Connect with us

Mudah dan Kreatif! 5 Contoh Kerajinan dari Sampah Plastik

Living

Mudah dan Kreatif! 5 Contoh Kerajinan dari Sampah Plastik

Di lingkungan kita semua  sampah plastik adalah faktor utama yang harus diperbaiki secara globa. Pastinya pengelolahan sampah plastik yang baik di utamakan agar dapat menurunkan angka penumpukan sampah di lingkungan kita.

Dari jurnal science mengatakan bahwa 24-34 juta metrik ton sampah plastik yang ada di lingkungan laut dunia setiap tahunnya , yang artinya sekitar 11% dari total semua sampah plastik di dunia.

Sampah plastik juga memiliki sumber masalah yang harus ditangani,selain merupakan volume yang besar,  waktu untuk penguraian membutuhkan  waktu yang sangat lama. Setidaknya butuh waktu 60 sampai 70 tahun agar sampah plastik tersebut dapat terurai dengan baik.

Dampak yang ditimbulkan  tidak sampai disitu saja dikarenakan masih sangat banyak kekurangan yang bisa dirasakan dari segi ekosistem. Plastik yang sudah diuraikan juga bisa menghasilkan mikro plastik ke makhluk hidup seperti ikan maupun kerang.

Jangan heran jika ada metode 3R (Reduce,Reuse,Recycle) di kampanyekan agar ada manfaat yang sempurna dari sampah plastik. Recycle atau mendaur ulang sampah plastik agar dapat memberikan nilai nilai ekonomi menjadi hal yang sering dilakukan dengan macam macam kebutuhan.

Selain  dari perusahaan yang membuat sampah plastik menggunakan metode Reuse berguna merubahnya menjadi sampah plastik. Recycle justru dapat dilakukan semua orang seperti membuat pengolahan yang bermanfaat.

Berikut Ada 5 contoh untuk mengelola sampah plastik agar bermanfaat dan bisa digunakan dalam kehidupan sehari hari kita:

  1. Dijadikan Mainan Untuk anak kecil .

Tidak hanya menjadi barang barang yang berharga, sampah plastik juga bisa dijadikan untuk mainan anak anak, faktanya mainan yang terbuat dari plastik bisa bermacam macam yang berbentuk atau bisa hanya terapan.

Contohnya kreasi dari bahan plastik yang dijadikan helikopter atau robot bisa menjadi alternatif dibandingkan membuat bahan plastik menjadi produk yang tidak bisa digunakan. Mainan mainan yang terbuat dari bahan plastik dapat menimbulkan kreativitas kita semua, atau dapat dijual untuk mendapatkan uang.

  1. Pot Kebun Vertikal

Selain menjadikan mainan  untuk anak anak sampah plastik juga dapat diubah menjadi pot untuk kebun, selain itu pot juga bisa dipajang di bagian dinding, bukan hanya di bidang datar atau tanah justru dengan pot kebun vertikal memiliki manfaat lebih karena sangat unik bila di taruh dengan sangat baik.

Pot vertikal juga dapat digunakan untuk menjaga tanaman kita terinjak injak atau tergeser secara tidak sengaja. Untuk Pot Kebun Vertikal disarankan menanam tubuhan yang cara menanamnya digantung seperti tanaman anggur.

  1. Lampu Hias yang indah

Sampah plastik juga bisa menjadi seni terapan yang sangat indah dan menguntungkan, apalagi dalam membuatnya menggunakan berbagai kreativitas sang pembuat. Botol plastik yang besar atau sedikit lebar dapat digunakan sebagai hiasan lampu.

  1. Tempat pensil atau pulpen

Nah tidak hanya untuk lampu hias, bagian dari botol plastik yang sudah tidak terpakai dapat dimanfaatkan untuk kreasi yang lainnya yaitu tempat pensil atau pulpen.  Salah satu kreasi ini dapat memotivasi untuk anak anak agar giat belajar, apalagi jika desain yang menarik bisa membuat anak selalu mempunyai momen berharga saat belajar di kamarnya.

  1. Tas belanja dan Dompet

Sampah plastik yang sudah tidak terpakai , juga bisa diubah menjadi anyaman sebagai tas belanja. Atau bahan bahan dari sampah plastik yang awet dan sangat sulit diuraikan juga bisa dikreasikan untuk membuat dompet. Ukuran dompet kecil sendiri bisa dipakai untuk berpergian ke tempat yang dekat.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top