Connect with us

Trik Cara Penting Belajar Kelas Online Jadi Efektif dan Menyenangkan!

Pendidikan

Trik Cara Penting Belajar Kelas Online Jadi Efektif dan Menyenangkan!

Hai sobat, apakah kamu pernah merasakan kemageran ketika sedang mengikuti pembelajaran secara daring bahkan ketika mengikuti pelatihan, kursus, atau seminar? Nah, sobat salah satu penyebabnya adalah rasa bosan kemudian didukung kondisi yang tidak baik.

Pada pembahasan kita kali ini, kita akan berbagi tips agar kegiatan online menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Yuk, simak beberapa tips berikut !

  1. Ingat tujuan awal mengikuti kegiatan online

Beberapa kesempatan yang mungkin kamu alami ketika melakukan kegiatan online bersekolah ataupun berkuliah namun hanya untuk formalitas saja. Ataupun  juga kamu dengar bahwa sebagian orang sengaja mengikuti kegiatan kelas online bertujuan untuk medapatkan sertifikat keahlian.

Tentunya tidak ada yang salah dengan alasan tersebut, tetapi perlu diingat apakah sebatas itu kah tujuan kamu dalam melaksanakan beberapa aktivitas online tersebut. Ingat dan temukan tujuan kamu sebelum melaksanakan beberapa aktivitas online. Meskipun hanya sekadar kegiatan online, tentunya beberapa aktivitas dapat bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sobat baik itu kemampuan soft skill ataupun kemampuan technical skill.

Melaksanakan beberapa aktivitas online semata hanya demi sertifikat atau ijazah memang penting dalam meningkatkan nilai dari portofolio sobat. Namun, tentunya hal tersebut akan jadi sia-sia apabila kamu tidak memiliki kemampuan yang ternilai di dalamnya. Nah untuk itu, mari mencoba agar serius dan tekun dalam mengikuti beberapa aktivitas online yang kamu pilih dan putuskan sendiri. Diharapkan hal ini dapat memberikan dampak yang baik bahkan efektif untuk peningkatan kemampuanmu. Selain itu, kamu akan belajar menemukan pengetahuan dan pengalam baru yang menyenangkan dari aktivitas online milikmu.

  1. Pilih dan ikuti aktivitas online (topik kelas, kursus, pelatihan, seminar) sesuai dengan minat bakat kamu

Nah, ini wajib kamu lakukan sebelum kamu mengambil sebuah aktivitas online (topik kelas, kursus, pelatihan, seminar), yang pertama tentukan kelas/kursus yang ingin kamu ikuti kemudian sesuaikan dengan minat bakat kamu. Ketika memilih aktivitas online sebagai catatan kamu diminta untuk tidak asal pilih kelas namun dengan tujuan memiliki banyak jenis sertfikat.

Sebagai catatan apabila kamu memilih kelas yang tidak sesuai dengan minat bakatamu, maka yang kamu rasakan akan terasa sia-sia. Hal ini menyebabkan terajadinya kebosan setiap kali mengikuti kelas atau pelatihan tersebur. Dan dampaknya tidak jarang nantinya kamu malah mempercepat (skip) setiap materi yang diberikan dan tidak kamu sukai.

  1. Carilah kelas tambahan dari topik yang sama dilain kesempatan

Ketika sudah mempelajari sebuah topik disinilah minat kamu dapat mulai dikembangkan. Dan pastikan jangan berhenti dan berfokus pada satu kelas/pelatihan saja. Kamu dapat mencoba untuk mengembangkan kemampuan kamu dengan mencari kelas/pelatihan tambahan  yang sesuai dengan topik milikmu. Pemilihan kelas/pelatihan dapat dilakukan melalui kelas yang sama namun tingkatan yang berbeda. Apabila kamu berada pada tahap/posisi awal/pemula maka kamu dapat melanjutkan dengan tahapan setelahnya. Nah, tahap ini kamu dapat meningkatkan kemampuan kamu sesuai dengan kelas yang kamu jalani.

Nah, apabila kamu merasa kurang cocok dengan tutor/pelatih yang materinya kurang menarik dan memadai. Maka tidak perlu ragu untuk mengambil kelas lain dengan tutor/pelatih yang berbeda. Ketidakcocokan merupakan hal yang wajar dalam proses belajar. Apalagi pembelajaran secara online. Diperlukan persiapan yang inovatif agar dapat terlaksana aktivitas belajar online yang efektif dan menyenangkan.

4.      Cobalah berinteraksi dan aktif dengan guru, pelatih atau tutormu ketika aktivitas online dilakukan

Setelah diamati, salah satu penyebab dari aktivitas online yang kurang efektif dan menyenangkan adalah terjadinya proses pembelajaran yang bersifat pasif. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebagai peserta/siswa apabila  memungkinkan, mari mencoba untuk berinteraksi dengan para tutor atau gurumu. Beberapa aplikasi kelas online dapat memberikan fitur yang memungkinkan kamu dapat berinteraksi ketika pembelajaran berlangsung.

Nah disini jadi kesempatanmu untuk bertanya mengenai materi yang belum kamu kuasai dan dirasa kurang dimengerti. Kemudian paling penting, pastikan meminta tips tambahan terkait skill yang ingin dikembangkan.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top