Connect with us

+5 Manfaat Menanam Tanaman Hias Di Rumah Untuk Kesehatan Tubuh Manusia!

Living

+5 Manfaat Menanam Tanaman Hias Di Rumah Untuk Kesehatan Tubuh Manusia!

Trend tanaman hias saat ini sedang digemari dikalangan ibu-ibu. Ternyata tanaman hias bukan hanya indah ketika dipandang, tetapi juga memiliki beberapa manfaat, mulai dari manfaat bagi kesehatan, lingkungan dan sampai ke pekerjaan. Dengan meletakkan tanaman hias di meja belajar atau ruang kerja dapat membuat kreativitas dan konsentrasi kita meningkat.

Lalu apa sih tujuan dan manfaat tanaman hias ?

Untuk macam macam tanaman hias dan beserta manfaatnya wajib diketahui apalagi oleh kalian yang sudah mempunyai hobi menanam tanaman hias. Tanaman hias yang cantik seperti anggrek atau tanaman yang lainnya mampu menurunkan stres dan meningkatkan mood kalian. Selain itu, menurut penelitian NASA, menanam dan meletakkan tanaman hias di dalam rumah mampu mengusir 87% racun udara dalam sehari atau 24 jam.

Lalu manfaat menanam tanaman hias juga dapat membantu ekonomi khususnya untuk kalian yang jeli menangkap peluang. Seperti penggemar janda bolong atau monstera adansonii yang sekarang lagi banyak diminati dalam beberapa bulan ini dan harganya pun menembus jutaan rupiah. Bukan tidak akan mungkin bila penjual tanaman hias yang mula mula merupakan orang yang suka berkebun dan gemar menanam tanaman hias.

Supaya semakin gemar menanam tanaman hias, berikut beberapa manfaat dari menanam tanaman hias bagi kesehatan kita yaitu :

  1. Meningkatkan oksigen di dalam ruangan

Apa saja fungsi dari menanam tanaman hias didalam ruangan? Salah satunya adalah dapat meningkatkan oksigen di dalam ruangan kita. Tumbuhan akan menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen ke lingkungan selama tumbuhan berfotosintesis, berbeda dengan mekanisme bernapas pada manusia.

Hanya saja ketika fotosintesis terhenti ketika dimalam hari,  kebanyakan  tumbuhan akan berbalik menyerap kembali oksigen serta melepaskan karbondioksida, kecuali jika beberapa tanaman hias ini yaitu anggrek, sukulen,dan bromelia epifit. Jadi bisa kalian gunakan tanaman hias ini yang banyak manfaatnya diletakkan di kamar tidur guna menjaga oksigen tetap ada saat di malam hari.

  1. Mencegah Segala Penyakit dan Kelembapan pada udara

Manfaat dari tanaman hias yang kedua adalah mampu mencegah penyakit dan menjaga dari kelembapan udara, Menurut penelitian menaruh tanaman didalam ruangan akan mengurangi resiko kulit mengering, terkena pilek atau sakit pada tenggorokan ataupun batuk kering. Penelitian lainnya menyebutkan bahwa kelembapan absolut yang lebih tinggi bisa menurunkan viabilitas dan menghindari penyebaran virus flu serta menjaga imunitas tubuh kita.  Contoh tanaman hias yang mempunyai fungsi ini yaitu boston fern atau pakis boston cemara dan tanaman hias laba laba yang secara alami bisa menambah kelembapan.

  1. Mengusir polutan atau partikel beracun yang berasal dari udara

Udara yang terdapat didalam ruangan belum tentu bebas dari polutan dan pastinya bisa meningkatkan resiko penyakit. Bisa disebut penyakit paru paru kronis, infeksi pernapasan pada anak anak, penyakit jantung iskemik, stroke, dan kanker paru paru.

Ternyata yang belom banyak diketahui tanaman berperan penting dalam meningkatkan kualitas udara ruangan karena daun dan akar dapat menghilangkan uang beracun yang kadar rendah dari dalam gedung yang biasanya tertutup rapat. Jenis dan manfaat tanaman hias sendiri mempunyai fungsi sebut saja peace lily, sirih gading, lidah mertua, dan masih banyak lagi. Tanaman tanaman hias diatas mampu menyerap semua zat berbahaya seperti benzena, formaldehida, dan karbon monoksida sehingga dapat menjadi pilihan tepat untuk ruangan kalian.

  1. Menjadi tanaman obat

Pada saat pandemi ini membuat semua orang mempunyai hobi baru seperti menanam tanaman hias. Dari faktor itu membuat tanaman hias laris dan digemari banyak orang terutama ibu ibu, sebut saja monstera, gelombang cinta, dan anggrek. Belom banyak diketahui banyak tanaman hias yang mempunyai manfaat sebagai obat, tidak hanya indah saat dipandang. Misalnya lidah buaya yang sudah banyak terkenal sejak lama sebagai tanaman yang memiliki berjuta manfaat. Gel lidah buaya sangat bagus untuk rambut dan kulit kalian serta banyak digunakan dalam perawatan kecantikan. Untuk kalian wajib sekali menanam lidah buaya yang memiliki berjuta manfaat ini.

  1. Dapat membantu mengobati alergi dan asma

Menurut penelitian oleh University of Agriculture di Norwegia, tanaman hias dapat meringankan alergi. Penelitian ini menunjukkan bahwa tanaman indoor dapat mengurangi batuk,sakit tenggorokan dan 30% dari gejala asma. Pada salah satu tanaman hias yang sangat bermanfaat yaitu dracaena marginata colorama atau bisa disebut pohon naga berwarna mudah hidup dan tumbuh, selain itu pemeliharaan tanaman ini juga lebih mudah untuk dilakukan.

 

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top