Connect with us

Simak Tips Mudah dapat Pekerjaan tanpa ‘Orang Dalam’ !

Tips

Simak Tips Mudah dapat Pekerjaan tanpa ‘Orang Dalam’ !

Setiap orang ketika membicarakan mengenai pekerjaan yang ia lakukan tentu salah satu aspek keberhasilannya melalui hasil dari membangun relasi (networking). Yap tepat, dalam bahasa awam dikenal dengan sebutan orang dalam atau relasi. Dalam dunia kerja, membangun relasi merupakan hal penting, lantas bagaimana apabila kita ingin mencari pekerjaan namun tidak memiliki networkingNah, untuk itu kamu dapat melakukan beberapa tips berikut :

1. Perbarui CV dan LinkedIn kamu

Sobat, penting bagi kita untuk tetap meng-update CV dari berbagai kegiatan dan aktivitas terbarumu. CV dapat  kamu buat menjadi semenarik mungkin dengan informasi padat dan jelas. Selain itu, setelah memperbarui CV manfaatkanlah LinkedIn kamu secara aktif dan efektif. Kamu dapat memanfaatkan akun LinkendIn dengan mencari teman atau orang yang bekerja sesuai dengan bidang pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu. Dan juga, dari akun LinkedIn kamu dapat mengikuti dan menerima informasi tentang perusahaan yang jadi target utama tempat pekerjaanmu.

2. Kembangkan skill dari pelatihan atau kursus online

Manfaatkan waktumu dengan sebaik mungkin. Ketika kamu dalam tahap menunggu atau sedang mencari lowongan pekerjaan cobalah manfaatkan waktumu dengan mengikuti kelas atau kursus online. Disini kamu akan dapat meningkatkan skill dan kepercayaan diri.

Saat ini begitu banyak kelas online yang dapat jadi pilihanmu. Selain bbertujuan menambah skill, disini kamu akan mendapatk sertifikat tertentu sebagai bentuk upaya meng-update CV dan LinkedIn kamu.

3. Riset, riset, dan riset

Riset penting untuk kamu lakukan. Pada berbagai kesempatan carilah informasi dari  tiap orang yang telah melakukan pekerjaan masa depanmu. Kamu dapat melakukan riset melalui platform media sosial seperti LinkedIn ataupun kursus online. Jangan ragu untuk meminta saran ataupun nasihat. Dengan mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentunya dapat membantu kamu untuk merencanakan karir kamu secara matang. Disini kamu wajib untuk mencari tahu mengenai perusahaan yang menjadi target utamamu. Hal ini dapat memungkinkan mendapatkan informasi lebih awal dari yang lain, misalnya lowongan pekerjaan.

4. Mencoba kerja magang

Selain mengikuti pelatihan atau kursus online. Salah satu kegiatan yang bermanfaat mengisi waktu luangmu adalah dengan mencoba kerja magang jika pekerjaan yang relate. Kegiatan ini akan menambah networking dan pengalaman kerjamu. Dengan magang secara tidak langsung dapat meningkatkan skill selain itu magang juga dapat membuat perusahaan atau manager terpukau dari hasil kerjamu apabila dilakukan secara maksimal.

5.      Tetap buat dan kirim lamaran kerja kamu

Apabila kamu tidak bisa membuat koneksi/relasi baru, maka jangan biarkan hal itu memudarkan semangatmu untuk melamar pekerjaan. Meskipun kamu telah mengenal orang yang tepat, hal itu tidak menjadi sebuah jaminan bahwa kamu dapat pekerjaan dengan mudah. Hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap berusaha memanfaatkan peluang yang ada yakni dengan tetap masukkan lamaran dan CV pada lowongan pekerjaan yang sesuai. Sebagai catatan CV yang kamu buat diisi dengan daftar kualifikasi yang solid.

Apabila semua lamaran ditolak, saya harus apa?

Apabila semua belum berhasil, jangan lemah dan menyalahkan kurangnya networking menjadi alasan dan menghalangi kamu untuk melamar pekerjaan. Jadikanlah bahan  intropeksi diri dan cek ulang CV milikmu. Penting sebagai catatan bahwa mengenal seseorang hanya dapat membantu lamaran kamu dilihat, namun hal ini tidak akan menjamin ketika dalam proses interview. Memang betul memiliki koneksi/relasi/orang dalam dapat mempermudah, namun hal ini bukan segalanya. Kamu harus yakin dan percaya diri dengan pekerjaan yang kamu lamar. CV yang bagus dan menari, pengalaman yang relevan, dan sikap positif dapat lebih kuat daripada sekadar networking.

 

Nah, sobat itu tadi beberapa tips mudah mendapatkan pekerjaan tanpa memiliki ‘orang dalam’ /relasi/netwroking. Tetap semangat dan selalu kembangkan diri serta kemampuan kamu ya. Jangan mudah menyerah, semoga dipermudah ya.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top