Connect with us

Simak, Platform Sosial Media Cocok Untuk Digital Marketing!

Digital Marketing

Simak, Platform Sosial Media Cocok Untuk Digital Marketing!

Simak, Platform Sosial Media Cocok Untuk Digital Marketing!

FACEBOOK

Facebook sempat mengalami masa sulit karena pernah dijadikan sebagai platform dengan para pengguna yang serng melakukan komentar buruk, mempengaruhi orang lain dari segi politik, ras, agama, adat. Facebook mengalami tekanan oleh banyak pihak, dan terletak di tengah protes desakan pengguna untuk membubarkan perusahaan sebab sikap anti-persaingan.

Hal ini disebabkan karena seusai memboikot berbagai jenis iklan, melakukan kritik pada platform streaming berbayar, dan dipaksa untuk menutup beberapa grup yang mengganggu ketertiban, namun hingga saat ini media sosial Facebook masih tetap berdiri kokoh hingga tahun 2021.

Di tahun ini facebook telah memulai untuk melakukan penawaran gebrakan baru. Yakni melalui fitur pembaharuan storefront, fitur ini diharapkan dapat memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan setiap produknya melalui sosial media.

Berikut, penjelasan dari beberapa fitur tambahan yang telah dimunculkan Facebook pada tahun 2021 :

  • Storefront Baru

Facebook telah meluncurkan fitur shops pada platform media sosial, selain itu Instagram juga yang menjadikan fitur ini sebagai pendorong kesuksesan finansial bagi Facebook. Shops diharapkan dapat mempermudah proses membangun suatu e-commerce pada sebuah platform digital marketing.

Fitur ini bukan hanya sekadar wadah untuk mempermudah koneksi antar penjual, ataupun pembeli dari platform. Tetapi  berfokus pada pangsa pasar pasar digital secara global dan besar misalkan saja di Indonesia dan India.

Kedua negara ini, merupakan pengguna Facebook terbesar dan menyebabkan platform yang pertumbuhannya sangat besar, dan dari sini ekonomi digital jadi semakin berkembang.

Apabila terus berkembang hal ini akan menjadikan Facebook sebuah destinasi utama ketika bertransaksi online, sehingga dapat memperbesar kesempatan bagi Facebook dan para pelaku usaha di seluruh dunia untuk meningkatkan potensi mereka.

TWITTER

Twitter merupakan salah satu platform yang jadi unggulan pertama mengenai penyebaran informasi terbaru. Seperti yang sering diketahui, platform ini menerapkan sistem hastag trending dimana para pengguna internet dapat menerima berita terbaru dikala mereka belum dapat terlelap di tengah malam ataupun tiap menit detik dari informasi seluruh belahan dunia.

Pada tahun ini Twitter mencoba melakukan gebrakan baru hal ini agar tidak dikenal sebagai platform yang pasif, berikut penjelasan fitur terbaru dari Twitter :

  • Fleets

Hampir memiliki kesamaan dengan kegunaaan stories pada platform sosial median lainnya, fitur ini ditujukan kepada para pelaku usaha sehingga mereka dapat memulai memasarkan produk atau usahanya dari stories ini. Fleets, merupakan fitur tambahan yang dapar menarik para pengguna, hal ini dikarenakan akan ada tambahan dari Twitter untuk menyisipkan beberapa tools hasil kerjasamanya dengan Chroma Labs sehingga tampilan yang dibuat akan jadi lebih baik dan menarik.

  • Topic Focus

Selain itu, twitter telah menambahkan fitur platform yang lebih memfokuskan pencarian dari beberapa topik secara signifikan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Diharapkan hal ini dapat mempermudah para pelaku usaha untuk menggunakan keyword, atau tag supaya produk  lebih mudah ditemukan dan dijual.

INSTAGRAM

Instagram merupakan platform kebanggaan milik Facebook setelah diluncurkan perdana pada tahun 2010. Platform yang telah terintegrasi dengan tools e-commerce ini dapat mempermudah pelaku usaha dalam proses pemasaran produk.

Beberapa fitur di Instagram yang dijadikan fokus bagi para pelaku usahanya diantaranya adalah in-stream shopping, dan reels.

  • In-stream shopping

Fitur dari  platform yang berfokus kepada e-commerce, Instagram menghadirkan tab baru yang dinamakan Shop. Fitur dapat membantu para pembeli agar lebih mudah untuk langsung membeli sebuah produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha dengan hanya memberikan respon kepada postingan gambar di Instagram.

Instagram telah dijadikan tempat oleh banyak orang menemukan banyak produk, dan merek. Layanan pada platform yang ditawarkan dapat membuka beberapa kemungkinan potensi baru dalam pengalaman berbelanja online.

  • Reels

Salah satu fitur terbaru platform Instagram adalah menciptakan fitur aplikasi yang memiliki kesamaan dengan TikTok.  Namun, Instagram akan tetap memberikan beberapa tambahan untuk memperkuat posisi Reels seperti melalui deal ekslusif bagi influencer, dan fitur-fitur tambahan baru.

 

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top