Connect with us

PENTINGNYA BAHASA INDONESIA, PERINGATI 76th INDONESIA MERDEKA!

Bahasa

PENTINGNYA BAHASA INDONESIA, PERINGATI 76th INDONESIA MERDEKA!

PENTINGNYA BAHASA INDONESIA, PERINGATI 76th INDONESIA MERDEKA!

Bahasa Kemerdekaan Negara Indonesia Ya Bahasa Indonesia.

Negara berkembang di Asia Tenggara dengan kekayaan melimpah dan penduduk ramah yang tersebar di puluhan pulau adalah Negara Indonesai.

Indonesia, negara kepulauan dan negara agraria dengan pola kehidupan yang beraneka ragam. Dilihat dari sisi luasnya wilayah Indonesia, tentunya banyak keanekaragaman di dalamnya. Keanekaragam tersebut diantaranya keanekaragaman suku, kepercayaan, agama, ras dan budaya.

Dari banyaknya kenaekaragaman tersebut tidaklah membuat Indonesia menjadi pecah, namun sebaliknya bangsa Indonesia memiliki komponen utama dalam mempersatukan bangsa dan negara. Komponen utama tersebut ialah Bahasa. Salah satu alat pemersatu bangsa Indonesia ialah Bahasa. Meskipun pada dasarnya negara Indonesia memiliki keanekaragaman bahasa daerah di masing-masing wilayahnya. Namun, tetap saja kita membutuhkan bahasa pemersatu yang merupakan bahasa nasional bangsa yaitu Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia, merupakan bahasa pemersatu bangsa Indonesia dari banyak keanekaragaman suku,kepercayaan, agama, ras dan budaya. Bahasa Indonesia merupakan tubuh dan satu kesatuan yang tak terpisahkan dari tanah air dan bangsa Indonesia. Hal ini tertuang dalam Sumpah Pemuda yang mencerminkan semangat dan sumpah para pemuda Indonesia untuk mencapai tujuan merdeka berbangsa dan bernegara.  Perumusan ini, dilakukan oleh Kongres Sumpah Pemuda  pada tanggal 28 Oktober 1928 dan hingga saat ini pada tanggal itu diperingatilah Hari Sumpah Pemuda.

 

Ikhrar Sumpah Pemuda sebelum perubahan Alinea ketiga,

“Kami poetra dan poetri Indonsia mengakoe bertoempah darah yang satoe,tanah Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa satoe, bangsa Indonesia.

Kami poetra poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Melayoe.”

 

Dari kutipan diatas khususnya pada Alinea Ketiga merupakan ujung tombak dari munculnya bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu pada kala itu, kemudian salah satu pemuda pada masa itu memberi usulan bahwa perlu adanya perubahan dalam Alinea Ketiga yaitu perubahan dalam bahasa Melayoe menjadi bahasa Indonesia. Disinilah kemudian bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional bangsa Indonesia. Disamping mempertimbangkan beberapa dasar filosofinya, bahasa Indonesia dijadikan acuan dalam berbahasa dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Bahasa Indonesia memiliki aspek penting dalam pelaksanaannya, beberapa aspek diantaranya berupa kebermanfaatanya, fungsi sintaksisnya, dst. Beberapa aspek tersebut disesuikan lagi dengan kebutuhan bangsa Indonesia.

Dengan mengikuti perkembangan pada era globalisai ini, penerapan berbahasa Indonesia dirasa juga ikut berkembang pesat. Banyak muncul bahasa-bahasa baru yang kemudian dipatenkan menjadi bahasa Indonesia. Ejaan-ejaan lama pun mulai bereproduksi menjadi bahasa baru. Kata serapan dari bahasa asing pun tidak ditolak untuk menambah kekayaan kosa kata dalam bahasa Indonesia.

Tentunya, Era ini memiliki pengaruh besar dalam perkembangan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa. Dampaknya dapat dilihat dari hal positif maupun negatif. Mulai lunturnya kaidah berbahasa yang tidak sesuai menjadi salah satu cirinya.

Lantas bagaimana solusi kita untuk mengantisipasi hal tersebut? Apakah dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar dapat memberi keuntungan untuk kita?

Perihal solusi yang diperlukan untuk antisipasi, sebenarnya kembali lagi pada tujuan dibentukkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional atau bahasa pemersatu. Hal tersebut dapat diketahui bahwa sebuah bangsa memiliki tujuan yang harus dilakukan. Oleh karena itu, sebagai bangsa Indonesia kita perlu menjaga keaslian dn keunikan bahasa Indonesia dengan cara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar selain itu juga dapat dilakukan dengan memberikan sosialisasi sejak dini tentang penggunaan bahasa Indonesia kepada generasi penerus bangsa.

Tentunya, berbagai upaya dilakukan untuk melestarikan bahasa Indonesia sebagai warisan leluhur bangsa. Selain dalam penerapan, berkarya juga termasuk salah satu dari upaya yang telah dilakukan. Berkarya melalui bahasa dan sastra murni asli bangsa Indonesia.

Berbahasa Indonesia yng baik dan benar dalam penerapannya dirasa cukup bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, terkhusus lagi dalam melakukan interaksi sosial. Bahasa Indonesia dijadikan point penting dalam berkomunikasi. Karena pada umumnya dalam berinteraksi sosial, pelaksanaanya dilakukan oleh setiap orang dengan latar beakang yang bebeda-beda. Disinilah peran Bahasa Indonesia sangat dipentingkan dan bermanfaat. Indonesia Tangguh! Indonesia Tumbuh!

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top