Connect with us

Kosakata Bahasa Arab yang Sering Digunakan dalam Kehidupan Sehari – hari

Bahasa

Kosakata Bahasa Arab yang Sering Digunakan dalam Kehidupan Sehari – hari

Kosakata Bahasa Arab yang Sering Digunakan dalam Kehidupan Sehari – hari

Indonesia merupakan salah satu negara yang berpenduduk mayoritas beragama Islam atau biasa dikenal sebagai muslim dan muslimah. Jadi tidak heran apabila hampir dari sebagian besar masyarakat di Indonesia begitu tidak asing menggunakan bahasa Arab dalam berkomunikasi. Terkhusus lagi, jika di lingkungan Pondok Pesantren. Memang biasanya, para santriwan/ wati menggunakan bahasa Arab dalam berkomunikasi sehari-hari.

Beberapa istilah dalam bahasa Arab sering digunakan ketika melakukan percakapan sehari-hari. Meskipun tidak semua orang mengatakannya, tapi dalam penggunaannya bisa dikatakan bukan lagi menjadi hal tabuh.

Nah sobat dilansir dari idntimes.com, berikut beberapa istilah dalam bahasa Arab yang umumnya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak beberapa ulasan berikut :

1. Syukron

Kata syukron dalam bahasa Arab memiliki makna ‘terima kasih’, penggunaan bahasa arab ini biasanya dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Tentunya untuk memberikan ucapan apresiasi terhadap orang lain, karena sudah membantu dalam melakukan sesuatu.

2. Afwan

Kata Afwan dalam bahasa Arab memiliki makna untuk sebuah ungkapan rasa bersalah dan permohonan maaf. Umumnya seseorang akan mengatakan mengatakan Afwan apabila ingin meminta maaf kepada orang lain. Penggunaan kata ini sering digunakan sehingga memiliki sifat yang bermakna general dan bisa diucapkan untuk perempuan maupun laki-laki.

3. Jazakallahu khairan

Ketika kita mendapat kabar baik, kata yang tepat untuk digunakan adalah  Jazakallahu khairan atau Jazakumullahu Khairan yang maknanya ‘semoga Allah membalasmu dengan kebaikan’. Tetapi, ternyata terdapatbsedikit perbedaan terkait subjeknya.

Jazakallahu khairan dipakai untuk laki-laki, sedangkan Jazakillahu khairan digunakan untuk perempuan. Jangan sampai tertukar, ya sobat.

4. Insya Allah

Kata Insya Allah sering digunakan untuk menjanjikan suatu hal kepada orang lain. Kata Insya Allah memiliki arti ‘jika Allah menghendaki’.

Nah, sayangnya orang-orang sering mengucapkan kata ini ketika merasa ragu. Padahal sebenarnya istilah ini adalah bentuk kata dari kepastian untuk menepati janji yang sudah terucap.

5. Barakallah fikum’

Ketika seseorang terdekat sedang merayakan ulang tahun, ucapan yang diutarakan pasti tidak jauh dari Barakallah fikum’ atau Barakallah fii umrik. Yang artinya, ‘semoga Allah memberi berkah untuk usiamu’.

6. Sakinah mawaddah warahmah

Biasa disingkat ‘samawa’, kata ini dapat digunakan sebagai ucapan terhadap pengantin baru. Samawa sendiri merupakan kepanjangan dari sakinah mawaddah warahmah.

Tidak heran, karena kata ini memiliki makna yang begitu dalam dan indah, yakni ‘semoga menjadi keluarga yang tenang, tentram, damai, penuh cinta dan kasih sayang’.

7. Ahlan wa sahlan

Kata ahlan wa sahlan digunakan untuk menyambut kedatangan. Secara harafiah, ahlan berasal dari kata ahlun yang berarti keluarga dan sahlan berati mudah. Jadi, ahlan wa sahlan dapat diartikan bahwa ‘kami menerimamu sebagai bagian dari keluarga kami dengan mudah’.

8. Syafakillah atau syafakallah

Syafakillah atau syafakallah diucapkan ketika ada kerabat atau teman yang sedang sakit. Artinya, ‘semoga Allah menyembuhkanmu’. Syafakillah  penggunaan kata yang diucapkan untuk perempuan, sedangkan syafakallah penggunaan kata yang diucapkan untuk laki-laki.

9. Taqabbalallahu minna wa minkum

Taqabbalallahu minna wa minkum yang sering disampaikan ketika hari raya. Kalimat ini memiliki pengertian ‘semoga Allah menerima amalan-amalan yang telah aku dan kalian lakukan’.

10. Wallahu a’lam

Wallahu a’lam artinya ‘Allah-lah yang Maha Tahu’. Istilah ini umumnya digunakan ketika memberi informasi namun masih ragu tentang apa yang sedang disampaikan. Ibarat berjaga-jaga, kalimat ini cukup ampuh untuk menunjukkan bahwa pengetahuan manusia terbatas dan hanya Allah yang lebih mengetahui.

Nah sobat, uraian di atas merupakah beberapa istilah bahasa arab yang sering diucapkan di kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top