Connect with us

MENGENAL #HASTAG CARA JITU DALAM BISNIS DIGITAL MARKETING

digital marketing

Digital Marketing

MENGENAL #HASTAG CARA JITU DALAM BISNIS DIGITAL MARKETING

MENGENAL #HASTAG CARA JITU DALAM BISNIS DIGITAL MARKETING

Hashtag umumnya dapat kamu gunakan ketika mengupload postingan di media sosial, tidak hanya sekadar untuk hiasan. Faktanya, hashtag juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penawaran promosi bisnis kamu Sobat. Penasaran bagaimana prosedurnya?

Nah, pada pembahasan kita kali ini. Kami akan berbagi informasi secara luas mengenai Hastag. Dari pengertian sampai dengan manfaatnya. Yuk, mari disimak kutipan berikut!

Apa sih Hastag itu?

Hastag merupakan kata yang mengandung kuci pembahasan atau topik dalam sebuah postingan. Kata kunci tersebut ditulis tanpa menyisipkan spasi dan menggunakan tanda pagar (#) di awalan kata. Contoh #necuns #artikel #bisnis #digitalmarketing

Hashtag umumnya dipakai dalam mengelompokkan berbagai konten dari media sosial ke suatu topik konten secara spesifik. Fungsinya dapata mempermudah pengguna atau orang lain menemukan konten yang mereka butuhkan dan minati di media sosial. Saat ini, secara keseluruhan media sosial memanfaatkan dan memiliki hashtag. Beberapa media sosial diantaranya Facebook, Instagram, Twitter dan TikTok. Jenis hastag di media sosial dapat terbagi menjadi 3 bagian yakni :

  • Hashtag Industri: hashtag ini digunakan untuk analisis konten dengan spesifikasi tentang perusahaan atau industri. Contohnya #traveling #education  #fashion
  • Hashtag Brand: hashtag ini digunakan untuk analisis konten dengan spesifikasi nama brand produk, slogan bisnis, dan tempat bisnis. Contohnya #kfcindonesia, #bimbelnecorner, #mataharistore.
  • Hashtag Trending: hashtag ini biasa ditemukan pada keyword yang memiliki volume pencarian besar oleh pengguna social media. Umumnya berhubungan dengan fenomena atau moment tertentu. Contohnya, #Harisahabatinternasional

Prosedur Kerja Hashtag dari Media Sosial

 Berikut ini prosedur  kerja hashtag di media sosial:

1.Hashtag Instagram

Ketika kamu akan memposting foto produk ataupun konten marketing di media sosial Instagram, lalu kamu hashtag sesuai spesifikasi produk tersebut. Kemudian ketika  pengguna lain menekan hashtag tersebut, maka secara otomatis foto semua produk dengan hashtag tersebut akan muncul. Contohnya, KFC menggunakan hashtag #KFCIndonesia di konten Instagram miliknya.

2. Hashtag Twitter

Di media sosial twitter, pengguna akan saling berkumpul dari hastag yang sama dari berbagai konten yakni dalam beberapa kategori di tab, yaitu:

·         Top tweets, merupakan tweet dengan hashtag penggunaan terbanyak mendapat interaksi dalam kurun waktu tertentu. Umumnya dari artis, orang terkenal bahkan brand berpengaruh.

·         Latest, merupakan kumpulan beberapa tweet terbaru dari pengguna yang menggunakan suatu hashtag.

·         Photos, merupakan penggunaan hastag pada tweet foto.

·         Videos, merupakan penggunaan hastag pada tweet video.

3. Hashtag TikTok

Penggunaan hashtag pada media sosial TikTok bisa membantu kamu meningkatkan view, reach dan followers. Biasanya TikTok secara otomtis akan mengklasifikasi berbagai konten dari hasil upload video berdasar pada hashtag yang digunakan. Dengan demikian, viewers di TikTok akan lebih mudah mencari dan menemukan konten kamu.

Apa saja Manfaat Hashtag Bagi Bisnis?

Penggunaan hashtag di media sosial bisa mempermudah dapat memberi manfaat bagi bisnis kamu, diantaranya :

1.      Mempermudah Konten Marketing

Secara otomatis hashtag dapat mengelompokkan berbagai konten di media sosial berdasarkan dari topik tertentu. Sehingga dapat mempermudah orang lain menemukan konten produk milik kamu.

2.      Menambah Brand Awareness Dari Trending Topic

Kamu juga dapat menggunakan hashtag disesuaikan dengan trending topic atau topik yang sedang aktual. Hal ini bertujuan untuk  menambah banyak audiens non-followers yang menemukan konten tentang produk dan brand kamu.

3.      Meningkatkan Engagement Konten Marketing

Kamu dapat mendapat interaksi dari audiens yang bukan followers, apabila ingin berinteraksi di dalamnya. Yakni semisal melakukan like, comment, atau share konten.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top