Connect with us

Brotowali, 5+ Khasiat Untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Brotowali, 5+ Khasiat Untuk Kesehatan Tubuh

Brotowali, 5+ Khasiat Untuk Kesehatan Tubuh

Hai, sobat? Pada pembahasan artikel kita kali ini. Kita akan bersama membahas tentang Khasiat Daun Brotowali. Dilansir dari Alodokter.com tanaman yang memiliki nama latin Tinospora cordifolia adalah sebuah tanaman berbentuk semak merambat. Tanaman ini mudah dilihat dari daunnya yang berbentuk hati dan batangnya yang memiliki tonjolan-tonjolan kecil. Bagian tanaman ini secara umum dapat dimanfaatkan menjadi obat tradisional adalah bagian batangnya.

Selain itu, bagian lain seperti daun dan akar tanaman ini ternyata dapat digunakan sebagai tanaman obat. Tanaman brotowali sering ditemui tumbuh daerah tropis. Dan sudah ada sejak dulu, digunakan sebagai obat herbal di berbagai negara seperti India dan Indonesia.

Beberapa kandungan Nutrisi pada Brotowali

Beberapa kandungan yang terdapat di tanaman ini diantaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin C, serta beragam mineral, seperti fosfor, kalium, mangan, kalsium, zinc, zat besi, dan tembaga.

Selain itu, tanaman ini ternyata mengandung antioksidan flavoid dan beragam zat lainnya, termasuk alkaloid, glikosida, tanin, steroid, dan terpenoid, yang berperan penting untuk kesehatan tubuh.

Nah, Sobat untuk mengetahui beberapa manfaat Tanaman ini. Yuk, simak ulasan berikut :

Manfaat Brotowali bagi Tubuh

Berkat kandungan nutrisi dan berbagai zat di dalamnya, manfaat brotowali bagi kesehatan tidaklah sedikit. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Untuk menurunkan kadar gula darah

Dari beberapa riset yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa brotowali dapat memperbaiki kinerja hormon insulin dan mencegah terjadinya resistensi insulin, yang berfungsi untuk menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil.

Walaupun demikian, sobat juga perlu berhati-hati ketika memanfaatkan tanaman brotowali sebagai obat diabetes dengan alami. Hal ini dikarena tanaman ini mampu membuat efek samping berupa kerusakan hati dan hipoglikemia, terutama apabila mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan dari dokter.

2. Mencegah terjadinya gejala alergi

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi brotowali ternyata bisa mengurangi gejala alergi, seperti bersin, pilek, gatal-gatal, dan bentol-bentol di kulit.

3. Menjaga daya tahan dan imunitas tubuh

Seperti yang diketahui, bahwa tanaman brotowali banyak mengandung antioksidan, vitamin C, dan beragam nutrisi yang fungsinya mampu untuk menjaga imunitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam penerapan sehari-hari selain konsumsi tanaman ini, sobat tentunya wajib mengimbangi dengan cara menjalani pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, dan cukup istirahat, untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

4. Mencegah terjadinya peradangan

Brotowali banyak memiliki kandungan zat yang bersifat antiradang alami. Dari beberapa tersebut, tanaman ini menjadi salah satu obat herbal jitu yang sudah lama digunakan untuk mengatasi kondisi akibat peradangan, seperti demam dan nyeri di tubuh.

5. Mengurangi bakteri dan jamur penyebab infeksi

Tanaman ini dikenal memiliki kandungan zat kimia yang bersifat antibakteri dan antijamur. Hasil dari penelitian di laboratorium telah menunjukkan jika ekstrak brotowali mampu membunuh dan mencegah pertumbuhan berbagai jenis bakteri dan jamur penyebab infeksi. Namun, untuk efektivitas manfaat brotowali ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

6. Untuk menjaga kesehatan tulang

Tanaman Brotowali memiliki kandungan kalsium dan fosfor. Hal ini dapat berperan untuk menjaga kekuatan tulang dan sendi. Bukan hanya itu, ternyata tanaman ini juga mengandung bermacam zat antioksidan yang fungsinya untuk mencegah penyakit oesteroporosis dan osteoartritis.

7. Mendukung kesehatan dan fungsi hati

Tanaman Brotowali ternyata dapat bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan fungsi hati. Hal ini disebabkan karenya memiliki  zat antioksidan dan antiradang yang terdapat di dalam brotowali.

Nah, Sobat berikut beberapa manfaat dari tanaman herbal Brotowali. Namun, perlu diingat ya. Meskupin kaya akan manfaat. Konsumsi tanaman ini seperlunya. Jangan berlebihan. Masih diperlukan penelitian-penelitian khusus mengenai kandungan tanaman ini. Semoga bermanfaat.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top