Connect with us

Pahami ! Manfaat Tersembunyi Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh!

Kesehatan

Pahami ! Manfaat Tersembunyi Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh!

Sobat bayur, daun kelor merupakan salah satu tanaman yang sering ditemui di Indonesia. Tanaman kelor biasanya tumbuh secara bebas tanpa dibudidaya. Salah satu olahan dari daun kelor yang begitu populer di kalangan masyarakat pecinta hidup sehat adalah dengan mengonsumsi teh kelor. Minuman ini dipercaya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dengan cara hidup sehat.

Daun kelor tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai minuman saja, namun ternyata juga dapat dikreasikan dalam aneka olahan lain, seperti bolu daun kelor, agar-agar daun kelor, snack olahan kelor, sayur kelor, dst.

Tidak banyak yang tahu, sebenarnya apa saja sih khasiat dari daun kelor itu sendiri ?

Nah, supaya dapat memahami manfaat dari daun kelor secara keseluruhan. Yuk, simak ulasan berikut :

1. Mengontrol tekanan darah

Fakta menarik dari daun kelor ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengontrol tekanan darah. Nah, sobat ternyata di daun kelor banyak mengandung guercetin. Apa itu Guercetin?? Jadi Guercetin adalah zat alami yang terkandungan dalam daun kelor, guercetin memiliki peran untuk membantu menurunkan tekanan darah kalian.

2. Membantu menurunkan berat badan

Olahan daun kelor kaya akan antioksidan, terutama polifenol. Dikutip dari buku How To Lose Back Fat, karya Cynthia Trainer, ternyata olahan kelor telah terbukti dapat memberikan efek tertentu untuk menurunkan berat badan. Nah, hal ini disebabkan pada tanaman daun kelor memiliki kandungan lemak rendah namun juga padat nutrisi yang dapat dijadikan alternatif makanan dengan kalori tinggi.

3. Mengontrol gula darah

Olahan kelor sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit bawaan seperti diabetes. Hal ini dikarenakan daun kelor mengandung klorogenat antioksidan yang berperan untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.  Bukan hanya itu, ternyata vitamin C dalam daun kelor juga telah terbukti bisa mengurangi kadar gula darah dan tekanan darah pada penderita diabetes tipe 2.

4. Membantu menurukan Kolesterol

Daun kelor ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, umumnya olahan teh kelor dapat dijadikan minuman terapi yakni bertujuan untuk membantu penderita penyakit jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Perawatan untuk rambut dan kulit

Olahan daun kelor berupa bubuk kelor disinyalir ternyata mengandung antioksidan yang dapatmembantu meningkatkan kualitas kesehatan kulit dan rambut. Antioksidan ini bertugas membantu menjauhkan racun-racun yang ada pada kulit selain itu juga dapat untuk membersihkan kulit.

Meskipun tanaman daun kelor dikenal memiliki segudang manfaat. Tentunya Sobat perlu memperhatikan efek sampingnya yaa..

Ternyata, tidak semua orang boleh mengonsumsi daun kelor sembarangan loh Sobat.  Hal ini disebabkan, ternyata tanaman daun kelor mempunyai efek samping yang dapat menjadi pemicu masalah kesehatan.

Di kutip dari situs Inside Morning, ternyata tanaman Daun Kelor memiliki kandungan alkaloid yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Namun sayanganya, senyawa ini dapat memperlambat denyut jantung.

Sedangkan untuk penderita diabetes yang sebelumnya sudah mengonsumsi obat-obatan kimia dengan rutin tidak disarakan untuk mengonsumsi daun kelor. Hal ini dikarenakan, penggabungan cara konsumsi daun kelor bersama dengan obat kimia itu dapat menyebabkan penuruan gula darah dengan signifikan bahkan sampai di bawah batas normal.

Selain itu, segala sesuatu yang berlebihan ternyata tidak baik juga. Apabika terlalu banyak mengonsumsi daun kelor secara berlebihan ternyata dapat menganggu fungsi kerja hati. Oleh sebab itu, sebaiknya Sobat mengonsumsi daun kelor secukupnya atau berkonsultasi dulu dengan dokter.

Nah, sobat itu tadi sedikit ulasan kita mengenai manfaat daun kelor. Terima kasih

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top