Connect with us

Pengertian VPS dan Apa Fungsinya? Kapan Kita Membutuhkannya?

Teknologi

Pengertian VPS dan Apa Fungsinya? Kapan Kita Membutuhkannya?

Bagi seorang pemula yang baru mengenal webiste mungkin akan lebih familiar dengan shared hosting sebagai penyedia sumber daya dan untuk mengelola websitenya, ada beberapa jenis hosting yang perlu diketahui oleh pemula, dan memilih apa yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhannya.

Pengertian VPS

Pengertian Virtual Private Server (VPS) adalah sebuah server fisik dan dibagi menjadi beberapa buah server lagi mengunakan teknologi virtualisasi. Nantinya setiap server virtual bisa diinstal Operating System (OS) dan software tambahan, hal ini membuat kamu bebas melakukan secara penuh untuk melakukan konfigurasi dan menggunakan sumber daya yang ada sesuai dengan kebutuhan.

VPS menjadi pilihan yang tepat, karena dari segi keamanan dan kestabilan server diatas layanan shared hosting yang penggunaanya akan dibagi untuk semua pengguna. Bila terjadi masalah pada satu pengguna, dampaknya mungkin saja akan terasa kepada semua pengguna shared hosting lainnya.

Cara Kerja VPS

Sebagai sebuah server, komputer dapat digunakan untuk menyimpan database dan file website yang dapat diakses melalui internet. Bila ada visitor yang mengakses website kamu, maka permintaan akan diteruskan oleh browser (klien) ke server, kemudian server akan menerima dan merespon permintaan yang dibutuhkan klien melalui internet.

VPS bersifat private sehingga kamu memiliki kendali penuh dan terpisah dengan server user lainnya di level OS.

Ketika menggunakan VPS hosting, website kamu akan mejadi tempat yang lebih aman dengan adanya jaminan resource (CPU core, disk space, memori dan lain sebagainya) yang tidak memaksa kita untuk berbagi bersama user lain. Selain itu, kamu juga memiliki akses root-level yang sama, seperti saat kamu menyewa dedicated server meski harganya lebih terjangkau.

Kelebihan VPS

  • Menggunakan VPS pastinya lebih handal dan cepat dibandingkan shared hosting
  • Memiliki akses superuser (root) ke server
  • Bila ada lonjakan traffic pada user lain tidak akan terganggu karena lebih stabil
  • Mudah di-scale, kamu bisa melakukan upgrade dan downgrade resource server seperti (CPU, bandwidth, RAM, disk space dan lainnya.

Dengan kelebihan vps ini, diharapkan mampu memaksimalkan kinerja website menjadi lebih baik dan mampu menampung lebih banyak pengunjung dan website menjadi banyak yang akses.

Kekurangan VPS

  • Menguasai Pengetahuan Teknis

Menggunakan VPS kamu harus mempelajari dan menguasai teknis pengorperasian server, dan memahami apa saja software yang perlu diinstal, bila ada kesalahan konfigurasi server akan berakibat fatal sampai menyebabkan masalah keamanan.

  • Harga

VPS umumnya mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting, bila kamu masih awam mengenai dunia website lebih baik menggunakan shared hosting terlebih dahulu, bila waktunya harus upgrade bisa mempelajari dulu tentang penguasaan teknis pengorperasian server.

Fungsi VPS

  • Meningkatkan Traffic Website

Bila website kamu memiliki traffic yang super tinggi, VPS menjadi solusi yang tepat agar meningkatkan performa website dan menjaga penggunjung tidak berpaling ke website lain.

  • Remote Desktop

Menggunakan VPS kita dapat lebih leluasa untuk mengakses dan mengontrol server secara remote, sehingga kamu memiliki kontrol penuh terhadap semua konfigurasi dimanapun tanpa adanya batas lokasi.

  • VPS sebagai VPN (Virtual Private Network)

VPS juga bisa digunakan sebagai VPN, bila kamu memerlukan jaringan private yang diperuntukan khusus untuk menyimpan dan mengakses (pertukaran) data-data penting dengan aman.

Penggunaan VPS

VPN umumnya digunakan untuk beban kerja yang kecil tetapi membutuhkan kinerja yang konsisten, sehingga dapat digunakan untuk :

  • Menampung 1 – 10 situs website
  • Hosting server web
  • Hosting email
  • Database
  • Dan berbagai macam penggunaan lainnya

Kapan VPS dibutuhkan?

  • Ketika Traffic Website Meningkat

Menggunakan VPS saat traffic mulai padat merupakan waktu yang tepat, ketika traffic mulai melonjak maka website membutuhkan lebih banyak sumber daya server seperti (RAM, CPU, Disk space, Bandwidth, dll)

  • Membutuhkan Sumber Daya Custom

Ketika kamu ingin meng-upgrade disk space agar bisa menyimpan file lebih banyak, ini bisa dilakukan langsung tanpa perlu menghubungi customer service yang biasa dilakukan di shared hosting.

  • Memerlukan Layanan Di Atas Shared Hosting

VPS memiliki harga berada di tengah-tengah antara shared hosting dan dedicated server, baik dari sisi harga maupun juga spesifikasi. Sebelum menggunakan dedicated server yang memiliki harga jauh lebih mahal dan mubazir bila tidak sepenuhnya di maksimalkan, memilih VPS merupakan pilihan terbaik.

Kesimpulan

VPS wajib hukumnya ketika website sudah mulai membutuhkan sumber daya yang lebih. Pastikan untuk memilih VPS terbaik agar mendapatkan support yang maksimal bila terjadi suatu masalah pada website.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Hanya Manusia biasa yang ingin bermanfaat

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top