Connect with us

BERWIRAUSAHA! KIAT, TAHAP, DAN PROSES MEMULAI USAHA

Bisnis

BERWIRAUSAHA! KIAT, TAHAP, DAN PROSES MEMULAI USAHA

Kewirausahaan atau dikenal dengan nama entrepreneurship dapat diartikan sebuah kegiatan atau proses untuk mengerjakan sesuatu usaha baru secara kreatif dan inovatif yang nantinya dapat bermanfaat sehingga memberikan nilai lebih.

Kewirausahaan sendiri berasal dari kata “wira” dan “usaha”. Secara definisi, “wira” menurut beberapa penafsiran berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Sedangkan “usaha” adalah aktivitas atau kegiatan, perbuatan amal, bekerja, dan berbuat sesuatu. Jadi, dapat ditafsitkan pengertian wirausaha adalah upaya sebagai seseorang berjuang dalam melakukan sesuatu.

Nah sobat, kali ini kita akan mempelajari tahap-tahap yang dapat dilakukan dalam kewirausahaan, yakni sebagai berikut :

  1. Tahap memulai wirausaha

Pada tahap ini, dapat dikatakan sebagai tahap awal. Sobat dapat mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan melihat beberapa peluang usaha baru. Memperhatikan peluang berdasarkan situasi dan kondisi, kemudian disesuaikan dengan usaha yang akan dilakukan seperti melakukan akuisisi, atau franchising serta memilih jenis usaha yang akan dilakukan

  1. Tahap berproses melaksanakan usaha atau tahap “jalan”

Ketika sudah menentukan peluang usaha dan memulai usaha yang tepat. Selanjutnya adalah tahap mengelola berbagai aspek terkait dengan usaha, seperti pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil resiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi.

  1. Mempertahankan usaha

Tahap selanjutnya setelah lambat laun usaha yang sobat jalani sudah semakin berkembang. Nah, sekarang saatnya sobat mulai menganalisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

  1. Mengembangkan usaha

Pada tahap ini, sobat dapat mulai menimbang hasil dari analisi usaha. Yakni pada tahap apabila hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan sobat dapat memperluas usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.

Nah, sobat iu tadi beberapa tahap yang harus diperhatikan ketika akan memulai usaha. Selain itu, terdapat beberapa model proses dalam kewirausahaan yang wajib diketahui, berikut ringkasan model proses berikut :

  • Proses Inovasi (innovation) : model proses pembaharuan dengan sebuah pembeda. Pada proses ini dengan adanya inovasi tinggi, maka akan mendorong keinginan seseorang untuk berwirausaha.
  • Proses Pemicu (trigger event) : model proses ini dapat meningkatkan semangat berwirausaha yang terdiri dari dua faktor pemicu kewirausahaan, yakni faktor personal dan faktor sosial.

Faktor personal adalah faktor yang berasal dari internal (diri sendiri) seperti adanya PHK, dorongan usia, ketidakpuasan dengan usaha yang dijalankan saat ini, tuntutan ekonomi.

Faktor sosial merupakan pengaruh dari lingkungan sekitar (eksternal), misalnya adanya hubungan atau relasi dari orang lain, dorongan orang tua untuk membuka suatu usaha, tuntutan pekerjaan.

  • Proses Pelaksanaan (Implementation) : Pada proses ini mencakup beberapa faktor personal yang mendorong pelaksanaan dari sebuah usaha.
  • Proses Pertumbuhan (Growth) : Pada proses pertumbuhan dipengaruhi oleh dua faktor pelaksanaan dalam melakukan wirausaha. Yakni faktor organisasi dan faktor environment (lingkungan). Faktor organisasi seperti dengan adanya tim yang kompak dalam menjalankan usaha, adanya strategi yag baik, adanya organisasi yang terstruktur, dan adanya produk yang dibanggakan. Sedangkan faktor lingkungan seperti dengan adanya unsur persaingan bisnis, adanya bantuan dari investor, dan adanya sumber-sumber yang dapat dimanfaatkan.

Adapula karakteristik dari seorang wirausahawan yang sukses yang perlu sobat perhatikan, yakni diantaranya :

  1. Seseorang yang memiliki passion for the business (semangat untuk bisnis)
  2. Seseorang yang product/ customer focus (focus kepada produk atau konsumen)
  3. Seseorang yang berjiwa tenacity despite failure (keuletan meskipun gagal)
  4. Seseorang yang mampu execution intelligence (eksekusi intelijen)

Nah sobat itu tadi beberapa informasi yang dapat sobat perhatikan. Semoga bermanfaat ya J Terima kasih.

Daftar Pustaka

Pricillia, D. (2021, 07 08). Kewirausahaan.  Binus University Bussines School. Retrieved 2019 04 01, from https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2019/04/kewirausahaan/

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top