Connect with us

Air Kelapa : Jarang diketahui! Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Air Kelapa : Jarang diketahui! Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Degan biasanya sering dikonsumsi oleh orang-orang. Selain menyegarkan, ternyata air kelapa kaya akan manfaat loh sobat. Manfaat air kelapa dapat membantu kesehatan tubuh kita dengan cara mengonsumsinya secara tepat.

Ketika udara sedang panas, meminum air kelapa dengan es tentu sangat menyegarkan. Apalagi ketika sudah diolah menjadi nata de coco, semakin cocok jika dikonsumsi dengan es yang menyegarkan.

Dilansir dari kontan.co.id, yang mengutip dari buku berjudul Keampuhan Air dan Minyak Kelapa Bagi Kesehatan, karya Tiara Putri ternyata air kelapa memiliki kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, klorin, nitrogen, dan zat besi.

Nah sebenarnya apa saja sih manfaat mengonsumsi air kelapa bagi kesehatan tubuh. Yuk, simak ulasan berikut :

Manfaat air kelapa 

1. Sebagai kontrol untuk tekanan darah

Air kelapa banyak mengandung kalium dan magnesium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi alias hipertensi.
Dengan mengonsumsi air kelapa dapat dijadikan opsi lain dalam menjali pengobatan penurunan tekanan darah secara alami. Meskipun demikian, konsumsi air kelapa secukupnya dan sewajarnya ya sobat. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik dampaknya.

2. Dapat mengurangi rasa lapar dan membantu diet

Bagi perempuan, memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan semua orang. Nah banyak perempuan yang melakulan program diet untuk memiliki tubuh ideal yang diimpikan.

Sebagai alternatif, sobat dapat meminum air kelapa sebagai pengganti ion tubuh. Hal ini dikarenakan air kelapa dapat membantu sobat untuk mengurangi rasa lapar. Bukan hanya itu, air kelapa juga memiliki peran untuk mengobati diabetes.

Air kelapa mampu meningkatkan penyerapan glukosa dari aliran darah. Sehingga hal inilah yang membuat tubuh jadi tidak mudah merasa lapar.

3. Mencegah adanya dehidrasi dan mengembalikan stamina tubuh yang hilang

Ketika sobat merasa kelelahan setelah berolahraga, minum air kelapa dapat menjadi solusi untuk mengembalikan stamina tubuh. Hal ini dikarenakan secara alami air kelapa memiliki kandungan ion-ion alami yang dibutuhkan tubuh. Ion-ion itu memiliki peran untuk mencegah adanya dehidrasi dan mengembalikan stamina tubuh.

Dikutip dari buku berjudul Terapi Kelapa Untuk Kesehatan dan Kecantikan karya Lanny Lingga, Ph.D, air kelapa akan diserap oleh sel tubuh menciptakan sensasi segar. Konsumsi satu cangkir air kelapa memiliki kandungan sekitar 46 kalori.

4. Membantu meningkatkan fungsi otak

Kandungan kalium yang tersimpan di dalam air kelapa dapat meningkatkan fungsi otak kita. Terkhusus ketika sedang mengingat dan belajar.

5. Melancarkan sistem pencernaan tubuh

Selain dapat meningkatkan fungsi otak ternyata kandungan kalium dalam air kelapa dapat membantu proses metabolisme tubuh loh sobat. Hal ini dapat membuat proses pencernaan di dalam tubuh jadi lancar dan adanya proses pembakaran lemak.

6. Mencegah gangguan jantung dan ginjal

Air kelapa telah banyak digunakan meminimalisasi risiko seseorang terkena gangguan jantung dan ginjal. Hal ini juga merupakan salah satu khasiat dari kandungan kalium dalam air kelapa. Sehingga berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan ginjal.

Nah sobat, ulasa di atas adalah beberapa manfaat dari air kelapa. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top