Connect with us

TIPS MELAKUKAN TES CPNS, PPPK Guru, PPPK non guru 2021!

Tips

TIPS MELAKUKAN TES CPNS, PPPK Guru, PPPK non guru 2021!

CPNS 2021 sebentar lagi akan dilakukan, banyak persiapan yang harus kita lakukan. Baik persiapan fisik, mental, dan pemahaman materi. Nah, sobat ketika kamu sudah melalui tahap administrasi sekarang saatnya kamu wajib berjuang untuk melalui tahap ujian CPNS, PPPK Guru, PPPK non guru. Berikut beberapa tips sebelum tes dilakukan! Tenangkan diri dan yakin ya sobat. Semoga bermanfaat.

  1. Buka dengan berdoa dan restu orang tua

Ketika sudah mempersiapkan diri dengan baik, akhirnya saat ini tiba dimana yang kamu tunggu-tunggu yakni hari H tes CPNS, PPPK Guru, PPPK non guru. Wajib kamu lakukan adalah meminta doa restu ke orang tua sebelum berangkat ke lokasi ujian. Minta doa restu supaya kamu diberi kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan soal-soal tersebut. Kemudian awali prosesmu dengan berdoa sebelum mulai mengerjakan soal.

  1. Hadir tepat waktu di lokasi ujian

Salah satu bentuk persiapan diri dengan matang adalah menghindari keterlambatan, sobat dapat datang 90 menit sebelum melakukan tes. Tahun ini, tes CPNS, PPPK Guru, PPPK non guru dilakukan dengan cara mentaati protokol kesehatan secara maksimal. Dan oleh sebab itu, setiap peserta diimbau untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sebelum pelaksanaan tes dilakukan. Kemudian tetap jaga jarak dan mengenakan masker medis atau masker kain berlapis.

  1. Memilih prioritas sesuai kategori soal

Menentukan materi soal yang ingin dikerjakan terlebih dulu. Hal ini dikarenakan pada SKD, sobat diwajibkan menyelesaikan seluruh soal dalam waktu 100 menit. Jadi dapat diperkirakan satu soal wajib selesai dalam waktu kurang dari 54 detik. Untuk tipsnya, sobat dapat mulai mengerjakan materi yang paling mudah dan dikuasai, sehingga tidak terlalu lama menghabiskan waktu di soal itu-itu saja.

  1. Menjawab pertanyaan secara konsisten

Ketika mengerjakan pertanyaan, sobat mungkin ragu dan banyak berpikir untuk mengganti jawaban. Nah untuk point ini, sebisa mungkin jangan dilakukan ya.  Biasanya, jawaban yang diragukan itu malah salah. Selain itu, hal ini dapat memakan waktu untuk mengerjakan pertanyaan yang lain.

  1. Paham passing grade

Nah ini, terkadang menjadi sebuha jebakan. Walaupun kita sudah belajar dan banyak mengerjakan latihan soal, tentunya pasti akan dibuat panik akan timbulnya soal baru. Disini kamu diminta jangan panik, wajar saja ketika belum bisa mengerjakan 1 atau 2 pertanyaan. Sobat dapat mencari informasi passing grade dari masing-masing kategori soal. Jadi dapat memperkirakan minimal soal yang wajib dijawab benar. Dan untuk saat ini passing grade dan komposisi soal telah ditetapkan oleh menteri berdasarkan Permenpan RB No 27 Tahun 2021.

  1. Tips Pengerjaan soal TKP

Dalam mengerjakan soal TKP, bacalah pertanyaan lebih dulu, kemudian pernyataan. Dari sini kamu dapat mencari kata kunci dari pernyataan dan menghubungkan dengan opsi jawaban yang ada. Pada Tes Karakteristik Pribadi (TKP) ini bertujuan untuk menguji seberapa mampu mengendalikan diri sendiri. Nah, sebab itu jadilah pribadi yang disiplin, jujur, gigih, dan pandai dalam mengelola emosi.

  1. Tips Pengerjaan soal TWK

Pada soal TWK, sobat akan menjumpai banyak pertanyaan seputar Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Sejarah Indonesia, dan Bahasa. Tips untuk mengerjakan soal TWK adalah hafal dan paham tentang wawasan kebangsaan.

  1. Tips Pengerjaan soal TIU

Pada soal TIU, sobat wajib memiliki 3 kemampuan yakni kemampuan verbal, numerik, dan figural. Tips dan trik supaya lancar ketika mengerjakan soal ini adalah banyak latihan mengerjakan soal-soal TIU. Dengan banyak latihan maka akan semakin banyak rumus yang didapatkan dan dikuasai.

Nah sobat, itu tadi beberapa tips dan trik untuk tes  CPNS, PPPK Guru, PPPK non guru. Semangat mempersiapkan diri ya agar semakin siap! Satu lagi, latihan soal adalah kunci utama untuk memperbesar peluang lolos Yuk berlatih! Semoga lulus, sukses selalu ya Sobat.

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top