Connect with us

PENULIS SUKSES! LAKUKAN TIPS DAN TRIK MENJADI PENULIS LEPAS (Freelance Writer)

Tips

PENULIS SUKSES! LAKUKAN TIPS DAN TRIK MENJADI PENULIS LEPAS (Freelance Writer)

PENULIS SUKSES! LAKUKAN TIPS DAN TRIK MENJADI PENULIS LEPAS (Freelance Writer)

Penulis lepas (freelance writer) merupakan salah satu jenis pekerjaan yang sangat diminati bahkan banyak diincar orang. Seorang freelance writer dapat melakukan pekerjaan secara bebas tanpa terikat oleh jam kantor. Jadi, seorang penulis lepas dapat  penghasilan dari rumah, tulisan dapat dikirimkan secara online. Selain mampu memiliki keterampilan menulis yang baik, pekerjaan online ini juga harus punya kemampuan dibidang lain sebagai bahan tulisan.

Jadi, jika kamu menjadi penulis lepas (freelace writer) kamu gak perlu cape-cape datang ke kantor, selain itu waktu yang dapat untuk melakukan pekerjaanmu jadi lebih fleksibel lo Sobat. Hem, ngebayanginnya aja udah bikin bahagia ya? Eits, tapi tunggu dulu Sobat. Jadi penulis lepas (freelance writer) itu nggak mudah juga lho. Bukan hal yang dapat kamu lakukan untuk menjadi penulis lepas.

Selain dituntun untuk memiliki keterampilan menulis yang baik dan kreatif, sebagai seorang penulis lepas (freelance writer) kamu juga wajib memiliki kemampua lain loh. Kemampuan lain itu diantaranya kamu juga harus memiliki teknik pemasaran jasa milikmu, teknik manajemen waktu hal ini bertujuan agar pekerjaan yang kamu lakukan dapat berjalan sesuai deadline yang diberikan. Nah untuk lebih detail lagi, yuk simak ulasan tips dan trik berikut agar menjadi penulis lepas yang profesional dan sukses!

  1. Menonjolkan Diri dengan Memperhatikan Kualitas Tulisan

Apabila ingin mendapatkan pekerjaan dari klien? Kamu harus terlihat dan menonjol dari orang lain. Orang awan tidak akan memahami kemampuan dan keahlian menulis kamu jika kamu sendiri tidak mengeksplor kemampuan tersebut. Nah untuk itu, kamu wajib membuat portofolio tulisan secara rapi. Tidak perlu dipersulit, kamu dapat memulai dengan membuat draft tulisan di blog atau di akun media sosial milikmu.

Dan apabila kamu ingin fokus menulis di media cetak, selalu kirim tulisan milikmu sebanyak-banyaknya. Karena biasanya diperlukan waktu berbulan-bulan untuk menunggu tulisan dimuat di media cetak.

  1. Manfaatkan Jejaring Komunikasi Media Sosial

Sebagai seorang freelancer, kamu tidak akan mendapat gaji atau upah apabila kamu tidak mendapat proyek pekerjaan secara mandiri. Nah, untuk itu kamu harus selalu bergerak aktif untuk menemukan dan mencari klien yang berpotensial. Kamu dapat memanfaatkan jejaring media sosial milikmu. Dan yang pasti kamu harus menemukan target pasar milikmu. Akun media sosial kamu juga harus diciptakan serapi dan profesional. Hal ini agar orang lain percaya dengan kredibilitas dan profesionalisme kamu.

  1. Fokuskan Tulisan Pada Bidang Tertentu

Apabila ingin digaji dengan tarif yang tinggi, cobalah menentukan spesifikasi tulisan kamu. Fokuskan tulisan milikmu pada bidang tertentu. Semisalna saja, kamu dapat fokus menulis tentang kehidupan atau politik. Secara tidak langsung, melakukan ini kamu dapat fokus pada bidang tulisan, dan akan terlihat lebih meyakinkan untuk diandalkan dibandingkan apabila kamu penulis dengan ragam topik luas.

  1. Temukan Rekan Sesama Pekerja Penulis Lepas Lain

Kenapa saya harus menemukan sesama pekerja penulis lepas lain? Hal ini tujuan untuk meningkatkan motivasi dalam bekerja. Dan apabila kamu menemukan kesulitan kerja, kamu dapat saling bertukar pikiran untuk berdiskusi atau sekadar mengobrol mengenai pekerjaan mu itu. Banyak berteman maka peluang pekerjaan kamu juga dapat semakin luas.

Jadi seorang pekerja lepas memang kadang susah kadang mudah. Nah, untuk hal positifnya kita dapat manjadi bos untuk diri sendiri, loh. Namun negatifnya, jika kamu tidak aktif dan mengasah diri dapat berdampak pada kemampuan dan pekerjaan kita loh. Jadi harus konsisten dan seimbang ya Sobat. Semoga bermanfaat.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top