat

Manfaat lain daun binahong adalah sebagai obat asam urat. Hal ini telah didukung oleh banyak penelitian. Hal ini diduga berasal dari kandungan flavonoid yang bisa menghambat pembentukan asam urat, sehingga mampu melakukan pencegahan dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Nah Sobat, kini kalian telah tahu manfaat daun binahong bagi kesehatan tubuh bukan?

Ulasan di atas merupakan beberapa khasiat daun binahong yang dapat berguna bagi kesehatan tubuh. Namun perlu dicatat, supaya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, ya. Hal ini karena bagaimana pun segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberikan dampak yang baik. Terima kasih. Semoga bermanfaat

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top