Gangguan kecemasan atau anxiety merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kecemasan berlebih dan menganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa gejala yang dialami pengidap gangguan kecemasan begitu beragam. Hal ini menyebabkan terpengaruhnya kondisi kesehatan pengidapnya, baik fisik maupun psikis. 

Berikut ciri-ciri pengidap gangguan kecemasan ditinjau dari gejala-gejalanya :

  • Selalu merasa tegang dalam melakukan segala sesuatu
  • Selalu merasa cemas, memikirkan hal sepele
  • Mudah marah
  • Resah dan gelisah
  • Pikiran selalu was-was, mudah takut
  • Merasa kurang fokus 
  • Apabila mulai tertekan akan merasa mual, sakit perut bahkan sakit kepala.
  • Detak jantung berdetak secara berlebihan
  • Badan gemetar, atau sebatas tremor.
  • Keringat berlebih diikuti tubuh terasa tegang
  • Mudah kaget dan napas lebih pendek 

 

Kita sering mendengar pepatah Lebih baik Mencegah daripada Mengobati bukan? Nah sebagai bentuk pencegahan dari Gangguan Kecemasan, sobat dapat melakukan aktivitas berikut :

  1. Berolahraga dengan teratur
  2. Konsumsi makanan yang sehat dan gizi seimbang. Kurangi makanan atau minuman yang mengandung kafein, yakni cokelat, teh dan kopi
  3. Ikuti latihan sebagai bentuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, membuat rencana kegiatan, dan membuat jurnal harian.
  4. Menjauhi alkohol, obat-obatan terlarang, dan rokok.

Sobat kecemasan bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja, oleh karena ini ketika ganguan kecemasan ini datang menghampiri kalian. Kalian dapat melakukan teknik ini yaitu Butterfly Hug. Butterfly Hug merupakan salah satu teknik yang dapat Sobat gunakan untuk meredakan kecemasanmu. Di lansir dari Biropsikologidinamis, Butterfly Hug dapat kalian lakukan melalui 5 tahap, lakukan ini saat rasa cemas muncul :

  1. Silangkan kedua telapak tanganmu ke pundak
  2. Lalu pejamkan mata dan fokuskan pada pikiranmu
  3. Tarik napas dalam-dalam kemudian hembuskan dengan tenang, lepaskan semua rasa cemasmu dan katakan bahwa semua akan membaik, semua akan baik-baik saja, kamu bisa, terima kasih sudah mau berjuang
  4. Tepuk kedua telapak tanganmu secara perlahan seperti kepakan sayap kupu-kupu, sembari tetap mengatur napasmu 
  5.  Lakukan dan ulangi gerakan ini sampai kamu merasa rileks dan tenang. 

Teknik Butterfly Hug bukan hanya digunakan untuk mengatasi emosi dan meredakan cemas, namun metode ini disebut juga dapat membuat jantung terasa lebih lapang dan fokus. Butterfly hug juga dapat membantu menyeimbangkan otak kiri dan kanan, sehingga emosi yang dialami bisa lebih dikontrol dan menghindari gejala kesehatan mental lainnya.

 Sobat, ganguan kecemasan ini tidak hanya muncul ketika kalian melakukan aktivitas saja. Melainkan, juga dapat hadir di waktu istirahat dan menganggu jam tidur kalian. Hal ini dapat menyebabkan timbul masalah baru yaitu insomnia. Insomnia merupakan dampak dari adanya rasa cemas atau axiety. Sehingga dapat menganggu kualitas tidur kalian, seolah-olah ada hal yang mengganjal di bawah tempat tidur kalian menjadi kurang nyaman dalam terlelap. Nah Sobat, untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara Self Love sebelum tidur. Tuangkan pikiran positif kepada diri sendiri, dan mulai cintai diri sendiri dengan cara :

  1. Mensyukuri tentang apa yang ada di dirimu, tentang apa yang sudah kamu punya, apa yang sudah kamu dapat, dan apa yang sudah kamu capai.
  2. Memaafkan dan melepaskan segala kesalahan yang pernah kamu lakukan di masa lalu.
  3. Memfokuskan pikiran pada diri sendiri, tidak perlu membandingkan dengan orang lain. Ingat semua ada masa dan porsinya. 
  4. Jadilah versi terbaik untuk dirimu di esok hari, be the best version of yourself.
  5. Berterima kasihlah kepada diri sendiri
  6. Dan ucapkan positif self talk sebelum tidur.

Tetap semangat Sobat, semoga bermanfaat. 


Necun Suliandari
Necun Suliandari Mari belajar untuk berproses dan berkembang!