Connect with us

TIPS RAHASIA MENJADI BLOGGER SUKSES! LAKUKAN HAL BERIKUT!

digital marketing

Tips

TIPS RAHASIA MENJADI BLOGGER SUKSES! LAKUKAN HAL BERIKUT!

Pada pembahasan kita kali ini berhubungan dengan dunia digital. Salah satu pekerjaan dalam bisnis digital yakni menjadi seorng blogger. Nah Sobat, berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan agar menjadi blogger sukses. Yuk, simak ulasan berikut !

  1. Meningkatkan Keahlian Menulis

Artikel merupakan komponen utama dari sebuah bloh. Apabila kamu mempunyai keahlian menulis yang bagus, maka artikel yang kamu ciptakan pun akan berkualitas.  Nah, sangat disayangkan jika kamu punya topik blog yang menarik, unik dan informasi yang bermanfaat namun tidak dapat menyampaikan dengan baik. Keahlin menulis harus selalu dilatih dan diasah ya, Sobat. Nah, beberapa cara ini dapat kamu lakukan untuk meningkatkan performa blog milikmu.

  • Menggunakan penjelasan yang sederhana. Hal ini bertujuan supaya artikel kamu dapat dipahami oleh lebih banyak orang.
  • Penggunaan kalimat atau paragraf. Paragraf atau kalimat yang digunakan jangan terlalu panjang (wall of text) karena dapat menjadi hambatan pembaca untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan
  • Kurangi empty sentence. Empty Sentence merupakan kalimat yang tidak memberikan informasi.
  1. Mengatur Waktu dengan Baik

Mengatur waktu lebih baik sebenarnya bukan dikhususkan untuk seorang blogger saja. Pada penerapannya kegiatan blogging tidak harus dilakukan pada waktu tertentu. Namu, banyaknya hal yang perlu dilakukan maka diperlukan pengaturan menjadi salah satu proses penting.

Inilah beberapa cara agar menjadi blogger sukses dalam hal memanagemen waktu:

  • Menentukan target posting artikel
  • Memaksimalkan waktu produktif.
  • Mencatat ide konten artikel.
  1. Terus Mempelajari Hal Baru

Meningkatkan kemampuan dengan belajar hal baru yakni melakukan percobaan mandiri atau membaca sumber referensi baik buku maupun internet. Berikut hal menarik yang dapat dipelajari oleh seorang blogger :

  • Editing foto.

Dengan kemampuan membuat tampilan foto agar lebih menarik, maka akan mempermudah untuk pembuatan ilustrasi.

  • Coding

Sebenarnya kamu dapat menjalankan blog tanpa harus memiliki keahlian coding. Namun, hal ini dapat berfungsi untuk beberapa tampilan blog agar lebih menarik.

  • SEO (Search Engine Optimization)

Ilmu SEO ini sangat penting untuk kamu pelajari, hal ini dikarenakan SEO dapat membuat blog kamu tetap muncul di halaman utama mesin pencari.

  • Meningkatkan networking

Segala sesuatu tidak akan dapat berkembang apabila tidak didukung dengan kerjasama oleh banyak orang. Nah, untuk itu diperlukan networking/koneksi dalam membangun jaringan supaya dapat membantu blog milikmu dikenal di lingkup lebih luas.

  1. Melakukan komunikasi dengan Baik

Komunikasi bagi seorang blogger dengan pembaca biasanya dilakukan melalui kolom komentar. Nah, berikut hal yang perlu diperhatikan ketika membangun komunikasi dengan pembaca blog :

  • Diusahakan membalas semua komentar.
  • Membalas komentar sendiri.
  • Membalas komentar secukupnya dengan sopan
  • Menggunakan bahasa sederhana dan mudah dipahami.
  1. Bangun Koneksi atau Jaringan dengan Luas

Kita mungkin dapat menciptakan konten seorang diri. Tetapi, untuk proses mengembangan blog, diperlukan pihak lain yang dapat mengatur strategi yang cukup efektif. Sebagai upaya membangun jaringan yang luas, kamu perlu memerhatikan hal berikut :

  • Bergabung pada sebuah komunitas blogger.

Di Indonesia, komunitas blogger sudah banyak dan mudah untuk ditemui. Contohnya, blogger konten resep makanan.

  • Mulai berbagi ilmu satu sama lain.

Ketika ingin mendapatkan manfaat dari orang lain, maka diperlukan tuka pikiran ilmu hal ini dapat menambah wawasan dan pandangan kedepan mengenai dunia blogger.

  • Menawarkan kolaborasi

Tidak perlu ragu untuk mengajak bekerja sama dalam membuat konten.

Nah sobat, itu tadi tips langkah-langkah menjadi blogger sukses. Menjadi seseorang yang sukses tentu diperlukan konsistensi dalam berjuang. Oleh karena itu, tetap asah kemampuan menulis dengan latihan dan usaha. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top