Connect with us

Yuk, Belajar Digital Marketing! Simak Cara Memulai?

Digital Marketing

Yuk, Belajar Digital Marketing! Simak Cara Memulai?

Memulai Belajar Digital Marketing

Hai Sobat, apakah Sobat pernah memperhatikan banyak produk (brand) perusahaan yang melalukan promosi online atau digital campaign? Atau juga memperhatikan dari website dan social media sebuah perusahaan? Di era ini, tentu semua hal tersebut sering Sobat jumpai bukan?

Nah, hal-hal tersebut bisa dikenali dengan istilah digital marketing. Konsep dan cara kerja digital marketing bertujuan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand perusahaan. Berhubungan dengan bentuk promosi produk perusahaan.

Di Era perkembangan dan kemajuan teknologi, pada dunia bisnis tren digital marketing menjadi lebih bervariasi.

Lantas, seberapa penting digital marketing diterapkan untuk menjalankan bisnis dan menjual produk perusahaan? Sobat, untuk menjawab pertanyaan di atas. Kalian dapat menyimak penjelasan berikut.

Digital Marketing? Apa Itu ?

Digital Marketing merupakan kegiatan pemasaran atau promosi sebuah produk (brand)  melalui media digital atau internet. Tujuan adanya digital marketing yakni agar dapat menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat dan efektif. Kita tahu, pemanfatan teknologi dan internet di masyarakat di era ini sangat luas dan cepat sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh setiap perusahaan.

Dampaknya, banyak perusahaan modern saling berlomba membuat konten pemasaran semenarik mungkin tujuannya untuk meningkatkan minat beli masyarakat dengan menampilkan tampilan pemasaran di dunia maya.

Beberapa kelebihan Digital Marketing dibandingkan dengan pemasaran konvensional :

  • Kecepatan dan Kefektifan Penyebaran Produk
  • Kemudahan Evaluasi
  • Jangkauan Lebih Luas
  • Lebih Murah
  • Dapat Membangun Nama Brand

Apa Saja Jenis dari Digital Marketing ?

  1. Website

Website merupakan kumpulan dari beberapa halaman pada suatu domain di internet dibuat untuk tujuan tertentu. Website dapat saling berhubungan serta dapat diakses oleh banyak orang.

  1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing adalah salah satu upaya untuk mengiklankan website di hasil pencarian. Yakni dengan membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Search Engine Marketing terbagi menjadi dua yakni Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO dilakukan sendiri lebih murah namun butuh waktu yang lebih lama dan SEM lebih cepat namun berbayar.

  1. Social Media Marketing

Social Media Marketing adalah salah satu upaya untuk mengiklankan website di platform media sosial. Diantaranya Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok. Dalam hal ini dapat dilakukan dengan biaya minim bahkan gratis.

  1. Online Advertising

Bentuk media promosi dari internet yang berbayar. Media promosi ini dapat menjaring konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal karena berbayar.

  1. Email Marketing

Bentuk media promosi dari internet melalui email. Melalui promosi ini, dapat menyebarkan informasi terbaru mengenai promosi produk dan jasa perusahaan.

  1. Video Marketing

Salah satu metode pemasaran baru dalam marketing online yakni menggunakan media Video. Melalui cara ini kalian dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara penggunaannya serta dapat menampilkan testimonial dari pelanggan.

Lalu Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing?

Setelah mengetahui beberapa penjelasan dari konsep dasar di atas, apakah Sobat tertarik untuk mencobanya? Nah, bagaimana cara untuk memulai pemasaran menggunakan media digital? Berikut beberapa hal yang perlu Sobat lakukan.

Pertama, menyiapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Diantaranya website, akun medsos, identitas brand, produk, unggahan blog, jejak digital (review, feedback dari pelanggan). Di dunia digital marketing, alat-alat merupakan aset penting Sobat, jadi uruslah dengan baik.

Kedua, menyiapkan konten dengan menarik. Konten yang dibutuhkan banyak orang dan mudah dibagikan. Konten dapat berupa foto, video, tulisan. Perlu diingat, Sobat juga harus harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar. Kemudian sesuaikan dengan konten yang Sobat buat.

Ketiga, Sobat dapat memulai menggunggah konten melalui alat pemasaran kemudian evaluasi setiap unggahan, tentukan mana yang memberikan feedback baik bagi bisnis Sobat dan fokuskan

Langkah terakhir yang dapat Sobat lakukan adalah dengan bergabung forum marketplace public. Usahakan profil bisnis Sobat bagus, karena akan berpengaruh terhadap citra brand produk dan perusahaan.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

1 Comment
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
bayurstarcool
Admin
bayurstarcool(@bayurstarcool)
December 19, 2021 12:28 pm

Oke

wpdiscuz  
To Top