Connect with us

Simak Tips Pola Hidup Bersih dan Sehat pada Diri Anak !

Kesehatan

Simak Tips Pola Hidup Bersih dan Sehat pada Diri Anak !

Melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) bukan hanya sekadar membiasakan anak untuk mencuci tangan. Tetapi, lebih dari itu lho sobat, memberi pengajaran pada anak untuk membiasakan diri dalam menjaga kebersihan sejak dini menjadi hal terpenting. Sehingga hal ini dapat membentuk kebiasaan baik yang akan melekat hingga seumur hidup mereka.

Dilansir dari hallosehat.com, simak ulasan berikut mengenai beberapa kebiasaan PHBS yang dapat diajarkan pada anak sejak dini.

1. Keramas (mencuci rambut)

Anak kecil biasanya wajib dibiasakan untuk mencuci rambut selama dua sampai tiga kali per seminggu.

Ketika sudah memasuki usia remaja, hormon anak remaja akan lebih meningkat dan membuat rambut lebih berminyak. Pada masa pubertas ini, sebaiknya diajarkan pada anak untuk sering keramas menggunakan shampoo.

2. Mandi

Kebiasaan mandi, banyak tidak disukai oleh anak kecil tapi tak jarang juga yang menganggap kebiasaan mandi adalah suatu aktivitas yang menyenangkan. Sobat bisa membuat mandi menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan dengan membiarkan mereka berendam dalam air busa. Mandi dapat mulai dibiasakan di usia anak sejak dini yakni rutin 2x sehari.

3. Kesehatan kulit

Di usia anak pra-sekolah tentu masih membutuhkan bantuan orangtua untuk merawat kulit mereka. Sobat bisa mengajari anak untuk membiasakan diri melakukan pemeriksaan mandiri ke seluruh tubuh mereka sebelum berpakaian.

Ajari mereka untuk menemukan apakah terdapat luka atau kemerahan pada kulit yang membutuhkan perawatan.

Ketika beranjak remaja, perubahan hormon dapat membuat kulit wajah jadi lebih berminyak. Produksi minyak berlebih dapat  memberikan masalah pada wajah anak seperti kulit berjerawat. Nah sebagai perawatan rutin, biasakan anak untuk mencuci wajah mereka dua hingga tiga hari dalam sehari dan ajari mereka untuk tidak memencet jerawat.

4. Menjaga kebersihan mulut dan gigi

Gigi dan gusi yang bersih dan sehat bisa mencegah berbagai masalah kesehatan rongga mulut, misalnya bau mulut dan gigi berlubang.

Sebagai orang tua, biasakan anak untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan. Selain itu, biasakan anak untuk membersihkan gigi secara baik dan benar selama maksimal dua menit.

5. Kebiasaan membersihkan ketiak

Sebagian remaja mungkin akan meremehkan kebersihan ketiak mereka, dengan alasan malas membersihkan atau sekadar memakai deodoran. Keringat dapat memicu bau ketek pada anak usia remaja, dan biasanya sejak usia 9 atau 10 tahun.

Untuk itu beri pemahaman pada anak mengenai pentingnya membersihkan daerah ketiak, terutama saat seusai olahraga. Selain itu, untuk mencegah bau badan beri arahan pada anak menggunakan deodoran. Deodoran dapat mengontrol bakteri dan memberikan aroma yang harum, sementara deodoran antiperspirant memiliki manfaat tambahan yaitu dapat mengurangi produksi keringat.

Nah sobat, ulasan di atas merupakan kebiasaan-kebiasaan yang harus dilakukan oleh anak. Dan dapat dimulai sejak usia kecil. Semoga bermanfaat. Terima kasih .

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top