Connect with us

Kamu Fresh Graduate? Lakukan ini untuk Perencanaan Karirmu!

Pendidikan

Kamu Fresh Graduate? Lakukan ini untuk Perencanaan Karirmu!

Sobat, sebagian besar dari kalian tentunya bingung bukan? Apa yang harus saya lakukan ketika menjadi sorang fresh graduate untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok dan sesuai? Proses mencari pekerjaan tidak hanya dilakukan sekadar mengirim CV dan resume namun harus ada perencanaan dan strategi yang baik supaya kamu dapat bekerja sesuai minat.

Beberapa orang dari lingkunganmu mungkin dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Namun, dampaknya mereka terkadang menjadi sering mengeluh atas pekerjaan mereka hal ini karena alasan tidak cocok, baik dari segi kemampuan ataupun dengan passion mereka. Nah untuk itu pada pembahasan kali ini, kita akan berbagi tips agar sobat dapat menyusun perencanaan karir setelah lulus (fresh graduate). Yuk simak beberapa tips berikut !

  1. Bayangkan dan rencanakan hidupmu 7 hingga 10 tahun ke depan

Sebagian besar orang dengan mudah cepat merasa puas apabila mendapatkan pekerjaan di awal karir mereka. Namun, jika kamu memiliki bayangan ke depan mengenai bagaimana karir dan rencanamu tentu kamu akan merasa hal tersebut merupakan titik awal dari sebuah perencanaan. Sebagai seorang lulusan baru (fresh graduates) kamu wajib membayangkan pekerjaan yang akan dilakukan di masa depan. Dengan membayangkan tujuan hidupmu di masa depan, kamu dapat mempersiapkan dari sekarang tentang strategi atau langkah yang dapat kamu persiapkan. Misalnya saja ketika kamu ingin menjadi brand manager untuk sebuah produk perusahaan ternama. Yang dapat kamu lakukan, adalah mempersiapkan keterampilan kamu di berbagai bidang seperti penjualan, branding, penetapan harga, riset pasar, desain produk, dan analisis keuangan. Dari membayangkan pekerjaan atau posisi tersebut, kamu di masa depan dapat mencari dan menentukan keterampilan yang tepat dan sesuai kebutuhan.

  1. Lakukan riset dari pekerjaan impian kamu

Riset penting untuk kamu lakukan. Pada berbagai kesempatan carilah informasi dari  tiap orang yang telah melakukan pekerjaan masa depanmu. Kamu dapat melakukan riset melalui platform media sosial seperti LinkedIn ataupun kursus online. Jangan ragu untuk meminta saran ataupun nasihat. Dengan mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentunya dapat membantu kamu untuk merencanakan karir kamu secara matang.

Temukan jawaban dari pertanyaan kunci berikut:

  • Apa yang Anda lakukan di sepanjang jalur karir/pekerjaan Bapak/Ibu?
  • Apakah ada peran atau keterampilan khusus yang harus ditonjolkan dalam berkarir?
  • Pelatihan dan sertifikasi apa yang dibutuhkan dalam melaksanakan pekerjaan ini?
  1. Petakan jalan untuk menuju pekerjaan masa depanmu

Nah, sobat ketika kamu akan memasukan CV atau lamaran pekerjaan, sebelumnya kamu wajib mengetahui tentang proses hingga jenjang karir di perusahaan tersebut. Kamu dapat mencoba untuk mengidentifikasi dan memeriksa hirarki yang ada pada perusahan tujuanmu, apakah memberi keuntungan ataukah sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk memberi gambaran perhitungan secara matang mengenai pekerjaan yang diinginkan.

  1. Tentukan Visi sesuai kebutuhan

Sobat terkadang segala sesuatu yang telah rencanakan tidak semua dapat berjalan sesuai rencana. Nah untuk itu, perlu disadari bahwa visi dan tujuan yang selama ini menjadi pegangan dapat berubah seiring berjalannya waktu dan kondisi. Nah disini penting untuk mempersiapkan perencanaan lain. Hal ini dikarenakan mungkin nantinya pekerjaan yang kamu jalani akan membawa dalam sebuah titik dimana kamu harus merelakan dan penyesuaikan bahkan dapat mengubah visi awal kamu bertujuan untuk dapat mencapai karir kamu.

  1. Bagikan visi dengan orang terpercaya

Sharing visi kamu, jangan memendam visi kamu sendirian, cobalah menyampaikan visimu dengan teman atau orang lebih ahli dibidang tersebut. Namun perlu diingat hindari menyampaikan visi kepada keluarga terutama orang tua.
Terlepas dari niat dan solusi terbaik mereka, keluarga merupakan konselor karir yang buruk. Hal ini karena nasihat mereka berasal dari emosi, bukan logika, yang berarti sepenuhnya bias. Kemudian coba untuk membicarakan dengan teman. Mereka dapat sering melihat keterampilan dan kemampuan dalam dirimu, bahkan kamupun tidak sadar akan hal tersebut. Hal ini memungkinkan untuk  dapat membantu  pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan dan bidang peluang perencanaan karirmu. Dan juga masukan dari mereka dapat membantu mengembangkan visi misi dikemudian hari.

Nah, sobat mungkin ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebagai seorang fresh graduate. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top