Connect with us

Wajib Tahu Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi Sebelum atau Sesudah Vaksinasi!

Tips

Wajib Tahu Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi Sebelum atau Sesudah Vaksinasi!

Di masa pandemi covid-19 sekarang pastinya kesehatan yang paling penting untuk dijaga, beberapa tindakan sudah dilakukan pemerintah untuk memutus penyebaran covid-19. Salah satu upaya pemerintah adalah menggalakkan vaksinasi covid-19.

Ketika orang-orang melakukan vaksinasi pasti akan menyebabkan efek samping ke tubuh, efek samping ringan yang banyak di alami adalah demam, bekas suntikan yang membengkak, atau lengan yang terasa nyeri.

Nah jika saat setelah melakukan vaksinasi memberikan efek samping ringan, maka sebelum dan setelah vaksinasi pastinya kalian harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman.

Para analis kesehatan juga melarang untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa menimbulkan peradangan ketika akan atau sesudah melakukan vaksin. Makanan yang tidak baik dikonsumsi salah satunya adalah junk food.

Daripada mengkonsumsi makanan junk food, lebih baik dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, ikan, buah, dan yang paling penting adalah sayuran. Sebelum melakukan vaksinasi covid-19 dianjurkan agar kalian memenuhi nutrisi di tubuh, agar saat setelah vaksin tubuh kalian kuat dan menghindari terkena efek samping ringan. Lalu usahakan kalian tidak meminum minuman yang mengandung alkohol, minimal sehari sebelum dan sesudah vaksin. Karena alkohol membuat sistem kekebalan tubuh jadi kurang sehingga membuat kalian lebih cepat dehidrasi.

Dan juga ada minuman yang tidak boleh kalian konsumsi yaitu minuman bersoda atau mengandung pemanis buatan, sangat dianjurkan agar kalian tidak meminum minuman itu, karena minuman tersebut tidak memiliki satu pun manfaat dalam kesehatan tubuh, tidak malah menyehatkan minuman ini jika banyak dikonsumsi bisa terkena resiko penambahan berat badan, diabetes, kolestrol dan penyakit yang lainnya.

Lalu ada juga makanan cepat saji yang tidak boleh dikonsumsi, hal ini dikarenakan terlalu banyak penambahan lemak dan garam yang sangat tinggi. Jadi lebih baik kalian tidak mengkonsumsinya. Itu beberapa informasi terkait makanan dan minuman apa saja yang tidak boleh dikonsumsi saat sebelum atau sesudah vaksin.

Kemudian selanjutnya ada makanan atau minuman yang baik di konsumsi saat akan melakukan vaksin dan setelah vaksin.

Kebanyakan dokter menyarankan agar setelah vaksinasi mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan vitamin C, karena vitamin C dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi seperti buah-buahan dan sayuran membuat tubuh kita memiliki gizi yang cukup untuk bekerja lebih baik.

Dokter juga menyarankan meminum banyak air putih agar tubuh tidak dehidrasi, baik sebelum dan sesudah melakukan vaksin. Lalu ada juga beberapa bahan rempah-rempah yang mempunyai sifat anti-inflamasi dan bisa dicampurkan ke makanan.

Berbagai jenis ikan, seperti sarden, teri, salmon, dan herring juga mempunyai kandungan omega-3 tinggi yang mempunyai sifat anti-inflamasi juga.

Lalu ada Tiram yang kaya akan zinc yang fungsinya penghilang patogen dari tubuh kalian serta mampu meningkatkan produksi protein untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus.

Lalu makanan apa yang sebaiknya di konsumsi adalah Sup Ayam, makanan ini sangat sehat karena didalamnya menyediakan protein yang sangat tinggi sehingga membuat tubuh kita semakin kebal, dan meningkatkan imun tubuh. Bahan yang biasa digunakan untuk memasak makanan ini adalah wortel, bawang, kentang, dan seledri. Bahan bahan yang ada memiliki kandungan kalium dan zat besi, serta beta-karoten yang berfungsi sebagai antioksidan. Lalu kaldu didalam sup ayam sendiri dapat menghidrasi dan memperlancar saluran pernapasan.

Jadi sebelum melaksanakan vaksinasi sebaiknya kalian memperhatikan lagi makanan dan minuman yang akan di konsumsi ya untuk kebaikan tubuh kalian sendiri.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top