Connect with us

Jarang Diketahui, Khasiat Tanaman Sambiloto Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Jarang Diketahui, Khasiat Tanaman Sambiloto Bagi Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui, Khasiat Tanaman Sambiloto Bagi Kesehatan Tubuh

Hai, sobat? Pada pembahasan artikel kita kali ini. Kita akan bersama membahas tentang Khasiat Daun Sambiroto. Dilansir dari Alodokter.com tanaman yang memiliki nama latin Andrographis paniculata ini memiliki zat aktif yang dikenal  andrografolida. Zat ini terletak di bagian batang dan daun tanaman sambiroto. Zat ini mempunyai sifat antiradang, antibakteri, dan antivirus pada tubuh.

Bukan hanya itu, tanaman ini termasuk jenis tanaman herbal yang kaya akan kandungan antioksidan seperti saponin, terpenoid, tannin, dan flavonoid.

Meskipun mempunyai rasa begitu sangat pahit, banyak manfaat yang didapatkan dari tanaman ini. Tanaman herbal ini telah digunakan sejak lama yakni untuk obat tradisional. Sebab dianggap dapat membantu menyembuhkan bermacam penyakit.  Tanaman ini memiliki beberapa kandungan yang ampuh untuk memelihara dan menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Nah, sebenarnya apa saja sih manfaat tanaman Sambiroto? Yuk simak ulasan berikut!

Memiliki rasa pahit bukan jadi alasan untuk menolak beberapa khasiat tanaman ini, berikut banyak manfaat sambiroto yang dapat kamu peroleh bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Membantu meredakan gejala flu

Setelah ditinjau dari beberapa riset, ternyata mendapatkan hasil bahwa tanaman sambiroto berkhasiat untuk membantu meredakan gejala flu, seperti bersin-bersin, nyeri tenggorokan, demam, dan batuk pilek. Dan dapat meningkatkan proses pemulihan flu. Khasiat tanaman ini di dapat dari dari kandungan zat yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antivirus. Untuk pengolahan tanaman ini, sobat dapat mengombinasikan dengan tanaman ginseng.

2. Meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh

Tanaman ini juga dikenal bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan atau kerja sistem imun tubuh. Tanaman herbal ini bisa digunakan untuk memperbaiki dan merangsang kinerja sel-sel darah putih, sehingga mampu lebih efektif melawan berbagai sumber penyakit baik dari kuman dan virus penyebab infeksi.

3. Meredakan peradangan pada tubuh

Adanya peradangan jadi salah satu cara alami bagi tubuh untuk melindungi dan memulihkan diri. Yang berasal dari infeksi, penyakit, dan cedera. Namun, adanya peradangan ternyata juga dapat berbahaya bagi kesehatan apabila terjadi dalam kurun waktu yang lama.

Ketika seseorang mengalami peradangan, gejala yang ditimbulkan akan memberikan kesan negatif bagi tubuh diantaranya  tidak enak badan, demam, nyeri, atau bengkak di bagian tubuh tertentu.

Nah, untuk itu. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi peradangan yakni mengonsumsi obat herbal alami, ekstrak tanaman sambiroto.

4. Meredakan demam

Demam merupakan salah satu reaksi tubuh yang terjadi akibat peradangan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika tubuh mengalami infeksi, misalnya karena bakteri atau virus.

Daun sambiloto merupakan salah satu obat pereda demam alami. Ini berkat efek antiradang, antibakteri, dan antivirus yang terdapat di dalam tumbuhan tersebut.

5. Untuk menurunkan tekanan darah

Tanaman sambiroto dapat dikonsumsi sebagai jamu, teh herbal, atau suplemen. Selain beberapa khasiat di atas ternyata tanaman ini dapat digunakan untuk dapat menurunkan tekanan darah, Hal ini dikarenakan tanaman ini bisa melebarkan pembuluh darah pada aliran tubuh, sehingga mampu melancarkan aliran darah serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

6. Dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker

Nah sobat, ternyata tanaman sambiroto juga diketahui bisa mencegah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker. Hal ini, telah diketahui dari beberapa riset di laboratorium dengan hasil bahwa ekstrak sambiroto terlihat mampu menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

7. Dapat mengontrol kadar gula darah

Dari hasil beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ini dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula darah, serta mendukung efektivitas pengobatan diabetes.

Hal yang Wajib Sobat Perhatikan!

Apabila dikonsumsi dengan dosis yang tepat dan dalam jangka waktu yang pendek, tanama sambiroto tidak berbahaya.  Penggunaan sambiloto dalam jangka panjang atau dalam dosis yang terlalu tinggi ternyata dapat berisiko menimbulkan efek samping berbahaya, seperti kerusakan hati.

Nah, oleh sebab itu. Konsumsi tanaman ini dengan seperlunya ya Sobat. Karena mengonsumsi sesuatu  yang berlebihan tidaklah baik.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top