Connect with us

PELUANG BISNIS DIGITAL DI ERA MODERNISASI DAN TEKNOLOGI

Digital Marketing

PELUANG BISNIS DIGITAL DI ERA MODERNISASI DAN TEKNOLOGI

Di Era yang modern saat ini dirasakan atau tidak, kecanggihan teknologi  membawa pengaruh besar dalam perubahan gaya hidup, budaya kerja, bahkan interaksi sosial. Proses ini dipengaruhi oleh adanya perkembangan teknologi yakni pada sektor industri dan bisnis. Dari berbagai kemudahan yang diberikan, bisnis digital menjadi sektor utama yang berkembang cukup pesat dalam era modernisasi.

Poin pentingnya, pada bisnis yang dikembangkan oleh prinsip digital merupakan transformasi dari berbagai jenis bisnis yang sudah lebih dulu populer. Kemudian bisnis tersebut dikembangkan melalui pendekatan managemen informasi yang dilakukan pada aktivitas riset pasar hingga upaya pemasaran terhadap barang dan jasa.

Ada juga beberapa poin yang harus turut dilibatkan apabila Sobat ingin menarik keuntungan besar dari bisnis berbasis teknologi digital. Sebelum mempraktikkan teknik dan strategi yang tepat sasaran, Sobat perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai konsep penerapan dan manfaat jenis bisnis digital yang nantinya akan Sobat kembangkan.

Apa itu Bisnis Digital ? Pengertian, Konsep, dan Prinsipnya ?

Bisnis Digital penggunaan istilah ini menjadi populer ketika seorang blogger bernama Nigel Fenwick menulis artikel bertajuk 2013: The Year of Digital Business. Artikel ini dipublikasi secara daring beberapa tahun silam, artikel ini  memuat pemahaman dan sudut pandangnya mengenai evolusi dunia usaha dari segala sesuatu yang diamatinya. Ia mengatakan bahwa bisnis yang dilakukan dengan keterlibatan teknologi digital merupakan paradigma baru yang tak boleh diabaikan begitu saja.

Berdasarkan paradigma tersebut, istilah digital bussines dapat dipahami sebagai jenis usaha yang melibatkan teknologi digital dalam praktik pengembangan dan pemanfaatannya. Bisnis Digital mampu menciptakan model, pengalaman, dan kaidah operasional terbaru yang akan memengaruhi budaya konsumsi target pasar. Selain itu, nilai jual yang ditawarkan pun mengalami perubahan positif dengan peningkatan layanan berbasis teknologi, yang sesuai dengan era moderniasasi saat ini.

Dilihat dari konsep, bisnis digital dapat terbagi menjadi dua bentuk usaha yakni bisnis tradisional dengan menerapkan tranformasi digital dan membuat rintisan bisnis baru dengan melibatkan teknologi digital sejak awal direncanakan. Keduanya dapat dilakukan dalam satu kategori yang sama asalkan memenuhi beberapa prinsip bisnis digital sebagai berikut.

  • Menggunakan teknologi populer atau paling mutakhir yang banyak digunakan oleh publik.
  • Menyesuaikan konsep transformasi digital dan budaya global.
  • Mengenali lebih detail model bisnis baru.
  • Menerapkan secara konsisten bisnis digital

Apa Manfaat Membangun Bisnis Digital?

Perkembangan teknologi bisnis digital saat ini semakin lama semakin pesat. Hal ini dikarenakan pada bisnis tradisional banyak yang memulai bertransformasi menjadi bisnis digital. Bisnis digital banyak memberi manfaat untuk berbagai pihak baik pada pemilik, pengembang, karyawan dan konsumen yang terlibat dalam aktivitas bisnis tersebut.

Nah Sobat, berikut terdapat beberapa manfaat yang dapat Sobat rasakan ketika membangun bisnis dengan melibatkan teknologi digital.

  1. Meningkatkan efektivitas pelayanan terhadap konsumen agar lebih baik

Bisnis digital  yang semakin berkembang menimbulkan dampak positif pada cara perusahaan berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen. Teknologi yang dilakukan tak hanya memudahkan proses interaksi, namun dapat meningkatkan layanan yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan tiap konsumen. Dan hasilnya, konsumen akan merasa lebih puas. Hal ini dapat memberikan tambahan nilai mutu atau branding bagi perusahaan.

  1. Meningkatkan keterampilan dan kemampuan pegawai

Pegawai atau karyawan perusahaan merupakan pihak yang diuntungkan pada bisnis ini. Mereka dapat memanfaatkan teknologi digital. Ketika perusahaan mulai menggunakan konsep digital dan menerapkannya dalam proses operasional, pegawai pun akan ikut memengaruhi keterampilannya untuk memberikan hasil kerja sesuai harapan perusahaan.

  1. Mempermudah pengumpulan dan analisis data

Kemudahan menjadi hal yang menonjol dari adanya penggunaan teknologi digital. Hal ini juga berpengaruh bagi konsumen maupun perusahaan. Bisnis yang sudah menerapkan transformasi digital terbukti lebih mudah dalam pengumpulan dan analisis data yang diperlukan untuk pengembangan usaha. Strategi bisnis biasanya akan disesuaikan dengan kebiasaan online konsumen ketika mencari dan menjelajahi hal-hal yang diperlukan.

  1. Membuka peluang baru dalam digitalisasi produk dan layanan

Setelah menemukan data pasar dan menganalisis berdasarkan tolok ukur prinsip transformasi digital, perusahaan dapat mampu melakukan digitalisasi pada setiap produk dan layanan yang dihadirkan. Kemudian disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

  1. Meningkatkan laba/keuntungan perusahaan

Pada perusahaan keuntungan/laba merupakan poin utama dalam proses produksi. Sehingga pada transformasi digital yang diterapkan, terbukti dapat meningkatkan keuntungan/laba perusahaan. Digitalisasi di era modern membuka lebih banyak akses untuk kesempatan penjualan dan pengembangan pasar. Hal ini berlaku bagi bisnis baru yang mulai diciptakan maupun bisnis lama yang mulai menggunakan konsep digital pada setiap aspeknya.

Pada praktiknya, peningkatan keuntungan perusahaan tidak akan dapat berjalan secara instan dan cepat. Tentu saja diperlukan Strategi yang tepat dan akurat. Oleh sebab itu, Sobat perlu mengetahui sejumlah tips jitu yang dapat membuat bisnis digital Sobat menjadi berkembang dan  memperoleh keuntungan sesuai yang ditargetkan.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top