Connect with us

Fakta Teh Bunga Telang ‘Butterflypea Tea’, Khasiat untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Fakta Teh Bunga Telang ‘Butterflypea Tea’, Khasiat untuk Kesehatan Tubuh

Sobat diantara kalian mungkin ada yang masih merasa asing dengan nama bunga telang. Namun, jika  melihat tampilannya, pasti banyak yang akan mengenalinya. Umumnya, tanaman ini sering ditemui dan tumbuh di pekarangan atau di pinggir jalan.

Umumnya, teh pasti berwarna cokelat, hitam atau hijau. Tetapi, apa Sobat sudah tahu jika ada minum teh berwarna biru elektrik?

Teh berwarna biru ataupun ungu ini biasa dikenal teh telang atau butterflypea tea yang berasal dari Asia Tenggara. Sebagai catatan Teh telang ini dapat berubah warna menjadi biru ataupun ungun, berbau bunga dan tidak mengandung kafein.

Apabila sobat menambahkan sedikit perasan lemon pada teh telang maka biru elektrik akan berubah warna menjadi ungu cantik. Hal ini dikarenakan teh bunga telang sangat sensiif pada perubahan pH.

Akhir-akhir ini, bunga telang jadi sangat populer dikalangan pencinta teh hal ini karena sering dibuat menjadi minuman. Banyak pencinta minuman yang meracik menjadi teh dan dicampur dengan sedikit pemanis, baik gula maupun madu.

Dilansir dari penelitian Journal of Ethnopharmacology, teh telang telah digunakan selama berabad-abad sebagai penambah daya ingat, nootropik, antistres, anxiolytic, antidepresan, antikonvulsan dan obat penenang.

Banyak yang meyakini bahwa teh bunga telang ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah SobatApa saja manfaat yang dimaksud?

Berikut ini beberapa manfaat teh telang atau butterflypea tea di antaranya:

1. Dapat menurunkan berat badan

Dari hasil penelitian yang dilakukan dalam Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, teh telang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan dengan cara mencegah dan melawan penyakit hati berlemak.

Hal ini disebabkan, teh telang mengandung senyawa cateching EGCG, epigallocatechin gallate, sehingga dapat mempercepat proses pembakaran kalori melalui cara peningkatan metabolisme tubuh. Pada penelitian telah ditemukan bahwa teh telang mengandung kadar senyawa EGCG yang lebih tinggi dibandingkan teh lain.

2. Untuk kesehatan mata

Meminum teh telang ternyata dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena teh telang mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan fungsi mata. Antioksidan yang dimaksud adalah proanthocyanidin. Antioksidan ini bertugas untuk meningkatkan aliran darah ke kapiler mata. Dampak baiknya teh telang dikenal lebih efektif mengobati kerusakan retina, glaukoma atau penglihatan kabur.

3. Relaksasi mengurasi stres, kecemasan dan depresi

Antioksidan yang terkandungdalam teh telang ternyata juga terbukti dapat meningkatkan mood/suasana hati dengan cara menenangkan saraf dan membuat tidur malam menjadi lebih nyenyak.

Dari hasil penelitian dari jurnal Farmakologi, Biokimia dan Perilaku, teh telang terbukti mempunyai dampak positif pada sistem saraf pusat (SSP). Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa teh butterflypea tea telah terbukti efektif melawan depresi, stres dan kecemasan.

4. Menyeimbangkan kadar gula darah

Dari hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, ekstrak teh telang dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan glukosa dalam tubuh.

Nah, oleh karena itu minum segelas teh telang di antara waktu makan dapat mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar glukosa darah. Karena, teh telang membantu menghambat penyerapan glukosa secara berlebih dari makanan yang telah dikonsumsi.

5. Melindungi kesehatan jantung

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa teh telang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi yang berisiko menyebabkan penyakit jantung. Yang mana dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan cara mengekang hyperlipidemia, yakni yang mengacu pada konsentrasi tinggi lemak atau lemak dalam darah.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top