Connect with us

Aloevera ‘Lidah Buaya’ Tanaman Kaya Manfaat, Simak Manfaat bagi Kesehatan Tubuh!

Kesehatan

Aloevera ‘Lidah Buaya’ Tanaman Kaya Manfaat, Simak Manfaat bagi Kesehatan Tubuh!

Sekarang ini lidah buaya atau aloevera, sering kita jumpai dalam kandungan produk kecantikan bermerek asal Korea Selatan. Banyak manfaat dari lidah buaya (Aloe vera) yang belum kita pahami ya Sobat. Nah untuk itu pada pembahasan di artikel kali ini. Kita akan membahas mengenai manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan gangguan kesehatan pada tubuh. Yuk, simak ulasan berikut :

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan tubuh

Manfaat lidah buaya dari segi kecantikan kulit, wajah dan rambut tidak lepas dari kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Berikut manfaatnya lidah buaya untuk Kecantikan Tubuh :

1. Berguna sebagai pelembab kulit secara alami

Kandungan gel di lidah buaya dapat dengan mudah diserap oleh kulit, sangat cocok untuk kulit berminyak. Selain itu, aloevera juga baik untuk kulit kering. Hal ini tidak lepas dari kandungan yang ada di dalamnya seperti vitamin A, C, dan E. Lidah buaya dapat kamu gunakan sebagai pelembap, setelah mandi.

2. Untuk mengobati jerawat

Lidah buaya mempunyai kandungan anti-inflamasi, yang baik digunakan mengatasi jerawat ketika meradang. Cara mengobati dapat dilakukan dengan mengoleskan lidah buaya pada jerawar yaitu dengan menggunakan cotton bud secara rutin tiga kali sehari.

3. Dapat memperlambat penuaan dini/keriput

Pada sebuah penelitian, terbukti ternyata lidah buaya dapat meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit. Sehingga dapat memperlambat terjadinya penuaan dini.

4. Dapat mengatasi terjadinya iritasi kulit

Berbagai macam penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan rosacea, dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi. Nah, untuk itu landungan asam lemak dan enzim bradikinin pada lidah buaya berfungsi untuk melembapkan kulit akibat penyakit-penyakit tersebut.

5. Sebagai krim cukur secara alami

Lidah buaya bukan hanya memiliki berperan sebagai pelembap kulit. Namun juga, lidah buaya memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk kulit. Sehingga membantu dan mempermudah kegiatan mencukur dengan bahan alami

6. Dapat membantu mencerahkan wajah

Kandungan aloe vera kaya vitamin C dan mineral lainnya dapat membantu memutihkan kulit dan menghapus noda di wajah. Apabila digunakan dengan rutin, kandungan antioksidan di dalam gel lidah buaya dapat membantu melembutkan kulit dan membuat tampak lebih kenyal.

7. Untuk menjaga kesehatan rambut

Manfaat lidah buaya bagi kesehatan rambut antara lain untuk mengurangi rasa gatal di kulit kepala, memperbaiki rambut rusak, mengatasi kulit berminyak, memperkuat rambut, mengurangi rambut rontok, dan membuat rambut sehat berkilau.

Nah Sobat itu tadi ulasan mengenai manfaat lidah buaya bagi kecantikan.

Lantas, apa saja sih manfaat lain lidah buaya untuk kesehatan tubuh?

Mari simak ulasan berikut :

1. Dapat membantu memperlancar pencernaan

Sobat dapat menjadikan lidah buaya sebagai minuman yakni jus untuk membantu melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan, bagian luar lidah buaya mengandung antrakuinon yang mempunyai efek pencahar.

2. Dapat digunakan sebagai penyembuhan luka bakar

Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat oles pada luka bakar derajat satu dan derajat dua. Hal ini dikarenakan gel lidah buaya dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka pada jaringan kulit dan membantu  proses regenerasi kulit.

3. Untuk menjaga kesehatan rongga mulut

Pasta gigi dan obat kumur yang mengandung lidah buaya bisa digunakan untuk mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Penggunaan produk kebersihan rongga mulut yang mengandung lidah buaya, ternyata bisa mencegah adanya infeksi jamur di rongga mulut, dan radang gusi.

4. Mengatasi gejala GERD

Manfaat lidah buaya (Aloe vera) untuk kesehatan pencernaan bisa digunakan untuk mengatasi gejala GERD. Jus lidah buaya khususnya bisa sebagai alternatif meredakan gejala GERD seperti mual, sendawa, serta nyeri ulu hati. 

5. Sumber vitamin C

Lidah buaya kaya akan sumber vitamin C. Vitamin ini penting bagi kesehatan hal ini dikarenakan vit c berfungsi aktif sebagai antioksidan dan membantu melawan inflamasi atau peradangan, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan dalam vitamin C juga dapat melawan efek radikal bebas sehingga kulit dan tubuh akan tetap sehat.

 

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top