Connect with us

Seberapa Penting Pelihara Kebersihan Diri, Untuk Daya Tahan dan Imunitas Tubuh?

Tips

Seberapa Penting Pelihara Kebersihan Diri, Untuk Daya Tahan dan Imunitas Tubuh?

Memelihara kebersihan diri atau personal hygiene merupakan suatu kewajiban untuk memperoleh kesejahteraan fisik maupun psikis tubuh secara optimal. Tubuh yang bersih merupakan cerminan dari fisik yang sehat, tentunya memiliki tubuh yang bersih dapat membuat diri merasa nyaman. Nah oleh sebab itu, penting sekali bagi kita untuk memelihara kebersihan diri. Seperti yang dilansir dari situs Hellosehat berikut disebutkan tiga alasan setiap orang perlu menjaga kebersihan diri :

  1. Untuk alasan kesehatan

Alasan kesehatan merupakan alasan utama yang dapat dijadikan acuan. Hal ini dikarenakan tingkat kebersihan diri yang buruk akan memperbesar risiko bagi tubuh untuk tertular kuman penyebab penyakit infeksi. Dengan rajin menjaga kebersihan diri, otomatis dapat mengurangi risiko penularan kuman.

  1. Untuk alasan sosial

Kegiatan sosial tentunya sering dilakukan oleh banyak orang. Oleh karena itu, menjaga kebersihan diri merupakan hal yang dapat dilakukan untuk membantu dalam bersosialisasi karena akan terhindar dari citra tubuh yang negatif. Nyatanya, seseorang tidak nyaman saat harus berinteraksi dengan orang yang memiliki masalah dengan kebersihan badan.

  1. Untuk alasan psikologis

Kebersihan diri yang baik akan membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang, secara psikologis hal ini sangat berpengaruh terhadap cara berinteraksi dengan orang lain.

Berikut tips tambahan untuk memelihara kebersihan diri demi meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh :

  • Menjaga kebersihan kuku

Tangan atau kuku merupakan bagian tubuh yang paling mudah terkontaminasi kuman penyebab penyakit. Kuku yang panjang berisiko menjadi tempat tinggal kuman. Baiknya hindari memanjangkan kuku. Dan menjaga kebersihan kuku dengan cara berikut:

  1. Hindari menggigit kuku.
  2. Gunakan pemotong kuku yang bersih dan tidak berbagi dengan orang lain.
  3. Ketika mencuci tangan, bersihkan hingga ke bagian dalam dan bawah kuku.
  • Menjaga kebersihan kaki

Alas kaki merupakan salah satu tempat tinggal favorit dari kuman dan bakteri. Karena itu, kamu perlu rajin membersihkan kaki maupun alas kaki yang telah digunakan agar terbebas dari bakteri dan kuman. Jika kamu kurang memperhatikan kebersihan sandal, sepatu, ataupun kaus kaki, bakteri hal ini dapat menyebabkan terjadinya berkembang biakan dan menimbulkan bau tidak sedap sampai penyakit kulit.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kebersihan kaki :

  1. Cuci kaki secara rutin dan kemudian keringkan dengan handuk.
  2. Ganti kaus kaki setiap hari setelah digunakan.
  3. Ganti alas kaki setiap hari kemudian cuci setelah digunakan.
  4. Hindari penggunaan kaus kaki dan alas kaki sepanjang hari.
  5. Hindari mengenakan kaus kaki atau sepatu ketika kaki dalam keadaan basah karena dapat mengundang bakteri jahat untuk berkembang biak.
  • Jaga kebersihan pakaian

Pakaian yang dikenakan sehari-hari tentu akan menjadi tempat berkembang biak dari kuman. Selain itu pakaian yang tidak bersih dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri. Apalagi ketika tinggal di negara tropis sehingga tubuh mudah berkeringat. Maka, hindari mengenakan pakaian yang sama ketika sudah dua hari berturut-turut, apalagi ketika kamu memakainya untuk beraktivitas di luar ruangan. Pakaian yang terpapar debu kemungkinan besar ditempeli kotoran, termasuk kuman maupun bakteri penyebab penyakit.

Oleh karena itu, segera cuci pakaian menggunakan deterjen sampai bersih setiap habis dikenakan. Kemudian jemur pakaian sampai kering di bawah sinar matahari sehingga dapat mematikan kuman yang masih menempel di pakaian. Dan juga hindari mengenakan pakaian yang lembap ataupun belum kering karena hal ini dapat berisiko menimbulkan bakteri dan menyebabkan masalah pada kulit.

Continue Reading
ADVERTISEMENT

Mari belajar untuk berproses dan berkembang

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
To Top