Nah, sobat setelah kalian menghitung kesehatan mental kalian di kalkulator kesehatan mental. Tentunya kalian wajib mengetahui solusi untuk mengatasinya bukan?

Stres adalah reaksi dari fisik dan mental seseorang terhadap pengalaman baik ataupun buruk yang sedang dialaminya. Ketika mengalami stres, seseorang akan merespon tubuhnya dengan pola yang berbeda. Gejala reaksi tubuh yang akan dialami yakni ada sejumlah hormon yang dilepaskan, seperti detak jantung lebih kencang, dan laju pernapasan tak beraturan. 

Kondisi ini umum terjadi pada semua orang. Dalam kondisi normal, stres dapat memberikan dampak yang positif, misalnya membantu Anda untuk bekerja lebih cepat ketika harus menyelesaikan pekerjaan sebelum deadlineStres juga pastinya akan berdampak negatif bila hal itu sering terjadi, berkepanjangan hingga dibiarkan tanpa penanganan. 

Dampak Stres terhadap Kesehatan

Stres yang berlarut-larut bisa memicu banyak penyakit lho. Ketika terjadi stres, tubuh akan melepaskan hormonadrenalin dan kortisol yang membuat beben kerja jantung menjadi lebih cepat dam menjadikan Anda lebih mudah lelah.

Selain itu, dapat membuat daya tahan tubuh mengalami penurunan. Tubuh akan kewalahan dalam melawan virus atau bakteri dan sehingga tubuh lebih mudah terkena penyakit. Ada beberapa gejala penyakit yang dialami saat stres, antara lain:

  • Gangguan pencernaan, seperti gastriris, iritasi usus besar, dan GERD 
  • Masalah pada rambut dan kulit, seperti rambut rontok, eksim, psoriasis,  dan jerawat
  • Disfungsi seksual, seperti impotensiejakulasi dini dan hilangnya hasrat seksual
  • Serangan jantungstroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung
  • Gangguan mental, seperti depresikecemasan, dan kepribadian
  • Obesitas dan gangguan makan lainnya
  • Gangguan menstruasi
  • Sakit kepala
  • Gangguan tidur

Agar stres tidak semakin berat atau menimbulkan banyak masalah kesehatan, penting bagi setiap orang untuk bisamengendalikan stres dengan baik.

Seperti yang dilansir oleh Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, terdapat beberapa solusi untuk mengatasi stres dan mencapai jiwa yang sehat yaitu :

  1. Bicarakan keluhan kepada seseorang yang dapat dipercaya.

    Memendam perasaan bisa memicu Anda stres. Lebih baik lepaskan beban yang ada dipikiran dengan menceritakan yang ada dipikiran kepada orang yang dipercaya atau psikolog. Yakinlah, setelah menceritakan keluh kesah perasaan Anda pasti jauh lebih baik dari sebelumnya.
  2. Kembangkan hobi yang bermanfaat

    Mengembangkan hobi dapat mengalihkan beban pikiran Anda dari hal yang dapat menyebabkan stres. Dengan begitu, Anda akan lebih tenang dan mendapatkan dampak positif dari hobi yang Anda kembangkan.
  3. Melakukan kegiatan sesuai minat dan kemampuan

    Melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti berkebun, memasak atau sekadar bernyanyi, bisa membuat tubuh menghasilkan hormon bahagia, yaitu dopamin. Dengan begitu, tubuh dan pikiran Anda bisa lebih tenang. 
  4. Meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan

    Meningkatkan ibadah seperti sholat sunnah (bila anda seorang muslim) dan mendekatkan diri pada Tuhan menjadi point utama dalam mengatasi terjadinya stres. Luapan emosi dalam mencari ketenangan jiwa perlu dilakukan dengan cara meningkatkan ibadah.
  5. Berpikir positif

    Lakukan semua hal dengan menekankan pola berfikir positif sehingga membuat pengaruh yang baik terhadap diri sendiri, orang lain dan keadaan yang di alami. Upaya ini perlu dilakukan agar Anda tidak memiliki pola berfikir buruk yang akan menimbulkan stres.
  6. Tenangkan pikiran dengan relaksasi

    Meditasi menjadi salah satu pilihan relaksasi yang dapat Anda lakukan. Meditasi atau yoga selama 10–15 menit dan dilakukan sebanyak 3-5 kali dalam seminggu bisa juga menenangkan pikiran Anda. Melakukan meditasi dapat menurunkan hormon stres, yaitu kortisol, sehingga membuat Anda bisa lebih tenang .
  7. Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur.

    Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, dengan berolahraga juga bisa meredakan stres lho. Otot tubuh akan lebih rileks dan pikiran Anda pun menjadi tenang dengan begitu Anda bisa memperbaiki suasana hati yang sedang kacau. Cukup lakukan olahraga sederhana, seperti bersepeda atau jalan santai dipagi hari.
  8. Makan makanan bergizi seimbang dan tidur yang cukup.

    Selalu terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bernutrisi dan tidur yang cukup. Hindari merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, dan tidak menggunakan obat-obatan terlarang.

Selalu terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bernutrisi dan tidur yang cukup. Hindari merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, dan tidak menggunakan obat-obatan terlarang.

Jangan biarkan stres berlarut-larut hingga bertambah parah yang menyebabkan gangguan kesehatan. Silahkan berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater bila berbagai cara mengatasi stress diatas belum bisa membawa anda keluar dari stress.


Necun Suliandari
Necun Suliandari Mari belajar untuk berproses dan berkembang!