Connect with us

Anak Susah Makan? Simak Metode Untuk Atasi Nafsu Anak yang Menurun !

Kesehatan

Anak Susah Makan? Simak Metode Untuk Atasi Nafsu Anak yang Menurun !

Anak Susah Makan? Simak Metode Untuk Atasi Nafsu Anak yang Menurun !

Jika anak dalam kondisi susah makan tidak jarang membuat orangtua merasa kebingungan. Bukan itu saja, orangtua jadi merasa khawatir apabila hal seperti ini terjadi secara berkala dan berkelanjutan. Sehingga dapat membuat terganggunya perkembangan tubuh pada anak. Apalagi jika di rentan usia golden age dimana hal ini menjadi waktu emas untuk usia pertumbuhan anak.

Melansir dari hellosehat.com, berikut beberapa metode untuk meningkatkan nafsu makan anak yang sedang menurun. Yuk simak ulasan berikut :

1. Pilih waktu makan yang tepat dan hindari untuk memaksa anak

Waktu saat anak tidak mau makan, dapat membuat orang tua merasa tidak sabaran dan akhirnya memaksanya untuk makan.

Padahal, jika menghadapi anak susah yang makan dengan paksaan hal ini malah menjadi boomerang bagi orang tua, dampaknya malah membuat anak tidak mau makan bahkan menghindar dan malas.

Cobalah trik yang lebih efektif  sebagai metode bujukan pada anak yakni dengan mengajak anak menggunakan cara yang lembut.

2. Ciptakan menu makanan yang menarik dan bervariasi

Salah satu faktor penyebab kehilangan nafsu makan anak kemungkinan adalah rasa bosan anak terhadap makanan yang disajikan.

Menu makanan yang bervariasi dan menarik makanan dapat meningkatkan antusiasme anak. Apalagi ketika anak dibawakan bekal makanan untuk ke sekolah. Tentunya hal ini dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan anak ketika di luar rumah.

3. Buat dan jalankan jadwal makanan secara rutin dan berkala

Selain dapat membiasakan anak untuk makan secara rutin dan membantu memenuhi kebutuhan tubuh anak, jadwal rutin berkala juga dapat membantu anak menerapkan karakter disiplin waktu dan tanggung jawab atas diri mereka sendiri.

Di waktu mendatang membuat jadwal makan yang rutin, ternyata memiliki dampak baik untuk pola makannya ketika ia beranjak dewasa.

4. Sediakan cemilan dan jajanan sehat untuk konsumsi sehari-hari anak

Menurut Kids Health, camilan bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak selain dari menu makanan utama.

Supaya dapat menjamin bahwa camilan itu sehat, lebih baik camilan buatan sendiri di rumah.

Misalnya, dengan memberi camilan sehat untuk anak berupa puding buah atau es yang berbahan dasar buah.

4. Stop, hentikan jika anak banyak minum ketika makan

Umumnya, kebanyakan orang dewasa bahkan anak-anak sering terlalu banyak minum ketika makan. Ini dapat menyebabkan perut jadi cepat kembug kemudian akhirnya menurunkan nafsu makan anak.

Sebagai orang tua dapat membatasi air minum ketika anal makan, misalnya satu gelas saja untuk satu kali makan.

Setelah selesai makan, baru berikan anak minum tambahan. Ini bisa menjadi cara meningkatkan nafsu makan anak agar mau makan.

Sebagai catatan, hindari membiarkan anak mengonsumsi minuman  manis karena dapat membuatnya semakin kembung.

5. Ajak anak menyiapkan menu makanannya sendiri.

Mengajak anak memasak dapat menjadi pengalaman baru dan mengesankan pada anak. Sebagai orangtua dapat  mengajaknya untuk menyiapkan menu sarapan atau bekalnya hingga meminta anak memilih menu favoritnya.

Metode memasak bersama dapat dilakukan dengan membagi tugas memasak pada anak, orang tua dapat memberikan ia tugas yang mudah, misalnya menyiapkan beberapa bahan makanan atau sekadar menghias makanan.

Biasanya, anak akan lebih tertarik untuk makan jika ia ikut serta dalam menyiapkan makanannya tersebut.

Nah sobat, itu tadi beberapa ulasan mengenai metode menghadapi anak yang kekurangan nafsu makan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top