Connect with us

Cara Alami Redakan Batuk Berdahak dari Rumah

ilustrasi batuk from freepik.com

Kesehatan

Cara Alami Redakan Batuk Berdahak dari Rumah

Lagi bete karena batuk menganggu aktivitas? simak beberapa tips cara alami untuk meredakan batuk sendiri di rumah.

Pas lagi sibuk-sibuknya ngerjain tugas kuliah atau kerjaan kantor tiba-tiba terserang batuk, pasti bete banget ya, langsung lemas udah gitu nggak mood untuk kerja padahal udah banyak tugas dan kerjaan yang harus segera diselesaikan.

Nah supaya lebih cepat pulih dari batuk, Berikut ini  tips untuk menangani batuk secara mandiri di rumah, sebelum itu kenali terlebih dahulu apa penyebab batuk datang menghampiri.

Penyebab Batuk

Apa sih penyebab batuk itu? Batuk adalah respon alami tubuh terhadap gangguan pada saluran pernapasan baik karena infeksi bakteri maupun virus ataupun iritasi karena debu dan kotoran, dan lebih berisiko batuk bila sering merokok dan punya riwayat alergi atau asma dan beraktivitas di lingkungan yang penuh polusi udara.

Cara Alami Meredakan Batuk

Nah, beberapa cara berikut bisa bantu meredakan batuk di rumah :

Minum Perasan Lemon dengan Madu

Coba bahan alami ini untuk meredakan batuk dengan minum perasan lemon dengan madu dan air hangat, kemudian juga bisa berkumur dengan air garam untuk membantu mengeluarkan dahak. Untuk melengkapi kebutuhan cairan dalam tubuh bisa lebih banyak minum air putih.

Perbanyak Istirahat di Rumah

Lebih baik izin atau cuti untuk Istirahat dirumah walaupun sedang ada kuliah atau kerja, terus gunakan waktunya untuk istirahat di rumah.

Nah saat tidur bisa ganjal beberapa bantal di atas punggung supaya posisi kepala lebih tinggi dari badan, posisi ini dirasa nyaman untuk mengurangi batuk berdahak.

Hindari Pemicu Batuk

Hindari pemicu batuk, bila kamu seorang perokok mending berhenti merokok dan jika kamu sering beraktivitas di lingkungan yang banyak polusinya seperti di jalanan yang penuh asap kendaraan kamu bisa pakai masker.

Bila dengan langkah-langkah tadi batuknya belum sembuh, kamu bisa mengonsumsi obat batuk sesuai dengan jenis batuk yang kamu alami. Konsumsi obat batuk yang mengandung Diphenhydramine HCl dan ammonium chloride untuk membantu meredakan batuk terutama yang disebabkan oleh alergi, kedua kandungan ini juga bisa membantu kamu istirahat sehingga lebih cepat pulih.

Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi obat batuk yang mengandung Bromhexine HCl, kandungan ini bisa membantu kamu mengencerkan dan mengeluarkan dahak. Bila takut ngantuk karena minum obat kamu nggak usah khawatir karena kandungan tadi tidak menyebabkan kantuk sehingga kamu bisa beraktivitas seperti biasa sebelum minum obat pastikan kamu udah baca Keterangan Yang tertera di kemasan supay aefektif dan terhindar dari efek samping.

Waspadai juga kalau batuk yang kamu alami semakin parah misalnya batuk gak berhenti setelah lebih dari 2 minggu atau disertai dengan nyeri dada sesak nafas dan penurunan berat badan. Kalau kamu mengalami hal tadi sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Demikian cara alami meredakan batuk dari rumah, semoga bermanfaat.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Hanya Manusia biasa yang ingin bermanfaat

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top