Connect with us

Khasiat Bunga Rosella, Si Merah kaya Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Khasiat Bunga Rosella, Si Merah kaya Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Bunga Rosella, Si Merah kaya Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Sobat, pada pembahasan kita kali ini. Kita akan bersama-sama membahas mengenai tanaman Rosella. Di Indonesia sendiri, tanaman ini sering dibudidaya oleh masyarakat pedesaan. Hal ini karena tanaman ini dapat tubuh di iklim tropis seperti sesuai dengan iklim Indonesia.

Teh rosella merupakan hasil dari pengelolaan terbuat dari ekstrak bunga rosella. Bunga ini dapat digambarkan merupakan bunga berwarna merah dan termasuk jenis tanaman perdu yang bisa diolah menjadi teh herbal sehingga dapat menyehatkan tubuh.

Jika dibandingkan dengan daun kumis kucing, teh bunga rosella memiliki efektivitas penyembuhan 4 kali lebih besar. Hal ini karena, teh bunga rosella memiliki antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat berfungsi untuk memelihara kesehatan organ dalam, tubuh manusia.

Teh Rosella memiliki kandungan zat istimewa di antaranya senyawa fenolik, glukosa hibiscin, dan antosianin.

Nah untuk mengetahui manfaat kandungan zat tersebut. Yuk, simak ulasan berikut mengenai manfaat teh rosella, bunga merah untuk kesehatan tubuh :

1. Kaya akan Antioksidan untuk Tubuh

Kandungan senyawa fenolik dalam teh rosella memiliki peran penting sebagai antioksidan, yang berfungsi untuk kesehatan serta kecantikan tubuh. Antioksidan ini dapat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh, serta bisa digunakan sebagai tameng melawan bakteri dan virus pada tubuh. Selain itu, ternyata antioksidan bisa membantu terjadinya penuaan dini dan kerusakan sel-sel tubuh.

2. Membantu meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penyakit dapat datang kapan saja, dapat dikarenakan oleh faktor cuaca. Nah, sebagai upaya untuk melindungi diri dari berbagai penyakit, tubuh kita memerlukan peningkatan kekebalan tubuh. Sobat bisa melakukan upaya perlindungan tersebut dengan cara rajin mengonsumsi teh rosella, karena teh ini dipercaya bisa meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

3. Membantu Proses Diet

Untuk para pejuang diet meminum teh rosella pada pagi dan malam hari akan dapat membantu proses diet kamu. Sebab teh rosella mengandung vitamin C tinggi yang bisa membantu untuk meluruhkan lemak-lemak jahat pada tubuh. Selain itu, mengonsumsi teh rosella dapat membuat tubuh melakukan metabolisme secara baik, sehingga makanan yang masuk cepat diolah jadi energi, bukan lemak. Teh rosella juga bisa menghambat kerja enzim amilase, yakni enzim yang mampu menyerap lebih banyak karbohidrat.

4. Membantu Melawan Radikal Bebas dan Sinar UV 

Banyak sekali ancaman radikal bebas dan sinar UV yang begitu berbahaya bagi kesehatan kulit dan wajah. Tapi tidak perlu khawatir, kamu dapat mengonsumsi teh rosella secara rutin agar bisa memproteksi kulit dan wajah dari ancaman tersebut. Teh rosella memiliki banyak kandungan protein esensial, asam amino, dan vitamin C yang bisa membuat kulit dan wajah tampah lebih sehat dan cerah.

5. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa jadi pemicu munculnya berbagai penyakit lain, seperti gangguan ginjal dan serangan stroke. Nah, kalian dapat memanfaatkan ekstrak kelopak bunga rosella sehingga memberikan efek captoprilCaptopril merupakan obat yang masuk ke dalam kelompok penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitors).

Fungsi utama captopril, yakni untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung. Oleh sebab itu, konsumsi teh rosella secara tepat dapar mencegah adanya gangguan bagi pengidap tekanan darah tinggi. Konsumsi dapat dilakukan secara rutin, sekitar kurang lebih 12 hari, dan mampu menurunkan tekanan darah sampai 11 %.

Nah, sobat ulasan di atas merupakan beberapa khasiat teh rosella yang dapat berguna bagi kesehatan tubuh. Namun perlu dicatat, supaya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, ya. Hal ini karena bagaimana pun segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberikan dampak yang baik. Terima kasih. Semoga bermanfaat

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top